Butir Instrumen Akreditasi 26-30 | DEDE AKSESORIS

Friday, February 9, 2018

Butir Instrumen Akreditasi 26-30

February 09, 2018
Berkas selanjutnya yaitu Butir Instrumen Akreditasi yang dimulai dari point 26 sampai dengan point 30. Jika bermanfaat untuk anda silahkan untuk mencopy paste redaksi dibawah ini baik untuk sekolah maupun untuk madrasah. BAS-SM akan terus melakukan update terbaru dari berkas berkas akreditasi.







BUTIR INSTRUMEN No 26

INSTRUMEN
26.
Supervisi proses pembelajaran dilakukan oleh kepala sekolah/madrasah dengan cara pemberian contoh, diskusi, pelatihan, dan konsultasi.
􀀘 A.
Melakukan supervisi proses pembelajaran melalui 4 cara
􀀘 B.
Melakukan supervisi proses pembelajaran melalui 3 cara
􀀘 C.
Melakukan supervisi proses pembelajaran melalui 2 cara
􀀘 D.
Melakukan supervisi proses pembelajaran melalui 1 cara
􀀘 E.
Tidak melakukan supervisi proses pembelajaran

JUKNIS
Jawaban dibuktikan dengan dokumen laporan pelaksanaan supervisi proses pembelajaran pada setiap aspeknya, mencakup 4 cara yaitu: pemberian contoh, diskusi, pelatihan, dan konsultasi.

DATA PENDUKUNG
Supervisi proses pembelajaran
No.
Tgl. supervisi
Nama guru yg disupervisi
Cara yang dilakukan
1.     



2.     



3.     



4.     



5.     



6.     



7.     



8.     



9.     



10.  










BUTIR INSTRUMEN No 27

INSTRUMEN

27.
Evaluasi terhadap guru dalam proses pembelajaran dilakukan oleh kepala sekolah/madrasah dengan memperhatikan 4 aspek, yaitu: (1) persiapan, (2) pelaksanaan, (3) evaluasi pembelajaran, dan (4) rencana tindak lanjut.
􀀘 A.
Evaluasi dilakukan dengan memperhatikan 4 aspek
􀀘 B.
Evaluasi dilakukan dengan memperhatikan 3 aspek
􀀘 C.
Evaluasi dilakukan dengan memperhatikan 2 aspek
􀀘 D.
Evaluasi dilakukan dengan memperhatikan 1 aspek
􀀘 E.
Tidak melakukan evaluasi

JUKNIS

Jawaban dibuktikan dengan dokumen catatan hasil evaluasi proses pembelajaran oleh kepala sekolah/madrasah.

DATA PENDUKUNG
Evaluasi proses pembelajaran.
No.
Tgl. supervisi
Nama guru yg dievaluasi
Aspek yang dievaluasi
1.     



2.     



3.     



4.     



5.     



6.     



7.     



8.     



9.     



10.  











BUTIR INSTRUMEN No 28

INSTRUMEN
28.
Kepala sekolah/madrasah menyampaikan hasil pengawasan proses pembelajaran kepada pemangku kepentingan.
􀀘 A.
Hasil pengawasan disampaikan kepada guru yang bersangkutan, dewan guru, pengawas sekolah/madrasah, dan komite sekolah/madrasah
􀀘 B.
Hasil pengawasan disampaikan kepada guru yang bersangkutan, dewan guru, dan pengawas sekolah/madrasah
􀀘 C.
Hasil pengawasan disampaikan kepada guru yang bersangkutan saja dan dewan guru
􀀘 D.
Hasil pengawasan disampaikan kepada guru yang bersangkutan saja
􀀘 E.
Tidak menyampaikan hasil pengawasan proses pembelajaran

JUKNIS

Jawaban dibuktikan dengan dokumen laporan pengawasan proses pembelajaran kepada pemangku kepentingan seperti: guru yang bersangkutan, dewan guru, dan pengawas sekolah/madrasah.

DATA PENDUKUNG
Pelaporan pengawasan proses pembelajaran.
No.
Tgl. Pelaporan
Pihak yang mendapat laporan
Keterangan
    1.         



    2.         



    3.         



    4.         



    5.         



    6.         










BUTIR INSTRUMEN No 29

INSTRUMEN
29.
Kepala sekolah/madrasah melakukan tindak lanjut terhadap hasil pengawasan proses pembelajaran.
􀀘 A.
Sebanyak 76% — 100% hasil pengawasan selama satu tahun terakhir ditindaklanjuti
􀀘 B.
Sebanyak 51% — 75% hasil pengawasan selama satu tahun terakhir ditindaklanjuti
􀀘 C.
Sebanyak 26% — 50% hasil pengawasan selama satu tahun terakhir ditindaklanjuti
􀀘 D.
Sebanyak 1% — 25% hasil pengawasan selama satu tahun terakhir ditindaklanjuti
􀀘 E.
Tidak ada hasil pengawasan yang ditindaklanjuti


JUKNIS
Jawaban dibuktikan dengan dokumen tindak lanjut meliputi:
a. pemberian penghargaan terhadap guru yang telah memenuhi standar, dan/atau
b. pemberian teguran yang bersifat mendidik terhadap guru yang belum memenuhi standar, dan/atau
c. pemberian kesempatan para guru untuk mengikuti pelatihan/penataran.


DATA PENDUKUNG

Tindak lanjut hasil pengawasan proses pembelajaran.
No.
Hasil pengawasan
Bentuk tindak lanjut
1.     


2.     


3.     


4.     


5.     


6.     


7.     







BUTIR INSTRUMEN No 30

INSTRUMEN
30.
Siswa memperoleh pengalaman belajar untuk menunjukkan kemampuan berpikir logis, kritis, kreatif, dan inovatif dalam pengambilan keputusan.
􀀘 A.
Rata-rata nilai ketuntasan belajar kelompok mata pelajaran Iptek 75,00 atau lebih
􀀘 B.
Rata-rata nilai ketuntasan belajar kelompok mata pelajaran Iptek 70,00 — 74,99
􀀘 C.
Rata-rata nilai ketuntasan belajar kelompok mata pelajaran Iptek 65,00 — 69,99
􀀘 D.
Rata-rata nilai ketuntasan belajar kelompok mata pelajaran Iptek 60,00 — 64,99
􀀘 E.
Rata-rata nilai ketuntasan belajar kelompok mata pelajaran Iptek kurang dari 60,00


30.
 Siswa memperoleh pengalaman belajar untuk memiliki kemampuan berpikir logis, kritis, kreatif, dan inovatif dalam pengambilan keputusan
􀀘 A.
 Sebanyak 91%-100% mata pelajaran memuat tugas terstruktur secara kelompok atau individu dalam bentuk pemecahan masalah yang memberikan kesempatan berpikir
logis, kritis, kreatif, dan inovatif dalam pengambilan keputusan
􀀘 B.
 Sebanyak 81%-90% mata pelajaran memuat tugas terstruktur secara kelompok atau individu dalam bentuk pemecahan masalah yang memberikan kesempatan berpikir
logis, kritis, kreatif, dan inovatif dalam pengambilan keputusan
􀀘 C.
 Sebanyak 71%-80% mata pelajaran memuat tugas terstruktur secara kelompok atau individu dalam bentuk pemecahan masalah yang memberikan kesempatan berpikir
logis, kritis, kreatif, dan inovatif dalam pengambilan keputusan
􀀘 D.
 Sebanyak 61%-70% mata pelajaran memuat tugas terstruktur secara kelompok atau individu dalam bentuk pemecahan masalah yang memberikan kesempatan berpikir logis, kritis, kreatif, dan inovatif dalam pengambilan keputusan
􀀘 E.
 Sebanyak kurang dari 61% mata pelajaran memuat tugas terstruktur secara kelompok atau individu dalam bentuk pemecahan masalah yang memberikan kesempatan berpikir
logis, kritis, kreatif, dan inovatif dalam pengambilan keputusan

JUKNIS

 Jawaban dibuktikan dengan:
a.  RPP yang memuat tugas terstruktur secara kelompok atau individual dalam bentuk pemecahan 
masalah yang memberikan kesempatan berpikir logis, kritis, kreatif, dan inovatif dalam pengambilan keputusan; dan atau
b.      Dokumen hasil tugas terstruktur secara kelompok atau individual dalam bentuk pemecahan masalah yang dihasilkan siswa


DATA  PENDUKUNG
No.
Mata pelajaran
Jumlah Ketersediaan RPP  
Ketersediaan Dokumen tugas
siswa*
I
II
III
IV
V
VI
I
II
III
IV
V
VI
1













2













3













4













5













6













7













8













9













10













11













12













13













14













15














Keterangan: * Isilah tanda ceklis () pada kolom jawaban




Thanks for reading Butir Instrumen Akreditasi 26-30

Related Posts

Your Comments

No comments:

Copyright © DEDE AKSESORIS. All rights reserved. Template by CB Blogger