BUTIR INSTRUMEN No 11
INSTRUMEN
11.
|
Guru
mengalokasikan waktu untuk penugasan terstruktur dan kegiatan mandiri tidak
terstruktur kepada siswa maksimal 40% dari alokasi waktu tiap mata pelajaran.
|
A.
|
Sebanyak 76% —
100% guru memberikan penugasan terstruktur dan kegiatan mandiri tidak
terstruktur
|
B.
|
Sebanyak 51% — 75%
guru memberikan penugasan terstruktur dan kegiatan mandiri tidak terstruktur
|
C.
|
Sebanyak 26% — 50%
guru memberikan penugasan terstruktur dan kegiatan mandiri tidak terstruktur
|
D.
|
Sebanyak 1% — 25%
guru memberikan penugasan terstruktur dan kegiatan mandiri tidak terstruktur
|
E.
|
Tidak ada guru
yang mengalokasikan penugasan terstruktur dan kegiatan mandiri tidak
terstruktur
|
JUKNIS
Penugasan
terstruktur dan kegiatan mandiri tidak terstruktur maksimal 40% dari alokasi
waktu tiap mata pelajaran.
Penugasan
terstruktur adalah kegiatan pembelajaran yang berupa pendalaman materi
pembelajaran oleh siswa yang dirancang oleh guru untuk mencapai standar
kompetensi. Waktu penyelesaian penugasan terstruktur ditentukan oleh guru.
Misalnya:
Pemberian tugas dari guru kepada siswa untuk mengerjakan Lembar Kerja Siswa
(LKS), mengerjakan soal-soal buatan guru, dan sebagainya yang harus
ditandatangi orang tua dan dikumpulkan pada pertemuan berikutnya.
Kegiatan
mandiri tidak terstruktur adalah kegiatan pembelajaran yang berupa pendalaman
materi pembelajaran oleh siswa yang dirancang oleh guru untuk mencapai standar
kompetensi. Waktu penyelesaiannya diatur sendiri oleh siswa.
Jawaban
dibuktikan dengan dokumen pemberian tugas mandiri tidak terstruktur. Misalnya:
Pemberian tugas dari guru kepada siswa untuk membaca dan mengerjakan topik
tertentu dari berbagai sumber belajar yang bisa dipilih secara bebas dan
dikumpulkan sesuai dengan kemampuan/kecepatan siswa.
DATA PENDUKUNG
BUTIR INSTRUMEN No 12
INSTRUMEN
12.
|
Pengembangan KTSP
dilaksanakan dengan mengacu kepada: (1) Standar Isi, (2) Standar Kompetensi
Lulusan, (3) berpedoman pada panduan penyusunan kurikulum yang disusun oleh
BSNP, serta (4) memperhatikan pertimbangan komite sekolah/madrasah.
|
A.
|
Dilaksanakan
dengan mengacu kepada 4 unsur di atas
|
B.
|
Dilaksanakan
dengan mengacu kepada 3 unsur di atas
|
C.
|
Dilaksanakan
dengan mengacu kepada 2 unsur di atas
|
D.
|
Dilaksanakan
dengan mengacu 1 unsur di atas
|
E.
|
Tidak
mengembangkan KTSP
|
JUKNIS
Jawaban
dibuktikan dengan dokumen KTSP yang mengacu kepada (1) Standar Isi, (2) Standar
Kompetensi Lulusan, (3) berpedoman pada panduan penyusunan kurikulum yang
disusun oleh BSNP, serta (4) memperhatikan pertimbangan komite
sekolah/madrasah.
Unsur
Standar Isi dan Standar Kompetensi Lulusan harus ada untuk pilihan B dan C.
DATA PENDUKUNG
BUTIR
INSTRUMEN No 13
INSTRUMEN
13.
|
Sekolah/Madrasah
mengembangan silabus mata pelajaran dengan menggunakan 7 langkah pada Panduan
Penyusunan KTSP
|
A.
|
Sebanyak 76% —
100% silabus mata pelajaran dikembangkan dengan menggunakan 7 langkah
|
B.
|
Sebanyak 51% — 75%
silabus mata pelajaran dikembangkan dengan menggunakan 7 langkah
|
C.
|
Sebanyak 26% — 50%
silabus mata pelajaran dikembangkan dengan menggunakan 7 langkah
|
D.
|
Sebanyak 1% — 25%
silabus mata pelajaran dikembangkan dengan menggunakan 7 langkah
|
E.
|
Tidak ada silabus
mata pelajaran yang dikembangkan dengan menggunakan 7 langkah
|
JUKNIS
Tujuh
langkah pengembangan silabus meliputi:
1) mengkaji standar kompetensi dan kompetensi dasar;
2) mengidentifikasi materi pokok pembelajaran;
3) mengembangkan kegiatan pembelajaran;
4) merumuskan indikator pencapaian kompetensi;
5) menentukan jenis penilaian;
6) menentukan alokasi waktu; dan
7) menentukan sumber belajar.
Jawaban
dibuktikan dengan mengecek jumlah dokumen pengembangan silabus tiap-tiap
kelasnya.
DATA PENDUKUNG
Dokumen
pengembangan silabus (Isi jenis dokumen yang relevan dengan kegiatan
pengembangan silabus)
No.
|
Langkah pengembangan silabus
|
Ketersediaan dokumen
|
|
ada
|
tidak
|
||
1
|
Mengkaji standar
kompetensi dan kompetensi dasar (pemetaan)
|
||
2
|
Mengidentifikasi
materi pokok/pembelajaran
|
||
3
|
Mengembangkan
kegiatan pembelajaran
|
||
4
|
Merumuskan
indikator pencapaian kompetensi
|
||
5
|
Menentukan jenis
penilaian
|
||
6
|
Menentukan alokasi
waktu
|
||
7
|
Menentukan sumber
belajar
|
*)
isilah dengan memberi tanda (√) pada kolom “ada” atau “tidak”.
BUTIR INSTRUMEN No 14
INSTRUMEN
14.
|
Dalam
mengembangkan KTSP, guru menyusun silabus setiap mata pelajaran yang
diajarkan.
|
A.
|
Sebanyak 76% atau
lebih silabus dikembangkan sendiri oleh guru bersama-sama guru lain dalam
satu sekolah/madrasah
|
B.
|
Sebanyak 76% atau
lebih silabus dikembangkan melalui gugus atau Kelompok Kerja Guru (KKG)
|
C.
|
Sebanyak 76% atau
lebih silabus dikembangkan melalui Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD)/Dinas
Pendidikan/Kandepag
|
D.
|
Sebanyak 76% atau
lebih silabus dikembangkan dengan mengadopsi atau mengadaptasi KTSP yang
sudah ada
|
E.
|
Tidak ada guru
yang menyusun silabus sendiri
|
JUKNIS
Jawaban
dibuktikan dengan dokumen berita acara pengembangan KTSP dan silabus setiap
mata pelajaran yang diajarkan.
DATA PENDUKUNG
Mata pelajaran yang
memiliki silabus pelajaran yang disiapkan oleh guru mata
Pelajaran
No.
|
Mata pelajaran
|
Kelas
|
1
|
||
2
|
||
3
|
||
4
|
||
5
|
||
6
|
||
7
|
||
8
|
||
9
|
||
10
|
||
11
|
||
12
|
||
13
|
BUTIR INSTRUMEN No 15
INSTRUMEN
15.
|
Sekolah/Madrasah
memiliki silabus untuk setiap mata pelajaran sesuai dengan panduan penyusunan
KTSP.
|
A.
|
Sebanyak 7 atau
lebih mata pelajaran memiliki silabus
|
B.
|
Sebanyak 5 — 6
mata pelajaran memiliki silabus
|
C.
|
Sebanyak 3 — 4
mata pelajaran memiliki silabus
|
D.
|
Sebanyak 1 — 2
mata pelajaran memiliki silabus
|
E.
|
Tidak ada mata
pelajaran yang memiliki silabus
|
JUKNIS
Jawaban
dibuktikan dengan dokumen silabus setiap mata pelajaran yang disusun oleh guru.
DATA
PENDUKUNG
Thanks for reading Butir Instrumen Akreditasi Nomor 11 sampai 15
No comments:
Post a Comment