Berkas selanjutnya yaitu Butir Instrumen Akreditasi yang dimulai dari point 16 sampai dengan point 20. Jika bermanfaat untuk anda silahkan untuk mencopy paste redaksi dibawah ini baik untuk sekolah maupun untuk madrasah. BAS-SM akan terus melakukan update terbaru dari berkas berkas akreditasi.
BUTIR INSTRUMEN No 16
INSTRUMEN
16.
|
Sekolah/Madrasah
menentukan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) setiap mata pelajaran melalui
rapat dewan guru.
|
A.
|
Sebanyak 4 atau
lebih mata pelajaran dengan KKM sama dengan 75,00 atau lebih
|
B.
|
Sebanyak 3 mata
pelajaran dengan KKM sama dengan 75,00 atau lebih
|
C.
|
Sebanyak 2 mata
pelajaran dengan KKM sama dengan 75,00 atau lebih
|
D.
|
Sebanyak 1 mata
pelajaran dengan KKM sama dengan 75,00 atau lebih
|
E.
|
Tidak ada mata
pelajaran dengan KKM sama dengan 75,00 atau lebih
|
JUKNIS
Jawaban
dibuktikan dengan dokumen rapat dewan guru yang membahas penetapan KKM
tiap-tiap mata pelajaran dan hasil KKM yang ditetapkan
DATA
PENDUKUNG
KKM
mata pelajaran.
No.
|
Mata pelajaran
|
Nilai KKM (1-100)
|
|
1
|
|||
2
|
|||
3
|
|||
4
|
|||
5
|
|||
6
|
|||
7
|
|||
8
|
|||
9
|
|||
BUTIR INSTRUMEN No 17
INSTRUMEN
17.
|
Sekolah/Madrasah
menentukan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dengan memperhatikan unsur: (1)
karakteristik siswa, (2) karakteristik mata pelajaran, dan (3) kondisi satuan
pendidikan.
|
A.
|
Menentukan KKM
dengan memperhatikan 3 unsur melalui rapat dewan guru
|
B.
|
Menentukan KKM
dengan memperhatikan 2 unsur melalui rapat dewan guru
|
C.
|
Menentukan KKM
dengan memperhatikan 1 unsur melalui rapat dewan guru
|
D.
|
Menentukan KKM
tanpa memperhatikan 3 unsur melalui rapat dewan guru
|
E.
|
Menentukan KKM
tanpa memperhatikan 3 unsur dan tidak melalui rapat dewan guru
|
JUKNIS
Karakteristik
siswa antara lain dimaknai dengan tingkat perkembangan siswa baik psikologis,
sosial, maupun latar belakang lingkungannya.
Karakteristik
mata pelajaran dimaknai dengan tingkat kesulitan SK/KD tiap-tiap mata
pelajaran.
Kondisi
sekolah/madrasah dimaknai dengan kelengkapan sarana dan prasarana serta mutu
guru.
Jawaban
dibuktikan dengan dokumen proses penentuan KKM tiap mata pelajara
DATA
PENDUKUNG
Aspek
yang diperhatikan dalam penentuan KKM.
No.
|
Aspek yang diperhatikan
|
Ya
|
Tidak
|
1
|
Karakteristik
siswa
|
||
2
|
Karakteristik mata
pelajaran
|
||
3
|
Kondisi
sekolah/madrasah
|
*) isilah dengan
memberi tanda (√) pada kolom “ya” atau “tidak
BUTIR INSTRUMEN No 18
INSTRUMEN
18.
|
Sekolah/Madrasah
menjadwalkan awal tahun pelajaran, minggu efektif, pembelajaran efektif, dan
hari libur pada kalender akademik yang dimiliki.
|
A.
|
Menyusun kalender
akademik sekolah secara rinci dan jelas
|
B.
|
Menyusun kalender
akademik sekolah secara rinci
|
C.
|
Menyusun kalender
akademik sekolah secara kurang rinci
|
D.
|
Menyusun kalender
akademik sekolah secara tidak rinci
|
E.
|
Tidak memiliki
kalender akademik
|
JUKNIS
Minimal
ada 4 jadwal kegiatan pada kalender akademik antara lain:
1) awal tahun pelajaran;
2) minggu efektif belajar;
3) waktu pembelajaran efektif; dan
4) hari libur.
Kalender
akademik sekolah/madrasah disusun berdasarkan standar isi dengan memperhatikan
ketentuan dari pemerintah/pemerintah daerah.
Kata
”rinci” yang dimaksud adalah penjelasan tentang kapan waktu ulangan, kegiatan
ekstrakurikuler siswa, pembagian rapor, rapat dengan komite sekolah, dan
sejenisnya.
Jawaban
dibuktikan dengan mengecek kalender pendidikan sekolah/madrasah.
DATA
PENDUKUNG
Komponen
kalender akademik sekolah/madrasah
No.
|
Komponen
|
Ketersediaan
|
|
Ada
|
tidak
|
||
1
|
Jadwal awal tahun
pelajaran
|
||
2
|
Minggu efektif
|
||
3
|
Pembelajaran
efektif
|
||
4
|
Hari libur
|
Keterangan: * Isilah tanda ceklis () pada
kolom jawaban “Ketersediaan”
BUTIR
INSTRUMEN No 19
INSTRUMEN
19.
|
Setiap mata pelajaran memiliki RPP
yang dijabarkan dari silabus.
|
A.
|
Sebanyak sepuluh mata pelajaran
atau lebih memiliki RPP yang dijabarkan dari silabus
|
B.
|
Sebanyak 7 — 9 mata pelajaran memiliki
RPP yang dijabarkan dari silabus
|
C.
|
Sebanyak 4 — 6 mata pelajaran
memiliki RPP yang dijabarkan dari silabus
|
D.
|
Sebanyak 1 — 3 mata pelajaran
memiliki RPP yang dijabarkan dari silabus
|
E.
|
Tidak ada mata pelajaran yang
memiliki RPP yang dijabarkan dari silabus
|
19.
|
Setiap mata pelajaran memiliki Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dengan mengintegrasikan pendidikan karakter
yang dijabarkan dari silabus.
|
A.
|
Sebanyak 8 atau lebih mata pelajaran
memiliki RPP denganmengintegrasikan pendidikan karakter yang dijabarkan dari silabus
|
B.
|
Sebanyak 6-7 mata pelajaran memiliki RPP
dengan mengintegrasikan pendidikan karakter yang dijabarkan dari silabus
|
C.
|
Sebanyak 4-5 mata pelajaran memiliki RPP
dengan mengintegrasikan pendidikan karakter yang dijabarkan dari silabus
|
D.
|
Sebanyak 2-3 mata pelajaran memiliki RPP
dengan mengintegrasikan pendidikan karakter yang dijabarkan dari silabus
|
E.
|
Sebanyak 1 atau tidak ada mata pelajaran
memiliki RPP dengan mengintegrasikan pendidikan karakter yang dijabarkan dari
silabus
|
JUKNIS
RPP dengan
mengintegrasikan pendidikan karakter yang dikembangkan
guru memuat
1)
identitas mata pelajaran;
2) standar kompetensi (SK);
3) kompetensi dasar (KD) dari silabus yang akan dicapai;
4) indikator pencapaian kompetensi;
5) tujuan pembelajaran;
6) materi ajar;
7) alokasi waktu yang diperlukan;
8) metode pembelajaran;
9) kegiatan pembelajaran;
10) penilaian hasil belajar; dan
11) sumber belajar.
Jawaban
dibuktikan dengan RPP buatan guru yang dijabarkan dari silabus.
DATA
PENDUKUNG
Mata
pelajaran yang memiliki RPP dengan lengkap.
No.
|
Mata pelajaran
|
Kelas *)
|
|||||
I
|
II
|
III
|
IV
|
V
|
VI
|
||
1
|
|||||||
2
|
|||||||
3
|
|||||||
4
|
|||||||
5
|
|||||||
6
|
|||||||
7
|
|||||||
8
|
|||||||
9
|
|||||||
10
|
|||||||
11
|
|||||||
12
|
Keterangan: * Isilah dengan tanda ceklis (√)
pada kolom kelas.
BUTIR
INSTRUMEN No 20
INSTRUMEN
20.
|
RPP disusun dengan
memperhatikan 6 prinsip penyusunan.
|
|
A.
|
Sebanyak 76% —
100% RPP sudah memperhatikan 6 prinsip penyusunan
|
|
B.
|
Sebanyak 51% — 75%
RPP sudah memperhatikan 6 prinsip penyusunan
|
|
C.
|
Sebanyak 26% — 50%
RPP sudah memperhatikan 6 prinsip penyusunan
|
|
D.
|
Sebanyak 1% — 25%
RPP sudah memperhatikan 6 prinsip penyusunan
|
|
E.
|
Tidak ada RPP yang
memperhatikan prinsip 6 prinsip penyusunan
|
|
JUKNIS
Prinsip-prinsip
penyusunan RPP yaitu:
1) memperhatikan perbedaan individu siswa;
2) mendorong partisipasi aktif siswa;
3) mengembangkan budaya membaca dan menulis;
4) memberikan umpan balik dan tindak lanjut; dan
5) keterkaitan dan keterpaduan antara SK, KD, materi, kegiatan
pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi, penilaian, dan sumber belajar.
6) menerapkan teknologi informasi dan komunikasi.
Jawaban
dibuktikan dengan mengecek RPP dan tanda tangan/paraf kepala sekolah/ madrasah
DATA
PENDUKUNG
Mata
pelajaran yang RPP-nya telah memenuhi 6 prinsip penyusunan RPP.
Thanks for reading Butir Instrumen Akreditasi Nomor 16 sampai 20
No comments:
Post a Comment