Butir Instrumen Akreditasi Nomor 11 sampai 15 | DEDE AKSESORIS

Tuesday, February 6, 2018

Butir Instrumen Akreditasi Nomor 11 sampai 15

February 06, 2018
Berkas selanjutnya yaitu Butir Instrumen Akreditasi yang dimulai dari point 11 sampai dengan point 15. Jika bermanfaat untuk anda silahkan untuk mencopy paste redaksi dibawah ini baik untuk sekolah maupun untuk madrasah. BAS-SM akan terus melakukan update terbaru dari berkas berkas akreditasi.





BUTIR INSTRUMEN No 11

INSTRUMEN
11.
Guru mengalokasikan waktu untuk penugasan terstruktur dan kegiatan mandiri tidak terstruktur kepada siswa maksimal 40% dari alokasi waktu tiap mata pelajaran.
􀀘 A.
Sebanyak 76% — 100% guru memberikan penugasan terstruktur dan kegiatan mandiri tidak terstruktur
􀀘 B.
Sebanyak 51% — 75% guru memberikan penugasan terstruktur dan kegiatan mandiri tidak terstruktur
􀀘 C.
Sebanyak 26% — 50% guru memberikan penugasan terstruktur dan kegiatan mandiri tidak terstruktur
􀀘 D.
Sebanyak 1% — 25% guru memberikan penugasan terstruktur dan kegiatan mandiri tidak terstruktur
􀀘 E.
Tidak ada guru yang mengalokasikan penugasan terstruktur dan kegiatan mandiri tidak terstruktur


JUKNIS
Penugasan terstruktur dan kegiatan mandiri tidak terstruktur maksimal 40% dari alokasi waktu tiap mata pelajaran.
Penugasan terstruktur adalah kegiatan pembelajaran yang berupa pendalaman materi pembelajaran oleh siswa yang dirancang oleh guru untuk mencapai standar kompetensi. Waktu penyelesaian penugasan terstruktur ditentukan oleh guru.
Misalnya: Pemberian tugas dari guru kepada siswa untuk mengerjakan Lembar Kerja Siswa (LKS), mengerjakan soal-soal buatan guru, dan sebagainya yang harus ditandatangi orang tua dan dikumpulkan pada pertemuan berikutnya.
Kegiatan mandiri tidak terstruktur adalah kegiatan pembelajaran yang berupa pendalaman materi pembelajaran oleh siswa yang dirancang oleh guru untuk mencapai standar kompetensi. Waktu penyelesaiannya diatur sendiri oleh siswa.
Jawaban dibuktikan dengan dokumen pemberian tugas mandiri tidak terstruktur. Misalnya: Pemberian tugas dari guru kepada siswa untuk membaca dan mengerjakan topik tertentu dari berbagai sumber belajar yang bisa dipilih secara bebas dan dikumpulkan sesuai dengan kemampuan/kecepatan siswa.

DATA PENDUKUNG

CUKUP JELAS




BUTIR INSTRUMEN No 12

INSTRUMEN
12.
Pengembangan KTSP dilaksanakan dengan mengacu kepada: (1) Standar Isi, (2) Standar Kompetensi Lulusan, (3) berpedoman pada panduan penyusunan kurikulum yang disusun oleh BSNP, serta (4) memperhatikan pertimbangan komite sekolah/madrasah.
􀀘 A.
Dilaksanakan dengan mengacu kepada 4 unsur di atas
􀀘 B.
Dilaksanakan dengan mengacu kepada 3 unsur di atas
􀀘 C.
Dilaksanakan dengan mengacu kepada 2 unsur di atas
􀀘 D.
Dilaksanakan dengan mengacu 1 unsur di atas
􀀘 E.
Tidak mengembangkan KTSP


JUKNIS

Jawaban dibuktikan dengan dokumen KTSP yang mengacu kepada (1) Standar Isi, (2) Standar Kompetensi Lulusan, (3) berpedoman pada panduan penyusunan kurikulum yang disusun oleh BSNP, serta (4) memperhatikan pertimbangan komite sekolah/madrasah.
Unsur Standar Isi dan Standar Kompetensi Lulusan harus ada untuk pilihan B dan C.


DATA PENDUKUNG

CUKUP JELAS



BUTIR INSTRUMEN No 13

INSTRUMEN

13.
Sekolah/Madrasah mengembangan silabus mata pelajaran dengan menggunakan 7 langkah pada Panduan Penyusunan KTSP
􀀘 A.
Sebanyak 76% — 100% silabus mata pelajaran dikembangkan dengan menggunakan 7 langkah
􀀘 B.
Sebanyak 51% — 75% silabus mata pelajaran dikembangkan dengan menggunakan 7 langkah
􀀘 C.
Sebanyak 26% — 50% silabus mata pelajaran dikembangkan dengan menggunakan 7 langkah
􀀘 D.
Sebanyak 1% — 25% silabus mata pelajaran dikembangkan dengan menggunakan 7 langkah
􀀘 E.
Tidak ada silabus mata pelajaran yang dikembangkan dengan menggunakan 7 langkah


JUKNIS

Tujuh langkah pengembangan silabus meliputi:
1) mengkaji standar kompetensi dan kompetensi dasar;
2) mengidentifikasi materi pokok pembelajaran;
3) mengembangkan kegiatan pembelajaran;
4) merumuskan indikator pencapaian kompetensi;
5) menentukan jenis penilaian;
6) menentukan alokasi waktu; dan
7) menentukan sumber belajar.

Jawaban dibuktikan dengan mengecek jumlah dokumen pengembangan silabus tiap-tiap kelasnya.

DATA PENDUKUNG
Dokumen pengembangan silabus (Isi jenis dokumen yang relevan dengan kegiatan pengembangan silabus)


No.
Langkah pengembangan silabus
Ketersediaan dokumen
ada
tidak
1
Mengkaji standar kompetensi dan kompetensi dasar (pemetaan)

      
2
Mengidentifikasi materi pokok/pembelajaran


3
Mengembangkan kegiatan pembelajaran


4
Merumuskan indikator pencapaian kompetensi


5
Menentukan jenis penilaian


6
Menentukan alokasi waktu


7
Menentukan sumber belajar


*) isilah dengan memberi tanda (√) pada kolom “ada” atau “tidak”.




BUTIR INSTRUMEN No 14

INSTRUMEN
14.
Dalam mengembangkan KTSP, guru menyusun silabus setiap mata pelajaran yang diajarkan.
􀀘 A.
Sebanyak 76% atau lebih silabus dikembangkan sendiri oleh guru bersama-sama guru lain dalam satu sekolah/madrasah
􀀘 B.
Sebanyak 76% atau lebih silabus dikembangkan melalui gugus atau Kelompok Kerja Guru (KKG)
􀀘 C.
Sebanyak 76% atau lebih silabus dikembangkan melalui Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD)/Dinas Pendidikan/Kandepag
􀀘 D.
Sebanyak 76% atau lebih silabus dikembangkan dengan mengadopsi atau mengadaptasi KTSP yang sudah ada
􀀘 E.
Tidak ada guru yang menyusun silabus sendiri



JUKNIS
Jawaban dibuktikan dengan dokumen berita acara pengembangan KTSP dan silabus setiap mata pelajaran yang diajarkan.


DATA PENDUKUNG
Mata pelajaran yang memiliki silabus pelajaran yang disiapkan oleh guru mata
Pelajaran

No.
Mata pelajaran
Kelas
1


2


3


4


5


6


7


8


9


10


11


12


13





BUTIR INSTRUMEN No 15

INSTRUMEN

15.
Sekolah/Madrasah memiliki silabus untuk setiap mata pelajaran sesuai dengan panduan penyusunan KTSP.
􀀘 A.
Sebanyak 7 atau lebih mata pelajaran memiliki silabus
􀀘 B.
Sebanyak 5 — 6 mata pelajaran memiliki silabus
􀀘 C.
Sebanyak 3 — 4 mata pelajaran memiliki silabus

􀀘 D.
Sebanyak 1 — 2 mata pelajaran memiliki silabus
􀀘 E.
Tidak ada mata pelajaran yang memiliki silabus


JUKNIS

Jawaban dibuktikan dengan dokumen silabus setiap mata pelajaran yang disusun oleh guru.


DATA PENDUKUNG


Thanks for reading Butir Instrumen Akreditasi Nomor 11 sampai 15

Related Posts

Your Comments

No comments:

Copyright © DEDE AKSESORIS. All rights reserved. Template by CB Blogger