Butir Instrumen Akreditasi Nomor 46-50 | DEDE AKSESORIS

Tuesday, April 10, 2018

Butir Instrumen Akreditasi Nomor 46-50

April 10, 2018
Berkas selanjutnya yaitu Butir Instrumen Akreditasi yang dimulai dari point 46 sampai dengan point 50. Jika bermanfaat untuk anda silahkan untuk mencopy paste redaksi dibawah ini baik untuk sekolah maupun untuk madrasah. BAS-SM akan terus melakukan update terbaru dari berkas berkas akreditasi.
BUTIR INSTRUMEN No 46

JUKNIS

Jawaban dibuktikan dengan dokumen hasil UASBN. Asesor agar mengecek secara cermat rata-rata hasil UASBN.

DATA  PENDUKUNG

Rata-rata hasil UASBN : _________


INSTRUMEN
46.
Sekolah/Madrasah memiliki prestasi yang ditunjukkan dengan rata-rata hasil UASBN.
􀀘 A.
Rata-rata UASBN lebih dari 8,00
􀀘 B.
Rata-rata UASBN antara 7,01 — 8,00
􀀘 C.
Rata-rata UASBN lebih dari 6,01 — 7,00
􀀘 D.
Rata-rata UASBN lebih dari 5,01 — 6,00
􀀘 E.
Rata-rata UASBN lebih rendah 5,01





BUTIR INSTRUMEN No 47

JUKNIS
 Jawaban dibuktikan dengan dokumen ijazah dan/atau sertifikat yang
dimiliki oleh pendidik.

INSTRUMEN
47.
Guru memiliki kualifikasi akademik minimum.
􀀘 A.
Sebanyak 76% — 100% guru berpendidikan minimum S1/D-IV PGSD/PGMI
􀀘 B.
Sebanyak 51% — 75% guru berpendidikan minimum S1/D-IV PGSD/PGMI
􀀘 C.
Sebanyak 76% — 100% guru berpendidikan setingkat DII PGSD/PGMI
􀀘 D.
Sebanyak 51% — 75% guru berpendidikan setingkat DII PGSD/PGMI
􀀘 E.
Kurang dari 51% guru berpendidikan setingkat atau di bawah DII PGSD/PGMI


47.
 Guru memiliki kualifikasi akademik minimum
􀀘 A.
 Sebanyak 91%-100% guru berpendidikan minimum S1/D-IV PGSD/PGMI
􀀘 B.
 Sebanyak 81%-90% guru berpendidikan minimum S1/D-IV PGSD/PGMI
􀀘 C.
 Sebanyak 71%-80% guru berpendidikan minimum S1/D-IV PGSD/PGMI
􀀘 D.
 Sebanyak 61%-70% guru berpendidikan minimum S1/D-IV PGSD/PGMI
􀀘 E.
 Sebanyak kurang dari 61% guru berpendidikan minimum S1/DIV PGSD/PGMI



DATA  PENDUKUNG
Jumlah guru yang dimiliki sekolah/madrasah dan kualifikasinya.
Jumlah guru: .......... orang.
Jumlah guru yang telah memiliki sertifikat pendidik: .......... orang.
Kualifikasi:
No
Tingkat Pendidikan
Jumlah dan status guru
Jumlah
GT* /PNS

GTT** /Guru bantu

L
P
L
P
    1.         
S3 / S2





    2.         
S1





    3.         
D4





    4.         
D3 /Sarjana Muda





    5.         
D2





    6.         
D1





    7.         
  SMA  sederajat





Jumlah





Keterangan:   * GT = Guru tetap (bagi sekolah/madrasah swasta)
        ** GTT = Guru tidak tetap (baik sekolah/madrasah negeri atau swasta)


BUTIR INSTRUMEN No 48


INSTRUMEN
48.
Guru agama, guru pendidikan jasmani, dan guru kesenian mengajar sesuai dengan latar belakang pendidikannya.
􀀘 A.
Ketiga mata pelajaran diajarkan oleh guru yang sesuai dengan latar belakang pendidikannya
􀀘 B.
Hanya 2 mata pelajaran diajarkan oleh guru yang sesuai dengan latar belakang pendidikannya
􀀘 C.
Hanya 1 mata pelajaran diajarkan oleh guru yang sesuai dengan latar belakang pendidikannya
􀀘 D.
Tidak ada guru yang sesuai dengan mata pelajaran, tetapi diajarkan oleh tenaga dari institusi lain yang relevan.
􀀘 E.
Ketiga mata pelajaran diajarkan oleh guru kelas


JUKNIS
Jawaban dibuktikan dengan melihat dokumen yang menunjukkan kesesuaian antara latar belakang pendidikan dengan mata pelajaran yang diajarkan

DATA  PENDUKUNG

Jumlah guru yang mengajar memiliki latar belakang pendidikan sesuai dengan mata pelajaran yang diajarkan.

No
Guru Mata Pelajaran
Jumlah guru dengan latar belakang pendidikan sesuai dengan mata pelajaran yang diajarkan

Jumlah guru dengan latar belakang pendidikan yang tidak sesuai dengan mata pelajaran yang diajarkan

Jumlah
D1/
D2
D3
Sarmud
S1/
D4
S2/
S3
D1/
D2
D3
Sarmud
S1/
D4
S2/
S3
    1.         
Pen Agama









    2.         
Penjas









    3.         
Kesenian












BUTIR INSTRUMEN No 49

INSTRUMEN
49.
Guru memiliki kompetensi pedagogik sesuai dengan prinsip-prinsip pembelajaran.
􀀘 A.
Sebanyak 76% — 100% guru memiliki kompetensi pedagogik sesuai dengan prinsip-prinsip pembelajaran
􀀘 B.
Sebanyak 51% — 75% guru memiliki kompetensi pedagogik sesuai dengan prinsip-prinsip pembelajaran
􀀘 C.
Sebanyak 26% — 50% guru memiliki kompetensi pedagogik sesuai dengan prinsip-prinsip pembelajaran
􀀘 D.
Sebanyak 1% — 25% guru memiliki kompetensi pedagogik sesuai dengan prinsip-prinsip pembelajaran
􀀘 E.
Tidak ada guru yang memiliki kompetensi pedagogik sesuai dengan prinsip-prinsip pembelajaran

JUKNIS

Jawaban dibuktikan dengan melihat kesesuaian antara perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran dengan prinsip-prinsip pembelajaran yang ada di dalam RPP.
Kompetensi pedagogik guru meliputi:
1) menguasai karakteristik siswa dari aspek fisik, moral, sosial, kultural, emosional, dan intelektual;
2) menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik;
3) mengembangkan kurikulum yang terkait dengan bidang pengembangan yang diajarkan;
4) menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik;
5) memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran;
6) memfasilitasi pengembangan potensi siswa untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimiliki;
7) berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan siswa;
8) menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar;
9) memanfaatkan hasil penilaian dan evaluasi untuk kepentingan pembelajaran;
10) melakukan tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas pembelajaran.


DATA  PENDUKUNG

             RPP


 BUTIR INSTRUMEN No 50

INSTRUMEN
50.

Guru memiliki kompetensi kepribadian sebagai agen pembelajaran.
􀀘 A.
Sebanyak 76% — 100% guru memiliki kompetensi kepribadian
􀀘 B.
Sebanyak 51% — 75% guru memiliki kompetensi kepribadian
􀀘 C.
Sebanyak 26% — 50% guru memiliki kompetensi kepribadian
􀀘 D.
Sebanyak 1% — 25% guru memiliki kompetensi kepribadian
􀀘 E.
Tidak ada guru yang memiliki kompetensi kepribadian


JUKNIS

Guru memiliki kompetensi kepribadian, yang meliputi:
1) bertindak sesuai norma agama, hukum, sosial, dan kebudayaan nasional Indonesia;
2) menampilkan diri sebagai pribadi yang jujur, berakhlak mulia, dan teladan bagi siswa
    dan masyarakat;
3) menampilkan diri sebagai pribadi yang mantap, stabil, dewasa, arif, dan berwibawa;
4) menunjukkan etos kerja, tanggung jawab yang tinggi, rasa bangga menjadi guru, dan
    rasa percaya diri; dan
5) menjunjung tinggi kode etik profesi guru.

Jawaban dibuktikan dengan menunjukkan bahwa guru tidak tersangkut perkara kriminal dan tidak ada pengaduan dari masyarakat.

DATA PENDUKUNG

         Cukup jelas


Thanks for reading Butir Instrumen Akreditasi Nomor 46-50

Related Posts

Your Comments

No comments:

Copyright © DEDE AKSESORIS. All rights reserved. Template by CB Blogger