Berkas selanjutnya yaitu Butir Instrumen Akreditasi yang dimulai dari point 21 sampai dengan point 25. Jika bermanfaat untuk anda silahkan untuk mencopy paste redaksi dibawah ini baik untuk sekolah maupun untuk madrasah. BAS-SM akan terus melakukan update terbaru dari berkas berkas akreditasi.
BUTIR
INSTRUMEN No 21
INSTRUMEN
21.
|
Sekolah/Madrasah
melaksanakan proses pembelajaran dengan memenuhi persyaratan yang ditentukan.
|
A.
|
Memenuhi 4
persyaratan pelaksanaan proses pembelajaran
|
B.
|
Memenuhi 3
persyaratan pelaksanaan proses pembelajaran
|
C.
|
Memenuhi 2
persyaratan pelaksanaan proses pembelajaran
|
D.
|
Memenuhi 1
persyaratan pelaksanaan proses pembelajaran
|
E.
|
Tidak memenuhi
persyaratan pelaksanaan proses pembelajaran
|
JUKNIS
Persyaratan
pelaksanaan proses pembelajaran meliputi:
1) rombongan belajar SD/MI maksimal 28 siswa;
2) beban mengajar guru sekurang-kurangnya 24 jam tatap muka dalam satu
minggu;
3) Buku teks pelajaran mengikuti ketentuan:
a. buku teks pelajaran yang akan digunakan
oleh sekolah/madrasah dipilih melalui
rapat guru dengan pertimbangan komite sekolah/madrasah dari buku teks
pelajaran
yang ditetapkan oleh Menteri;
b. rasio buku teks pelajaran untuk siswa
adalah 1 : 1 per mata pelajaran;
c. selain buku teks pelajaran, guru
menggunakan buku panduan guru, buku
pengayaan, buku referensi dan sumber belajar lainnya;
d. guru membiasakan siswa
menggunakan buku-buku dan sumber belajar lain yang
ada di perpustakaan
sekolah/madrasah.
4) Pengelolaan kelas mengikuti kaidah:
a. guru mengatur tempat duduk
sesuai dengan karakteristik siswa dan mata pelajaran,
serta aktivitas
pembelajaran yang akan dilakukan;
b. volume dan intonasi suara
guru dalam proses pembelajaran harus dapat didengar
dengan baik oleh siswa;
c. tutur kata guru santun dan
dapat dimengerti oleh siswa;
d. guru menyesuaikan materi
pelajaran dengan kecepatan dan kemampuan belajar
siswa;
e. guru menciptakan
ketertiban, kedisiplinan, kenyamanan, keselamatan, dan
kepatuhan pada peraturan
dalam menyelenggarakan proses pembelajaran;
f. guru memberikan penguatan
dan umpan balik terhadap respons dan hasil belajar
siswa selama proses
pembelajaran berlangsung;
g. guru menghargai siswa tanpa memandang
latar belakang agama, suku, jenis
kelamin, dan status sosial ekonomi;
h. guru menghargai pendapat
siswa;
i. guru memakai pakaian yang
sopan, bersih, dan rapi;
j. pada tiap awal semester,
guru menyampaikan silabus mata pelajaran yang
diajarkannya; dan
k. guru memulai dan mengakhiri
proses pembelajaran sesuai dengan waktu yang
dijadwalkan.
Jawaban
dibuktikan dengan melakukan pengamatan proses pembelajaran yang dilakukan oleh
guru.
DATA PENDUKUNG
Persyaratan
proses pembelajaran.
No.
|
Persyaratan proses pembelajaran
|
1
|
Jumlah siswa tiap
kelas = .............siswa
|
2
|
Jumlah jam beban
mengajar guru = .............jam/minggu
|
3
|
Perbandingan
jumlah buku teks : siswa = .......... : .........
|
4
|
Pengelolaan kelas
yang dilakukan:
................................................................................................
................................................................................................
................................................................................................
................................................................................................
|
BUTIR
INSTRUMEN No 22
INSTRUMEN
22.
|
Proses
pembelajaran di sekolah/madrasah dilaksanakan sesuai dengan langkah-langkah
pembelajaran.
|
A.
|
Sebanyak 76% —
100% guru melaksanakan proses pembelajaran sesuai dengan langkah-langkah
pembelajaran
|
B.
|
Sebanyak 51% — 75%
guru melaksanakan proses pembelajaran sesuai dengan langkah-langkah
pembelajaran
|
C.
|
Sebanyak 26% — 50%
guru melaksanakan proses pembelajaran sesuai dengan langkah-langkah
pembelajaran
|
D.
|
Sebanyak 1% — 25%
guru melaksanakan proses pembelajaran sesuai dengan langkah-langkah
pembelajaran
|
E.
|
Tidak ada guru
yang melaksanakan proses pembelajaran sesuai dengan langkah-langkah
pembelajaran
|
JUKNIS
Pelaksanaan
pembelajaran sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran, yaitu:
1) Kegiatan pendahuluan.
Dalam
kegiatan pendahuluan, guru:
a.
menyiapkan siswa secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran;
b.
mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan
materi yang akan dipelajari;
c.
menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai;
d.
menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai dengan
silabus.
2)
Kegiatan inti (eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi).
A.
EKSPLORASI
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
a.
melibatkan siswa mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema
materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru
dan belajar dari aneka sumber
b. menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran dan
sumber belajar lain;
c. memfasilitasi terjadinya interaksi antarsiswa serta antara siswa
dengan guru, lingkungan dan sumber belajar lainnya;
d. melibatkan siswa secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran;
dan
e. memfasilitasi siswa melakukan percobaan di laboratorium, studio atau
lapangan.
B. ELABORASI
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
a.
membiasakan siswa membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu
yang bermakna;
b.
memfasilitasi siswa melalui pemberian tugas, diskusi dan lain-lain untuk
memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
c.
memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah dan
bertindak tanpa rasa takut;
d.
memfasilitasi siswa dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
e.
memfasilitasi siswa berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi
belajar;
f.
memfasilitasi siswa membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
tertulis secara individual maupun kelompok;
g.
memfasilitasi siswa untuk menyajikan hasil kerja secara individual maupun
kelompok.
h.
memfasilitasi siswa melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang
dihasilkan;
i.
memfasilitasi siswa melakukan kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa
percaya diri siswa.
C.
KONFIRMASI
Dalam
kegiatan konfirmasi, guru:
1.
memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan,
isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan siswa;
2.
memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi siswa melalui
berbagai sumber;
3.
memfasilitasi siswa melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang
telah dilakukan;
4.
memfasilitasi siswa untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai
kompetensi dasar:
a) berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam
menjawab pertanyaan siswa
yang
menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
b) membantu menyelesaikan masalah;
c) memberi acuan agar siswa dapat melakukan pengecekan
hasil eksplorasi;
d) memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
dan
e) memberikan motivasi kepada siswa yang kurang atau
belum berpartisipasi aktif.
3) Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
a.
bersama-sama dengan siswa dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan
pelajaran;
b.
melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan
secara konsisten dan terprogram;
c.
memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
d.
merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program
pengayaan, layanan konseling dan/atau
memberikan tugas baik tugas individual maupun
kelompok sesuai dengan hasil belajar siswa;
e.
menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
Jawaban
dibuktikan dengan melakukan observasi secara acak, hasil supervisi kepala
sekolah/madrasah, dan kesesuaian RPP dengan pelaksanaan proses pembelajaran.
DATA
PENDUKUNG
Langkah-langkah
pembelajaran yang dilakukan
No.
|
Langkah-langkah pembelajaran
|
1
|
|
2
|
|
3
|
|
4
|
|
5
|
BUTIR
INSTRUMEN No 23
INSTRUMEN
23.
|
Sekolah/Madrasah
melaksanakan pembelajaran melalui pendekatan tematik untuk kelas I — III.
|
A.
|
Kelas I — III
melaksanakan pembelajaran melalui pendekatan tematik
|
B.
|
Kelas I dan II
melaksanakan pembelajaran melalui pendekatan tematik
|
C.
|
Kelas I dan III
atau kelas II dan III melaksanakan pembelajaran melalui pendekatan tematik
|
D.
|
Kelas I atau II
atau III melaksanakan pembelajaran melalui pendekatan tematik
|
E.
|
Kelas I — III
tidak melaksanakan pembelajaran melalui pendekatan tematik
|
JUKNIS
Jawaban
dibuktikan dengan adanya dokumen KTSP yang mencantumkan pembelajaran
menggunakan pendekatan tematik pada kelas I — III.
DATA PENDUKUNG
Pelaksanaan
pembelajaran
Kelas
|
Pendekatan
|
||
1.
|
Tematik
|
Mata pelajaran
|
Lain-Lain
|
2.
|
|||
3.
|
|||
4.
|
|||
5.
|
|||
6.
|
BUTIR
INSTRUMEN No 24
INSTRUMEN
24.
|
Sekolah/Madrasah
melaksanakan pembelajaran melalui pendekatan mata pelajaran untuk kelas IV —
VI.
|
A.
|
Kelas IV — VI
melaksanakan pembelajaran melalui pendekatan mata pelajaran
|
B.
|
Kelas V dan VI
melaksanakan pembelajaran melalui pendekatan mata pelajaran
|
C.
|
Kelas IV dan V
atau IV dan VI melaksanakan pembelajaran melalui pendekatan mata pelajaran
|
D.
|
Kelas IV atau V
atau VI melaksanakan pembelajaran melalui pendekatan mata pelajaran
|
E.
|
Kelas IV — VI
tidak melaksanakan pembelajaran melalui pendekatan mata pelajaran
|
JUKNIS
Jawaban
dibuktikan dengan adanya dokumen KTSP yang mencantumkan pembelajaran
menggunakan pendekatan mata pelajaran pada kelas IV — VI
DATA
PENDUKUNG
Pelaksanaan
pembelajaran
Kelas
|
Pendekatan
|
||
1.
|
Tematik
|
Mata pelajaran
|
Lain-Lain
|
2.
|
|||
3.
|
|||
4.
|
|||
5.
|
|||
6.
|
BUTIR INSTRUMEN No 25
INSTRUMEN
25.
|
Pemantauan proses
pembelajaran dilakukan oleh kepala sekolah/ madrasah mencakup tahap
perencanaan, tahap pelaksanaan, dan tahap penilaian hasil pembelajaran.
|
A.
|
Mencakup 3 tahap
pemantauan serta dilakukan diskusi hasil pemantauan
|
B.
|
Mencakup 3 tahap
pemantauan tanpa dilakukan diskusi hasil pemantauan
|
C.
|
Mencakup 2 tahap
pemantauan
|
D.
|
Mencakup 1 tahap
pemantauan
|
E.
|
Tidak pernah
melakukan pemantauan
|
JUKNIS
Jawaban
dibuktikan dengan dokumen perencaaan pemantauan, pelaksanaan pemantauan, dan
laporan pemantauan proses pembelajaran disertai catatan kepala sekolah/madrasah
dan tanda tangan guru yang dipantau.
DATA
PENDUKUNG
Pemantauan
proses pembelajaran
No.
|
Tgl. pemantauan
|
Nama guru yg dipantau
|
Tahap yang dilakukan
|
1.
|
|||
2.
|
|||
3.
|
|||
4.
|
|||
5.
|
|||
6.
|
|||
7.
|
|||
8.
|
|||
9.
|
|||
10.
|
Thanks for reading Butir Instrumen Akreditasi Nomor 21-25
No comments:
Post a Comment