BUTIR
INSTRUMEN No 26
INSTRUMEN
26.
|
Supervisi proses
pembelajaran dilakukan oleh kepala sekolah/madrasah dengan cara pemberian
contoh, diskusi, pelatihan, dan konsultasi.
|
A.
|
Melakukan
supervisi proses pembelajaran melalui 4 cara
|
B.
|
Melakukan
supervisi proses pembelajaran melalui 3 cara
|
C.
|
Melakukan
supervisi proses pembelajaran melalui 2 cara
|
D.
|
Melakukan
supervisi proses pembelajaran melalui 1 cara
|
E.
|
Tidak melakukan
supervisi proses pembelajaran
|
JUKNIS
Jawaban
dibuktikan dengan dokumen laporan pelaksanaan supervisi proses pembelajaran
pada setiap aspeknya, mencakup 4 cara yaitu: pemberian contoh, diskusi,
pelatihan, dan konsultasi.
DATA
PENDUKUNG
Supervisi
proses pembelajaran
No.
|
Tgl. supervisi
|
Nama guru yg disupervisi
|
Cara yang dilakukan
|
1.
|
|||
2.
|
|||
3.
|
|||
4.
|
|||
5.
|
|||
6.
|
|||
7.
|
|||
8.
|
|||
9.
|
|||
10.
|
BUTIR
INSTRUMEN No 27
INSTRUMEN
27.
|
Evaluasi terhadap
guru dalam proses pembelajaran dilakukan oleh kepala sekolah/madrasah dengan
memperhatikan 4 aspek, yaitu: (1) persiapan, (2) pelaksanaan, (3) evaluasi
pembelajaran, dan (4) rencana tindak lanjut.
|
A.
|
Evaluasi dilakukan
dengan memperhatikan 4 aspek
|
B.
|
Evaluasi dilakukan
dengan memperhatikan 3 aspek
|
C.
|
Evaluasi dilakukan
dengan memperhatikan 2 aspek
|
D.
|
Evaluasi dilakukan
dengan memperhatikan 1 aspek
|
E.
|
Tidak melakukan
evaluasi
|
JUKNIS
Jawaban
dibuktikan dengan dokumen catatan hasil evaluasi proses pembelajaran oleh
kepala sekolah/madrasah.
DATA PENDUKUNG
Evaluasi
proses pembelajaran.
No.
|
Tgl. supervisi
|
Nama guru yg dievaluasi
|
Aspek yang dievaluasi
|
1.
|
|||
2.
|
|||
3.
|
|||
4.
|
|||
5.
|
|||
6.
|
|||
7.
|
|||
8.
|
|||
9.
|
|||
10.
|
BUTIR
INSTRUMEN No 28
INSTRUMEN
28.
|
Kepala
sekolah/madrasah menyampaikan hasil pengawasan proses pembelajaran kepada
pemangku kepentingan.
|
A.
|
Hasil pengawasan
disampaikan kepada guru yang bersangkutan, dewan guru, pengawas
sekolah/madrasah, dan komite sekolah/madrasah
|
B.
|
Hasil pengawasan
disampaikan kepada guru yang bersangkutan, dewan guru, dan pengawas
sekolah/madrasah
|
C.
|
Hasil pengawasan
disampaikan kepada guru yang bersangkutan saja dan dewan guru
|
D.
|
Hasil pengawasan
disampaikan kepada guru yang bersangkutan saja
|
E.
|
Tidak menyampaikan
hasil pengawasan proses pembelajaran
|
JUKNIS
Jawaban
dibuktikan dengan dokumen laporan pengawasan proses pembelajaran kepada
pemangku kepentingan seperti: guru yang bersangkutan, dewan guru, dan pengawas
sekolah/madrasah.
DATA PENDUKUNG
Pelaporan
pengawasan proses pembelajaran.
No.
|
Tgl. Pelaporan
|
Pihak yang mendapat laporan
|
Keterangan
|
1.
|
|||
2.
|
|||
3.
|
|||
4.
|
|||
5.
|
|||
6.
|
BUTIR
INSTRUMEN No 29
INSTRUMEN
29.
|
Kepala
sekolah/madrasah melakukan tindak lanjut terhadap hasil pengawasan proses
pembelajaran.
|
A.
|
Sebanyak 76% —
100% hasil pengawasan selama satu tahun terakhir ditindaklanjuti
|
B.
|
Sebanyak 51% — 75%
hasil pengawasan selama satu tahun terakhir ditindaklanjuti
|
C.
|
Sebanyak 26% — 50%
hasil pengawasan selama satu tahun terakhir ditindaklanjuti
|
D.
|
Sebanyak 1% — 25%
hasil pengawasan selama satu tahun terakhir ditindaklanjuti
|
E.
|
Tidak ada hasil
pengawasan yang ditindaklanjuti
|
JUKNIS
Jawaban
dibuktikan dengan dokumen tindak lanjut meliputi:
a. pemberian penghargaan terhadap guru yang telah memenuhi standar,
dan/atau
b. pemberian teguran yang bersifat mendidik terhadap guru yang belum
memenuhi standar, dan/atau
c. pemberian kesempatan para guru untuk mengikuti pelatihan/penataran.
DATA PENDUKUNG
Tindak
lanjut hasil pengawasan proses pembelajaran.
No.
|
Hasil pengawasan
|
Bentuk tindak lanjut
|
1.
|
||
2.
|
||
3.
|
||
4.
|
||
5.
|
||
6.
|
||
7.
|
BUTIR INSTRUMEN No 30
INSTRUMEN
30.
|
Siswa memperoleh
pengalaman belajar untuk menunjukkan kemampuan berpikir logis, kritis,
kreatif, dan inovatif dalam pengambilan keputusan.
|
A.
|
Rata-rata nilai ketuntasan belajar
kelompok mata pelajaran Iptek 75,00 atau lebih
|
B.
|
Rata-rata nilai ketuntasan belajar
kelompok mata pelajaran Iptek 70,00 — 74,99
|
C.
|
Rata-rata nilai ketuntasan belajar
kelompok mata pelajaran Iptek 65,00 — 69,99
|
D.
|
Rata-rata nilai ketuntasan belajar
kelompok mata pelajaran Iptek 60,00 — 64,99
|
E.
|
Rata-rata nilai ketuntasan belajar
kelompok mata pelajaran Iptek kurang dari 60,00
|
30.
|
Siswa
memperoleh pengalaman belajar untuk memiliki kemampuan berpikir logis,
kritis, kreatif, dan inovatif dalam pengambilan keputusan
|
A.
|
Sebanyak
91%-100% mata pelajaran memuat tugas terstruktur secara kelompok atau
individu dalam bentuk pemecahan masalah yang memberikan kesempatan berpikir
logis, kritis,
kreatif, dan inovatif dalam pengambilan keputusan
|
B.
|
Sebanyak
81%-90% mata pelajaran memuat tugas terstruktur secara kelompok atau individu
dalam bentuk pemecahan masalah yang memberikan kesempatan berpikir
logis, kritis,
kreatif, dan inovatif dalam pengambilan keputusan
|
C.
|
Sebanyak
71%-80% mata pelajaran memuat tugas terstruktur secara kelompok atau individu
dalam bentuk pemecahan masalah yang memberikan kesempatan berpikir
logis, kritis,
kreatif, dan inovatif dalam pengambilan keputusan
|
D.
|
Sebanyak
61%-70% mata pelajaran memuat tugas terstruktur secara kelompok atau individu
dalam bentuk pemecahan masalah yang memberikan kesempatan berpikir logis,
kritis, kreatif, dan inovatif dalam pengambilan keputusan
|
E.
|
Sebanyak
kurang dari 61% mata pelajaran memuat tugas terstruktur secara kelompok atau
individu dalam bentuk pemecahan masalah yang memberikan kesempatan berpikir
logis,
kritis, kreatif, dan inovatif dalam pengambilan keputusan
|
JUKNIS
Jawaban dibuktikan
dengan:
a. RPP yang memuat tugas terstruktur secara
kelompok atau individual dalam bentuk pemecahan
masalah
yang memberikan kesempatan berpikir logis, kritis, kreatif, dan inovatif dalam
pengambilan keputusan; dan atau
b. Dokumen hasil tugas terstruktur secara
kelompok atau individual dalam bentuk pemecahan masalah yang dihasilkan siswa
DATA
PENDUKUNG
No.
|
Mata pelajaran
|
Jumlah Ketersediaan RPP
|
Ketersediaan
Dokumen tugas
siswa*
|
||||||||||
I
|
II
|
III
|
IV
|
V
|
VI
|
I
|
II
|
III
|
IV
|
V
|
VI
|
||
1
|
|||||||||||||
2
|
|||||||||||||
3
|
|||||||||||||
4
|
|||||||||||||
5
|
|||||||||||||
6
|
|||||||||||||
7
|
|||||||||||||
8
|
|||||||||||||
9
|
|||||||||||||
10
|
|||||||||||||
11
|
|||||||||||||
12
|
|||||||||||||
13
|
|||||||||||||
14
|
|||||||||||||
15
|
Keterangan: * Isilah tanda ceklis () pada kolom jawaban
Thanks for reading Butir Instrumen Akreditasi 26-30
No comments:
Post a Comment