Butir Instrumen Akreditasi Nomor 1 sampai 5 | DEDE AKSESORIS

Tuesday, February 6, 2018

Butir Instrumen Akreditasi Nomor 1 sampai 5

February 06, 2018
Berkas selanjutnya yaitu Butir Instrumen Akreditasi yang dimulai dari point 1 sampai dengan point 5. Jika bermanfaat untuk anda silahkan untuk mencopy paste redaksi dibawah ini baik untuk sekolah maupun untuk madrasah. BAS-SM akan terus melakukan update terbaru dari berkas berkas akreditasi.




BUTIR INSTRUMEN No 1


INTSRUMEN

1.
Sekolah/Madrasah melaksanakan kurikulum berdasarkan muatan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP).
􀀘 A.
Melaksanakan kurikulum berdasarkan 8 muatan KTSP
􀀘 B.
Melaksanakan kurikulum berdasarkan 7 muatan KTSP
􀀘 C.
Melaksanakan kurikulum berdasarkan 6 muatan KTSP
􀀘 D.
Melaksanakan kurikulum berdasarkan 5 atau kurang muatan KTSP
􀀘 E.
Tidak melaksanakan KTSP


      PENJELASAN JUKNIS

 Jawaban dibuktikan dengan adanya delapan muatan KTSP yang meliputi:
1) mata Pelajaran;
2) muatan lokal;
3) kegiatan pengembangan diri;
4) pengaturan beban belajar;
5) ketuntasan belajar;
6) kenaikan kelas dan kelulusan;
7) pendidikan kecakapan hidup; dan
8) pendidikan berbasis keunggulan lokal dan global.


    
       INSTRUMEN PENGUMPULAN DATA PENDUKUNG

1. Pelaksanaan kurikulum berdasarkan muatan KTSP (Isi menurut apa yang terjadi di sekolah/madrasah saudara).

No.
Komponen muatan KTSP
1
Mata Pelajaran:
1) ________________________ 6) _________________________
2) ________________________ 7) _________________________
3) ________________________ 8) _________________________
4) ________________________ 9) _________________________
5) ________________________ 10) _________________________
2
Mata pelajaran muatan lokal:
1) ___________________________
2) ___________________________
3
Kegiatan pengembangan diri:
1) ___________________________
2) ___________________________
3) ___________________________
4) ___________________________
4
Pengaturan beban belajar *
5
Ketuntasan belajar:**
1) _____________ KKM=_______ 6) ________________ KKM=____
2) _____________ KKM=_______ 7) ________________ KKM=____
3) _____________ KKM=_______ 8) ________________ KKM=____
4) _____________ KKM=_______ 9) ________________ KKM=____
5) _____________ KKM=_______ 10) ________________ KKM=____




BUTIR INSTRUMEN No 2


INSTRUMEN

2.
Sekolah/Madrasah mengembangkan kurikulum dengan melibatkan pihak terkait berpedoman pada panduan penyusunan kurikulum yang disusun oleh BSNP.
􀀘 A.
Mengembangkan kurikulum bersama kepala sekolah, seluruh guru, komite sekolah/ madrasah atau penyelenggara lembaga pendidikan dan tokoh pendidikan setempat
􀀘 B.
Mengembangkan kurikulum bersama kepala sekolah, seluruh guru, dan komite sekolah/ madrasah atau penyelenggara lembaga pendidikan
􀀘 C.
Mengembangkan kurikulum bersama kepala sekolah dan seluruh guru
􀀘 D.
Mengembangkan kurikulum bersama kepala sekolah dibantu beberapa orang guru
􀀘 E.
Tidak mengembangkan kurikulum

JUKNIS

 2.
Keterlibatan pengembangan kurikulum dibuktikan dengan berita acara rapat dan tanda tangan dari berbagai pihak yang terlibat. Bagi sekolah/ madrasah yang belum memiliki komite sekolah/madrasah, dapat digantikan oleh yayasan atau lembaga penyelenggara pendidikan atau sejenisnya. Contoh tokoh pendidikan di daerah antara lain: tokoh agama, penyelenggara pendidikan, dosen, ketua PGRI, pengawas, kepala sekolah, guru senior (telah berpengalaman).


DATA PENDUKUNG

Pihak-pihak yang terlibat dalam pengembangan kurikulum.

No.
Pihak-pihak yang terlibat
1

2

3



BUTIR INSTRUMEN No 3


INSTRUMEN


3.
Sekolah/Madrasah mengembangkan kurikulum dengan menggunakan prinsip pengembangan KTSP.
􀀘 A.
Mengembangkan kurikulum dengan menggunakan 7 prinsip pengembangan KTSP
􀀘 B.
Mengembangkan kurikulum dengan menggunakan 5 — 6 prinsip pengembangan KTSP
􀀘 C.
Mengembangkan kurikulum dengan menggunakan 3 — 4 prinsip pengembangan KTSP
􀀘 D.
Mengembangkan kurikulum dengan menggunakan 1 — 2 prinsip pengembangan KTSP
􀀘 E.
Tidak mengembangkan kurikulum


JUKNIS


 Pengembangan kurikulum dilaksanakan dengan menggunakan prinsip:
1) berpusat pada potensi, perkembangan, kebutuhan, dan kepentingan siswa dan lingkungannya;
2) beragam dan terpadu;
3) tanggap terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni;
4) relevan dengan kebutuhan kehidupan;
5) menyeluruh dan berkesinambungan;
6) belajar sepanjang hayat; dan
7) seimbang antara kepentingan nasional dan daerah.
Jawaban dibuktikan dengan mengecek referensi yang terdapat dalam dokumen tertulis pengembangan kurikulum


DATA PENDUKUNG

Prinsip pengembangan KTSP sekolah/madrasah
No.
Prinsip pengembangan KTSP
1

2

3

4

5

6


BUTIR INSTRUMEN No 4


INSTRUMEN

4.
Sekolah/Madrasah melaksanakan pengembangan kurikulum melalui mekanisme penyusunan KTSP.
􀀘 A.
Mekanisme penyusunan kurikulum dilakukan melalui 7 kegiatan pokok
􀀘 B.
Mekanisme penyusunan kurikulum dilakukan melalui 5 — 6 (enam) kegiatan pokok
􀀘 C.
Mekanisme penyusunan kurikulum dilakukan melalui 3 — 4 kegiatan pokok
􀀘 D.
Mekanisme penyusunan kurikulum dilakukan melalui 1 — 2 kegiatan pokok
􀀘 E.
Tidak mengembangkan kurikulum


JUKNIS


 Mekanisme penyusunan KTSP dilakukan dengan cara:
1) melibatkan tim penyusun (guru, konselor, kepala sekolah/madrasah, komite sekolah/madrasah);
2) dilakukan melalui workshop;
3) kegiatan reviu dan revisi;
4) menghadirkan narasumber;
5) finalisasi KTSP;
6) pemantapan dan penilaian; dan
7) pendokumentasian hasil penyusunan kurikulum.

Jawaban dibuktikan dengan dokumen kegiatan di atas dan berita acara yang menyertainya.


DATA PENDUKUNG

Mekanisme yang dilalui dalam penyusunan KTSP
No.
Mekanisme yang dilalui
1

2

3

4

5

6


BUTIR INSTRUMEN No 5


INSTRUMEN
5.
Sekolah/Madrasah melaksanakan kurikulum dalam bentuk pengajaran berdasarkan prinsip pelaksanaan kurikulum.
􀀘 A.
Melaksanakan kurikulum berdasarkan 7 prinsip pelaksanaan
􀀘 B.
Melaksanakan kurikulum berdasarkan 5 — 6 prinsip pelaksanaan kurikulum
􀀘 C.
Melaksanakan kurikulum berdasarkan 3 — 4 prinsip pelaksanaan
􀀘 D.
Melaksanakan kurikulum berdasarkan 1 — 2 prinsip pelaksanaan
􀀘 E.
Tidak melaksanakan kurikulum berdasarkan prinsip dimaksud


JUKNIS

Tujuh prinsip pelaksanaan kurikulum.

1)        Siswa harus mendapatkan layanan pendidikan yang bermutu, serta memperoleh
kesempatan untuk mengekspresikan dirinya secara bebas, dinamis, dan menyenangkan.
2) Menegakkan 5 pilar belajar:
(a) belajar untuk beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa,
(b) belajar untuk memahami dan menghayati,
(c) belajar untuk mampu melaksanakan dan berbuat secara efektif,
(d) belajar untuk hidup bersama dan berguna bagi orang lain, dan
(e) belajar untuk membangun dan menemukan jati diri, melalui proses pembelajaran
     yang aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan.
3) Siswa mendapatkan layanan yang bersifat perbaikan, pengayaan, dan, percepatan.

4) Suasana hubungan siswa dan guru yang saling menerima dan menghargai, akrab,
    terbuka, dan hangat.
5) Menggunakan pendekatan multistrategi dan multimedia, sumber belajar dan teknologi yang memadai, dan memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar.
6) Mendayagunakan kondisi alam, sosial dan budaya, serta kekayaan daerah.
7) Diselenggarakan dalam keseimbangan, keterkaitan, dan kesinambungan yang cocok
     dan memadai antar kelas dan jenis serta jenjang pendidikan.

Jawaban dibuktikan dengan melakukan observasi dan wawancara secara acak pada warga sekolah/madrasah, serta melihat ketersediaan:
1)   dokumen pelaksanaan pengembangan diri untuk layanan pendidikan yang bermutu,
serta memperoleh kesempatan untuk mengekspresikan dirinya secara bebas, dinamis, dan menyenangkan;
2)   dokumen yang memuat kegiatan ke-5 pilar pembelajaran, contoh: Pengajian/Siraman rohani, PMR, pramuka, dll.;
3)   dokumen program perbaikan dan pengayaan untuk perbaikan layanan
pembelajaran;
4) dokumen tambahan jam pembelajaran untuk prinsip pengayaan layanan
pembelajaran;
5) dokumen pembelajaran di alam untuk prinsip mendayagunakan kondisi alam;
6) dokumen kegiatan sosial dan budaya untuk prinsip mendayagunakan kondisi sosial    
budaya;
7) dokumen KTSP yang memuat komponen kompetensi mata pelajaran, muatan lokal dan pengembangan diri.

 DATA PENDUKUNG


Prinsip pelaksanaan KTSP.

No.
Prinsip pelaksanaan KTSP
1

2

3

4

5

6


Thanks for reading Butir Instrumen Akreditasi Nomor 1 sampai 5

Related Posts

Your Comments

No comments:

Copyright © DEDE AKSESORIS. All rights reserved. Template by CB Blogger