Butir Instrumen Akreditasi Nomor 21-25 | DEDE AKSESORIS

Thursday, February 8, 2018

Butir Instrumen Akreditasi Nomor 21-25

February 08, 2018
Berkas selanjutnya yaitu Butir Instrumen Akreditasi yang dimulai dari point 21 sampai dengan point 25. Jika bermanfaat untuk anda silahkan untuk mencopy paste redaksi dibawah ini baik untuk sekolah maupun untuk madrasah. BAS-SM akan terus melakukan update terbaru dari berkas berkas akreditasi.







BUTIR INSTRUMEN No 21

INSTRUMEN
21.
Sekolah/Madrasah melaksanakan proses pembelajaran dengan memenuhi persyaratan yang ditentukan.
􀀘 A.
Memenuhi 4 persyaratan pelaksanaan proses pembelajaran
􀀘 B.
Memenuhi 3 persyaratan pelaksanaan proses pembelajaran
􀀘 C.
Memenuhi 2 persyaratan pelaksanaan proses pembelajaran
􀀘 D.
Memenuhi 1 persyaratan pelaksanaan proses pembelajaran
􀀘 E.
Tidak memenuhi persyaratan pelaksanaan proses pembelajaran

JUKNIS

Persyaratan pelaksanaan proses pembelajaran meliputi:
1) rombongan belajar SD/MI maksimal 28 siswa;
2) beban mengajar guru sekurang-kurangnya 24 jam tatap muka dalam satu minggu;
3) Buku teks pelajaran mengikuti ketentuan:
a. buku teks pelajaran yang akan digunakan oleh sekolah/madrasah dipilih melalui 
    rapat guru dengan pertimbangan komite sekolah/madrasah dari buku teks pelajaran
    yang ditetapkan oleh Menteri;
b. rasio buku teks pelajaran untuk siswa adalah 1 : 1 per mata pelajaran;
c. selain buku teks pelajaran, guru menggunakan buku panduan guru, buku
   pengayaan, buku referensi dan sumber belajar lainnya;
   d. guru membiasakan siswa menggunakan buku-buku dan sumber belajar lain yang  
       ada di perpustakaan sekolah/madrasah.

4) Pengelolaan kelas mengikuti kaidah:
   a. guru mengatur tempat duduk sesuai dengan karakteristik siswa dan mata pelajaran,
       serta aktivitas pembelajaran yang akan dilakukan;
   b. volume dan intonasi suara guru dalam proses pembelajaran harus dapat didengar
      dengan baik oleh siswa;
   c. tutur kata guru santun dan dapat dimengerti oleh siswa;
   d. guru menyesuaikan materi pelajaran dengan kecepatan dan kemampuan belajar
       siswa;
   e. guru menciptakan ketertiban, kedisiplinan, kenyamanan, keselamatan, dan
      kepatuhan pada peraturan dalam menyelenggarakan proses pembelajaran;
   f. guru memberikan penguatan dan umpan balik terhadap respons dan hasil belajar
      siswa selama proses pembelajaran berlangsung;
       g. guru menghargai siswa tanpa memandang latar belakang agama, suku, jenis
           kelamin, dan status sosial ekonomi;
h. guru menghargai pendapat siswa;
i. guru memakai pakaian yang sopan, bersih, dan rapi;
j. pada tiap awal semester, guru menyampaikan silabus mata pelajaran yang
   diajarkannya; dan
k. guru memulai dan mengakhiri proses pembelajaran sesuai dengan waktu yang
   dijadwalkan.
Jawaban dibuktikan dengan melakukan pengamatan proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru.

DATA PENDUKUNG

Persyaratan proses pembelajaran.
No.
Persyaratan proses pembelajaran
1
Jumlah siswa tiap kelas = .............siswa
2
Jumlah jam beban mengajar guru = .............jam/minggu
3
Perbandingan jumlah buku teks : siswa = .......... : .........
4
Pengelolaan kelas yang dilakukan:
................................................................................................
................................................................................................
................................................................................................
................................................................................................







BUTIR INSTRUMEN No 22

INSTRUMEN

22.
Proses pembelajaran di sekolah/madrasah dilaksanakan sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
􀀘 A.
Sebanyak 76% — 100% guru melaksanakan proses pembelajaran sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran
􀀘 B.
Sebanyak 51% — 75% guru melaksanakan proses pembelajaran sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran
􀀘 C.
Sebanyak 26% — 50% guru melaksanakan proses pembelajaran sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran
􀀘 D.
Sebanyak 1% — 25% guru melaksanakan proses pembelajaran sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran
􀀘 E.
Tidak ada guru yang melaksanakan proses pembelajaran sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran

JUKNIS

Pelaksanaan pembelajaran sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran, yaitu:
1) Kegiatan pendahuluan.
Dalam kegiatan pendahuluan, guru:
a. menyiapkan siswa secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran;
b. mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari;
c. menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai;
d. menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai dengan silabus.
2) Kegiatan inti (eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi).
A. EKSPLORASI
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
a. melibatkan siswa mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber

b. menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran dan sumber belajar lain;
c. memfasilitasi terjadinya interaksi antarsiswa serta antara siswa dengan guru, lingkungan dan sumber belajar lainnya;
d. melibatkan siswa secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
e. memfasilitasi siswa melakukan percobaan di laboratorium, studio atau lapangan.
B. ELABORASI
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
a. membiasakan siswa membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
b. memfasilitasi siswa melalui pemberian tugas, diskusi dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
c. memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah dan bertindak tanpa rasa takut;
d. memfasilitasi siswa dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
e. memfasilitasi siswa berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
f. memfasilitasi siswa membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis secara individual maupun kelompok;
g. memfasilitasi siswa untuk menyajikan hasil kerja secara individual maupun kelompok.
h. memfasilitasi siswa melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
i. memfasilitasi siswa melakukan kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri siswa.
C. KONFIRMASI
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
1. memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan siswa;
2. memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi siswa melalui berbagai sumber;
3. memfasilitasi siswa melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan;
4. memfasilitasi siswa untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
a) berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan siswa
    yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
b) membantu menyelesaikan masalah;
c) memberi acuan agar siswa dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
d) memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh; dan
e) memberikan motivasi kepada siswa yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

3) Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
a. bersama-sama dengan siswa dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
b. melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan
    secara konsisten dan terprogram;
c. memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
d. merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program
    pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun
    kelompok sesuai dengan hasil belajar siswa;
e. menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.

Jawaban dibuktikan dengan melakukan observasi secara acak, hasil supervisi kepala sekolah/madrasah, dan kesesuaian RPP dengan pelaksanaan proses pembelajaran.

DATA PENDUKUNG

Langkah-langkah pembelajaran yang dilakukan
No.
Langkah-langkah pembelajaran
1

2

3

4

5






BUTIR INSTRUMEN No 23

INSTRUMEN
23.
Sekolah/Madrasah melaksanakan pembelajaran melalui pendekatan tematik untuk kelas I — III.
􀀘 A.
Kelas I — III melaksanakan pembelajaran melalui pendekatan tematik
􀀘 B.
Kelas I dan II melaksanakan pembelajaran melalui pendekatan tematik
􀀘 C.
Kelas I dan III atau kelas II dan III melaksanakan pembelajaran melalui pendekatan tematik
􀀘 D.
Kelas I atau II atau III melaksanakan pembelajaran melalui pendekatan tematik
􀀘 E.
Kelas I — III tidak melaksanakan pembelajaran melalui pendekatan tematik

JUKNIS
Jawaban dibuktikan dengan adanya dokumen KTSP yang mencantumkan pembelajaran menggunakan pendekatan tematik pada kelas I — III.

DATA  PENDUKUNG
Pelaksanaan pembelajaran
Kelas
Pendekatan
                  1.         
Tematik
Mata pelajaran
Lain-Lain
                  2.         



                  3.         



                  4.         



                  5.         



                  6.         








BUTIR INSTRUMEN No 24

INSTRUMEN
24.
Sekolah/Madrasah melaksanakan pembelajaran melalui pendekatan mata pelajaran untuk kelas IV — VI.
􀀘 A.
Kelas IV — VI melaksanakan pembelajaran melalui pendekatan mata pelajaran
􀀘 B.
Kelas V dan VI melaksanakan pembelajaran melalui pendekatan mata pelajaran
􀀘 C.
Kelas IV dan V atau IV dan VI melaksanakan pembelajaran melalui pendekatan mata pelajaran
􀀘 D.
Kelas IV atau V atau VI melaksanakan pembelajaran melalui pendekatan mata pelajaran
􀀘 E.
Kelas IV — VI tidak melaksanakan pembelajaran melalui pendekatan mata pelajaran

JUKNIS

Jawaban dibuktikan dengan adanya dokumen KTSP yang mencantumkan pembelajaran menggunakan pendekatan mata pelajaran pada kelas IV — VI

DATA  PENDUKUNG

Pelaksanaan pembelajaran
Kelas
Pendekatan
                  1.         
Tematik
Mata pelajaran
Lain-Lain
                  2.         



                  3.         



                  4.         



                  5.         



                  6.         








BUTIR INSTRUMEN No 25

INSTRUMEN
25.
Pemantauan proses pembelajaran dilakukan oleh kepala sekolah/ madrasah mencakup tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, dan tahap penilaian hasil pembelajaran.
􀀘 A.
Mencakup 3 tahap pemantauan serta dilakukan diskusi hasil pemantauan
􀀘 B.
Mencakup 3 tahap pemantauan tanpa dilakukan diskusi hasil pemantauan
􀀘 C.
Mencakup 2 tahap pemantauan
􀀘 D.
Mencakup 1 tahap pemantauan
􀀘 E.
Tidak pernah melakukan pemantauan

JUKNIS

Jawaban dibuktikan dengan dokumen perencaaan pemantauan, pelaksanaan pemantauan, dan laporan pemantauan proses pembelajaran disertai catatan kepala sekolah/madrasah dan tanda tangan guru yang dipantau.

DATA  PENDUKUNG
Pemantauan proses pembelajaran
No.
Tgl. pemantauan
Nama guru yg dipantau
Tahap yang dilakukan
1.     



2.     



3.     



4.     



5.     



6.     



7.     



8.     



9.     



10.  





Thanks for reading Butir Instrumen Akreditasi Nomor 21-25

Related Posts

Your Comments

No comments:

Copyright © DEDE AKSESORIS. All rights reserved. Template by CB Blogger