BUTIR INSTRUMEN No 06
INSTRUMEN
6.
|
Sekolah/Madrasah
menyusun silabus mata pelajaran muatan lokal dengan melibatkan pihak: (1)
kepala sekolah/madrasah, (2) guru, (3) komite sekolah/madrasah atau
penyelenggara lembaga pendidikan, (4) dinas pendidikan kabupaten/kota atau
Kandepag, dan (5) instansi terkait di daerah.
|
A.
|
melibatkan 4 ⎯ 5 pihak
|
B.
|
Melibatkan 3 pihak
|
C.
|
Melibatkan 2 pihak
|
D.
|
Hanya melibatkan 1 pihak
|
E.
|
Tidak menyusun silabus mata
pelajaran muatan lokal
|
6.
|
Sekolah/Madrasah
menyusun kurikulum muatan lokal dan kurikulum
berbasis pendidikan
karakter dengan melibatkan berbagai pihak.
|
A.
|
Melibatkan
kepala sekolah/madrasah, guru, komite
sekolah/madrasah
atau penyelenggara lembaga pendidikan,
dinas
pendidikan/Kankemenag kabupaten/kota dan instansi
terkait di daerah;
|
B.
|
Melibatkan
kepala sekolah/madrasah, guru, komite
sekolah/madrasah
atau penyelenggara lembaga pendidikan
dan dinas pendidikan/Kankemenag
kabupaten/kota;
|
C.
|
Melibatkan
kepala sekolah/madrasah, guru, dan komite
sekolah/madrasah atau penyelenggara lembaga
pendidikan;
|
D.
|
Melibatkan kepala sekolah/madrasah, dan guru;
|
E.
|
Tidak
menyusun kurikulum muatan lokal dan kurikulum
berbasis pendidikan karakter.
|
JUKNIS
Jawaban dibuktikan
dengan dokumen penyusunan kurikulum muatan
lokal, dan kurikulum
berbasis pendidikan karakter yang melibatkan
berbagai pihak
seperti:
1) kepala
sekolah/madrasah;
2) guru;
3) komite
sekolah/madrasah atau penyelenggara lembaga pendidikan
bagi sekolah swasta;
4) dinas
pendidikan/Kankemenag;
5) instansi terkait
di daerah; atau
6) Tokoh kebudayaan (kalau ada).
DATA
PENDUKUNG
Mata
pelajaran muatan lokal yang diajarkan sekolah/madrasaH
a)
_____________________________________________________
b)
_____________________________________________________
c)
_____________________________________________________
d)
_____________________________________________________
e)
_____________________________________________________
f)
dst.
Pihak-pihak yang terlibat
dalam proses penyusunan mata pelajaran muatan lokal.
No.
|
Pihak-pihak yang terlibat
|
1
|
|
2
|
|
3
|
Dokumen penyusunan kurikulum
muatan lokal dan kurikulum berbasis
pendidikan karakter.
No
|
Dokumen
|
Ketersediaan
|
|
Ada
|
Tidak
|
||
1.
|
Daftar hadir tim
pengembang
|
||
2.
|
Dokumen
kurikulum/silabus mata pelajaranmuatan lokal
|
||
3.
|
Dokumen
kurikulum/silabus mata pelajaran berbasis pendidikan karakter
|
BUTIR INSTRUMEN No. 07
INSTRUMEN
7.
|
Sekolah/Madrasah
melaksanakan program pengembangan diri dalam bentuk kegiatan konseling.
|
A.
|
Melaksanakan 4
jenis kegiatan layanan konseling
|
B.
|
Melaksanakan 3
jenis kegiatan layanan konseling
|
C.
|
Melaksanakan 2
jenis kegiatan layanan konseling
|
D.
|
Melaksanakan 1
jenis kegiatan layanan konseling
|
E.
|
Tidak melaksanakan
kegiatan layanan konseling
|
JUKNIS
Jawaban
dibuktikan dengan adanya dokumen program pengembangan diri dalam bentuk
kegiatan konseling yang meliputi bidang/jenis konseling belajar, pribadi,
sosial, dan karir.
DATA PENDUKUNG
Jenis-jenis kegiatan konseling yang
dilakukan sekolah/madrasah.
a) _____________________________________________________
b) _____________________________________________________
c) _____________________________________________________
d) _____________________________________________________
e) dst.
BUTIR
INSTRUMEN No 08
INSTRUMEN
8.
|
Sekolah/Madrasah
melaksanakan program pengembangan diri dalam bentuk kegiatan ekstrakurikuler.
|
A.
|
Melaksanakan 4
jenis atau lebih program ekstrakurikuler
|
B.
|
Melaksanakan 3
jenis program ekstrakurikuler
|
C.
|
Melaksanakan 2
jenis program ekstrakurikuler
|
D.
|
Melaksanakan 1
jenis program ekstrakurikuler
|
E.
|
Tidak melaksanakan
kegiatan ekstrakurikuler
|
JUKNIS
Jawaban
dibuktikan dengan adanya dokumen kegiatan program pengembangan diri dalam
bentuk kegiatan ekstrakurikuler seperti kepramukaan, olah raga, kesenian,
kepemimpinan, Unit Kesehatan Sekolah (UKS), dan lain-lain.
DATA PENDUKUNG
Jenis kegiatan
ekstrakurikuler yang dilakukan sekolah/madrasah.
a)
_____________________________________________________
b)
_____________________________________________________
c)
_____________________________________________________
d)
_____________________________________________________
e)
_____________________________________________________
f) dst.
BUTIR
INSTRUMEN No.09
INSTRUMEN
9.
|
Sekolah/Madrasah
menjabarkan standar kompetensi (SK) dan kompe-tensi dasar (KD) ke dalam
indikator-indikator untuk setiap mata pelajaran.
|
A.
|
Sebanyak 7 atau
lebih mata pelajaran, telah sesuai antara SK, KD, dan indikator-indikatornya
|
B.
|
Sebanyak 5 — 6
mata pelajaran, telah sesuai antara SK, KD, dan indikator-indikatornya
|
C.
|
Sebanyak 3 — 4
mata pelajaran telah sesuai antara SK, KD, dan indikator-indikatornya
|
D.
|
Sebanyak 1 — 2
mata pelajaran, telah sesuai antara SK, KD, dan indikator-indikatornya
|
E.
|
Tidak ada mata
pelajaran yang sesuai antara SK, KD, dan indikator-indikatornya
|
JUKNIS
Jawaban
dibuktikan dengan adanya kesesuaian antara standar kompetensi (SK), kompetensi
dasar (KD) dan indikator-indikator dalam silabus
DATA PENDUKUNG
Kesesuaian
antara indikator, kompetensi dasar, dan standar kompetensi
No
|
Mata Pelajaran
|
Tingkat Kesesuaian
|
|||
Sangat sesuai
|
Sesuai
|
Kurang sesuai
|
Sangat tidak
sesuai
|
||
1.
|
|||||
2.
|
|||||
3.
|
|||||
4.
|
|||||
5.
|
|||||
6.
|
|||||
7.
|
|||||
8.
|
|||||
9.
|
|||||
10.
|
BUTIR INSTRUMEN No 10
INSTRUMEN
10.
|
Sekolah/Madrasah
menerapkan kegiatan pembelajaran sesuai dengan ketentuan yang tertuang pada
lampiran Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006.
|
|
A.
|
Menerapkan 4
ketentuan beban belajar sesuai dengan Permendiknas
|
|
B.
|
Menerapkan 3
ketentuan beban belajar sesuai dengan Permendiknas
|
|
C.
|
Menerapkan 2
ketentuan beban belajar sesuai dengan Permendiknas
|
|
D.
|
Menerapkan 1
ketentuan beban belajar sesuai dengan Permendiknas
|
|
E.
|
Tidak menerapkan
ketentuan beban belajar
|
|
JUKNIS
Jawaban
dibuktikan dengan adanya dokumen kegiatan pembelajaran yang memenuhi empat
unsur, sesuai dengan ketentuan:
1) alokasi waktu satu jam pembelajaran tatap muka selama 35 menit;
2) jumlah jam pembelajaran per minggu untuk kelas I—III; 29—32 jam;
3)
jumlah jam pembelajaran per minggu untuk kelas IV—VI 34 jam; dan
4) jumlah minggu efektif per tahun adalah 34—38 minggu.
DATA
PENDUKUNG
Beban
belajar yang ditetapkan oleh sekolah/madrasah.
No.
|
Pembelajaran
|
Jumlah
|
1
|
1 jam tatap muka
kelas 1 s.d. 3
|
Menit
|
2
|
1 jam tatap muka
kelas 4 s.d. 6
|
Menit
|
3
|
Jumlah jam
pembelajaran per minggu kelas 1 s.d. 3
|
Jam
|
4
|
Jumlah jam
pembelajaran per minggu Kelas 4 s.d. 6
|
Jam
|
5
|
Jumlah minggu
efektif per tahun
|
Minggu
|
Thanks for reading Butir Instrumen Akreditasi Nomor 6 sampai 10
No comments:
Post a Comment