Butir Instrumen Akreditasi Nomor 6 sampai 10 | DEDE AKSESORIS

Tuesday, February 6, 2018

Butir Instrumen Akreditasi Nomor 6 sampai 10

February 06, 2018
Berkas selanjutnya yaitu Butir Instrumen Akreditasi yang dimulai dari point 6 sampai dengan point 10. Jika bermanfaat untuk anda silahkan untuk mencopy paste redaksi dibawah ini baik untuk sekolah maupun untuk madrasah. BAS-SM akan terus melakukan update terbaru dari berkas berkas akreditasi.




BUTIR INSTRUMEN No 06

INSTRUMEN
6.
Sekolah/Madrasah menyusun silabus mata pelajaran muatan lokal dengan melibatkan pihak: (1) kepala sekolah/madrasah, (2) guru, (3) komite sekolah/madrasah atau penyelenggara lembaga pendidikan, (4) dinas pendidikan kabupaten/kota atau Kandepag, dan (5) instansi terkait di daerah.
􀀘 A.
melibatkan 4 5 pihak
􀀘 B.
Melibatkan 3 pihak
􀀘 C.
Melibatkan 2 pihak
􀀘 D.
Hanya melibatkan 1 pihak
􀀘 E.
Tidak menyusun silabus mata pelajaran muatan lokal



6.
Sekolah/Madrasah menyusun kurikulum muatan lokal dan kurikulum
berbasis pendidikan karakter dengan melibatkan berbagai pihak.
A.
Melibatkan kepala sekolah/madrasah, guru, komite
sekolah/madrasah atau penyelenggara lembaga pendidikan,
dinas pendidikan/Kankemenag kabupaten/kota dan instansi
terkait di daerah;
B.
Melibatkan kepala sekolah/madrasah, guru, komite
sekolah/madrasah atau penyelenggara lembaga pendidikan
dan dinas pendidikan/Kankemenag kabupaten/kota;
C.
Melibatkan kepala sekolah/madrasah, guru, dan komite
sekolah/madrasah atau penyelenggara lembaga pendidikan;
D.
Melibatkan kepala sekolah/madrasah, dan guru;
E.
Tidak menyusun kurikulum muatan lokal dan kurikulum
berbasis pendidikan karakter.



JUKNIS
Jawaban dibuktikan dengan dokumen penyusunan kurikulum muatan
lokal, dan kurikulum berbasis pendidikan karakter yang melibatkan
berbagai pihak seperti:
1) kepala sekolah/madrasah;
2) guru;
3) komite sekolah/madrasah atau penyelenggara lembaga pendidikan
bagi sekolah swasta;
4) dinas pendidikan/Kankemenag;
5) instansi terkait di daerah; atau
6) Tokoh kebudayaan (kalau ada).









DATA PENDUKUNG

Mata pelajaran muatan lokal yang diajarkan sekolah/madrasaH


a) _____________________________________________________
b) _____________________________________________________
c) _____________________________________________________
d) _____________________________________________________
e) _____________________________________________________
f) dst.
Pihak-pihak yang terlibat dalam proses penyusunan mata pelajaran muatan lokal.
No.
Pihak-pihak yang terlibat
1

2

3


Dokumen penyusunan kurikulum muatan lokal dan kurikulum berbasis
pendidikan karakter.
No
Dokumen
Ketersediaan
Ada
Tidak
1.     
Daftar hadir tim pengembang


2.     
Dokumen kurikulum/silabus mata pelajaranmuatan lokal


3.     
Dokumen kurikulum/silabus mata pelajaran berbasis pendidikan karakter





BUTIR INSTRUMEN No. 07

INSTRUMEN

7.
Sekolah/Madrasah melaksanakan program pengembangan diri dalam bentuk kegiatan konseling.
􀀘 A.
Melaksanakan 4 jenis kegiatan layanan konseling
􀀘 B.
Melaksanakan 3 jenis kegiatan layanan konseling
􀀘 C.
Melaksanakan 2 jenis kegiatan layanan konseling
􀀘 D.
Melaksanakan 1 jenis kegiatan layanan konseling
􀀘 E.
Tidak melaksanakan kegiatan layanan konseling


JUKNIS

Jawaban dibuktikan dengan adanya dokumen program pengembangan diri dalam bentuk kegiatan konseling yang meliputi bidang/jenis konseling belajar, pribadi, sosial, dan karir.


DATA PENDUKUNG

Jenis-jenis kegiatan konseling yang dilakukan sekolah/madrasah.
a) _____________________________________________________
b) _____________________________________________________
c) _____________________________________________________
d) _____________________________________________________
e) dst.



BUTIR INSTRUMEN No 08

INSTRUMEN
8.
Sekolah/Madrasah melaksanakan program pengembangan diri dalam bentuk kegiatan ekstrakurikuler.
􀀘 A.
Melaksanakan 4 jenis atau lebih program ekstrakurikuler
􀀘 B.
Melaksanakan 3 jenis program ekstrakurikuler
􀀘 C.
Melaksanakan 2 jenis program ekstrakurikuler
􀀘 D.
Melaksanakan 1 jenis program ekstrakurikuler
􀀘 E.
Tidak melaksanakan kegiatan ekstrakurikuler


JUKNIS

Jawaban dibuktikan dengan adanya dokumen kegiatan program pengembangan diri dalam bentuk kegiatan ekstrakurikuler seperti kepramukaan, olah raga, kesenian, kepemimpinan, Unit Kesehatan Sekolah (UKS), dan lain-lain.



DATA PENDUKUNG

Jenis kegiatan ekstrakurikuler yang dilakukan sekolah/madrasah.
a) _____________________________________________________
b) _____________________________________________________
c) _____________________________________________________
d) _____________________________________________________
e) _____________________________________________________
f) dst.


BUTIR INSTRUMEN No.09

INSTRUMEN
9.
Sekolah/Madrasah menjabarkan standar kompetensi (SK) dan kompe-tensi dasar (KD) ke dalam indikator-indikator untuk setiap mata pelajaran.
􀀘 A.
Sebanyak 7 atau lebih mata pelajaran, telah sesuai antara SK, KD, dan indikator-indikatornya
􀀘 B.
Sebanyak 5 — 6 mata pelajaran, telah sesuai antara SK, KD, dan indikator-indikatornya
􀀘 C.
Sebanyak 3 — 4 mata pelajaran telah sesuai antara SK, KD, dan indikator-indikatornya
􀀘 D.
Sebanyak 1 — 2 mata pelajaran, telah sesuai antara SK, KD, dan indikator-indikatornya
􀀘 E.
Tidak ada mata pelajaran yang sesuai antara SK, KD, dan indikator-indikatornya


JUKNIS

Jawaban dibuktikan dengan adanya kesesuaian antara standar kompetensi (SK), kompetensi dasar (KD) dan indikator-indikator dalam silabus

DATA PENDUKUNG

Kesesuaian antara indikator, kompetensi dasar, dan standar kompetensi
No
Mata Pelajaran
Tingkat Kesesuaian
Sangat sesuai
Sesuai
Kurang sesuai
Sangat tidak sesuai
   1.         





   2.         





   3.         





   4.         





   5.         





   6.         





   7.         





   8.         





   9.         





10.         







BUTIR INSTRUMEN No 10

INSTRUMEN
10.
Sekolah/Madrasah menerapkan kegiatan pembelajaran sesuai dengan ketentuan yang tertuang pada lampiran Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006.
􀀘 A.
Menerapkan 4 ketentuan beban belajar sesuai dengan Permendiknas
􀀘 B.
Menerapkan 3 ketentuan beban belajar sesuai dengan Permendiknas
􀀘 C.
Menerapkan 2 ketentuan beban belajar sesuai dengan Permendiknas
􀀘 D.
Menerapkan 1 ketentuan beban belajar sesuai dengan Permendiknas
􀀘 E.
Tidak menerapkan ketentuan beban belajar


JUKNIS
Jawaban dibuktikan dengan adanya dokumen kegiatan pembelajaran yang memenuhi empat unsur, sesuai dengan ketentuan:
1) alokasi waktu satu jam pembelajaran tatap muka selama 35 menit;
2) jumlah jam pembelajaran per minggu untuk kelas I—III; 29—32 jam;
3) jumlah jam pembelajaran per minggu untuk kelas IV—VI 34 jam; dan
4) jumlah minggu efektif per tahun adalah 34—38 minggu.


DATA PENDUKUNG

Beban belajar yang ditetapkan oleh sekolah/madrasah.
No.
Pembelajaran
Jumlah
1
1 jam tatap muka kelas 1 s.d. 3
Menit
2
1 jam tatap muka kelas 4 s.d. 6
Menit
3
Jumlah jam pembelajaran per minggu kelas 1 s.d. 3
Jam
4
Jumlah jam pembelajaran per minggu Kelas 4 s.d. 6
Jam
5
Jumlah minggu efektif per tahun
Minggu

Thanks for reading Butir Instrumen Akreditasi Nomor 6 sampai 10

Related Posts

Your Comments

No comments:

Copyright © DEDE AKSESORIS. All rights reserved. Template by CB Blogger