JUKNIS
Jawaban
dibuktikan dengan dokumen hasil UASBN. Asesor agar mengecek secara cermat
rata-rata hasil UASBN.
DATA
PENDUKUNG
Rata-rata hasil
UASBN : _________
INSTRUMEN
46.
|
Sekolah/Madrasah
memiliki prestasi yang ditunjukkan dengan rata-rata hasil UASBN.
|
A.
|
Rata-rata UASBN
lebih dari 8,00
|
B.
|
Rata-rata UASBN
antara 7,01 — 8,00
|
C.
|
Rata-rata UASBN
lebih dari 6,01 — 7,00
|
D.
|
Rata-rata UASBN
lebih dari 5,01 — 6,00
|
E.
|
Rata-rata UASBN
lebih rendah 5,01
|
BUTIR INSTRUMEN No 47
JUKNIS
Jawaban dibuktikan
dengan dokumen ijazah dan/atau sertifikat yang
dimiliki oleh pendidik.
INSTRUMEN
47.
|
Guru
memiliki kualifikasi akademik minimum.
|
A.
|
Sebanyak
76% — 100% guru berpendidikan minimum S1/D-IV PGSD/PGMI
|
B.
|
Sebanyak
51% — 75% guru berpendidikan minimum S1/D-IV PGSD/PGMI
|
C.
|
Sebanyak
76% — 100% guru berpendidikan setingkat DII PGSD/PGMI
|
D.
|
Sebanyak
51% — 75% guru berpendidikan setingkat DII PGSD/PGMI
|
E.
|
Kurang
dari 51% guru berpendidikan setingkat atau di bawah DII PGSD/PGMI
|
47.
|
Guru memiliki kualifikasi akademik minimum
|
A.
|
Sebanyak
91%-100% guru berpendidikan minimum S1/D-IV PGSD/PGMI
|
B.
|
Sebanyak
81%-90% guru berpendidikan minimum S1/D-IV PGSD/PGMI
|
C.
|
Sebanyak
71%-80% guru berpendidikan minimum S1/D-IV PGSD/PGMI
|
D.
|
Sebanyak
61%-70% guru berpendidikan minimum S1/D-IV PGSD/PGMI
|
E.
|
Sebanyak
kurang dari 61% guru berpendidikan minimum S1/DIV PGSD/PGMI
|
DATA PENDUKUNG
Jumlah guru yang dimiliki sekolah/madrasah dan
kualifikasinya.
Jumlah guru: .......... orang.
Jumlah guru yang telah memiliki sertifikat pendidik:
.......... orang.
Kualifikasi:
No
|
Tingkat
Pendidikan
|
Jumlah dan status
guru
|
Jumlah
|
|||
GT* /PNS
|
GTT** /Guru bantu
|
|||||
L
|
P
|
L
|
P
|
|||
1.
|
S3 / S2
|
|||||
2.
|
S1
|
|||||
3.
|
D4
|
|||||
4.
|
D3 /Sarjana Muda
|
|||||
5.
|
D2
|
|||||
6.
|
D1
|
|||||
7.
|
≤ SMA
sederajat
|
|||||
Jumlah
|
Keterangan: * GT =
Guru tetap (bagi sekolah/madrasah swasta)
** GTT = Guru tidak tetap (baik sekolah/madrasah
negeri atau swasta)
BUTIR INSTRUMEN No 48
INSTRUMEN
48.
|
Guru agama, guru
pendidikan jasmani, dan guru kesenian mengajar sesuai dengan latar belakang
pendidikannya.
|
A.
|
Ketiga mata
pelajaran diajarkan oleh guru yang sesuai dengan latar belakang pendidikannya
|
B.
|
Hanya 2 mata
pelajaran diajarkan oleh guru yang sesuai dengan latar belakang pendidikannya
|
C.
|
Hanya 1 mata
pelajaran diajarkan oleh guru yang sesuai dengan latar belakang pendidikannya
|
D.
|
Tidak ada guru
yang sesuai dengan mata pelajaran, tetapi diajarkan oleh tenaga dari
institusi lain yang relevan.
|
E.
|
Ketiga mata
pelajaran diajarkan oleh guru kelas
|
JUKNIS
Jawaban
dibuktikan dengan melihat dokumen yang menunjukkan kesesuaian antara latar
belakang pendidikan dengan mata pelajaran yang diajarkan
DATA
PENDUKUNG
Jumlah
guru yang mengajar memiliki latar belakang pendidikan sesuai dengan mata
pelajaran yang diajarkan.
No
|
Guru Mata
Pelajaran
|
Jumlah guru dengan latar belakang pendidikan sesuai
dengan mata pelajaran yang diajarkan
|
Jumlah guru dengan latar belakang pendidikan yang
tidak sesuai dengan mata pelajaran yang diajarkan
|
Jumlah
|
||||||
D1/
D2
|
D3
Sarmud
|
S1/
D4
|
S2/
S3
|
D1/
D2
|
D3
Sarmud
|
S1/
D4
|
S2/
S3
|
|||
1.
|
Pen
Agama
|
|||||||||
2.
|
Penjas
|
|||||||||
3.
|
Kesenian
|
BUTIR INSTRUMEN No 49
INSTRUMEN
49.
|
Guru memiliki
kompetensi pedagogik sesuai dengan prinsip-prinsip pembelajaran.
|
A.
|
Sebanyak 76% —
100% guru memiliki kompetensi pedagogik sesuai dengan prinsip-prinsip
pembelajaran
|
B.
|
Sebanyak 51% — 75%
guru memiliki kompetensi pedagogik sesuai dengan prinsip-prinsip pembelajaran
|
C.
|
Sebanyak 26% — 50%
guru memiliki kompetensi pedagogik sesuai dengan prinsip-prinsip pembelajaran
|
D.
|
Sebanyak 1% — 25%
guru memiliki kompetensi pedagogik sesuai dengan prinsip-prinsip pembelajaran
|
E.
|
Tidak ada guru
yang memiliki kompetensi pedagogik sesuai dengan prinsip-prinsip pembelajaran
|
JUKNIS
Jawaban
dibuktikan dengan melihat kesesuaian antara perencanaan, pelaksanaan, dan
evaluasi pembelajaran dengan prinsip-prinsip pembelajaran yang ada di dalam
RPP.
Kompetensi
pedagogik guru meliputi:
1) menguasai karakteristik siswa dari aspek fisik, moral, sosial,
kultural, emosional, dan intelektual;
2) menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang
mendidik;
3) mengembangkan kurikulum yang terkait dengan bidang pengembangan yang
diajarkan;
4) menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik;
5) memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan
pembelajaran;
6) memfasilitasi pengembangan potensi siswa untuk mengaktualisasikan
berbagai potensi yang dimiliki;
7) berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan siswa;
8) menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar;
9) memanfaatkan hasil penilaian dan evaluasi untuk kepentingan
pembelajaran;
10) melakukan tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas
pembelajaran.
DATA PENDUKUNG
RPP
BUTIR INSTRUMEN No 50
INSTRUMEN
50.
|
Guru memiliki
kompetensi kepribadian sebagai agen pembelajaran.
|
A.
|
Sebanyak 76% —
100% guru memiliki kompetensi kepribadian
|
B.
|
Sebanyak 51% — 75%
guru memiliki kompetensi kepribadian
|
C.
|
Sebanyak 26% — 50%
guru memiliki kompetensi kepribadian
|
D.
|
Sebanyak 1% — 25%
guru memiliki kompetensi kepribadian
|
E.
|
Tidak ada guru
yang memiliki kompetensi kepribadian
|
JUKNIS
Guru
memiliki kompetensi kepribadian, yang meliputi:
1) bertindak sesuai norma agama, hukum, sosial, dan kebudayaan nasional
Indonesia;
2) menampilkan diri sebagai pribadi yang jujur, berakhlak mulia, dan
teladan bagi siswa
dan masyarakat;
3) menampilkan diri sebagai pribadi yang mantap, stabil, dewasa, arif,
dan berwibawa;
4) menunjukkan etos kerja, tanggung jawab yang tinggi, rasa bangga
menjadi guru, dan
rasa percaya diri; dan
5) menjunjung tinggi kode etik profesi guru.
Jawaban
dibuktikan dengan menunjukkan bahwa guru tidak tersangkut perkara kriminal dan
tidak ada pengaduan dari masyarakat.
DATA
PENDUKUNG
Cukup jelas
Thanks for reading Butir Instrumen Akreditasi Nomor 46-50
No comments:
Post a Comment