Butir Instrumen Akreditasi Nomor 16 sampai 20 | DEDE AKSESORIS

Tuesday, February 6, 2018

Butir Instrumen Akreditasi Nomor 16 sampai 20

February 06, 2018
Berkas selanjutnya yaitu Butir Instrumen Akreditasi yang dimulai dari point 16 sampai dengan point 20. Jika bermanfaat untuk anda silahkan untuk mencopy paste redaksi dibawah ini baik untuk sekolah maupun untuk madrasah. BAS-SM akan terus melakukan update terbaru dari berkas berkas akreditasi.






BUTIR INSTRUMEN No 16

INSTRUMEN

16.
Sekolah/Madrasah menentukan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) setiap mata pelajaran melalui rapat dewan guru.
􀀘 A.
Sebanyak 4 atau lebih mata pelajaran dengan KKM sama dengan 75,00 atau lebih
􀀘 B.
Sebanyak 3 mata pelajaran dengan KKM sama dengan 75,00 atau lebih
􀀘 C.
Sebanyak 2 mata pelajaran dengan KKM sama dengan 75,00 atau lebih
􀀘 D.
Sebanyak 1 mata pelajaran dengan KKM sama dengan 75,00 atau lebih
􀀘 E.
Tidak ada mata pelajaran dengan KKM sama dengan 75,00 atau lebih


JUKNIS

Jawaban dibuktikan dengan dokumen rapat dewan guru yang membahas penetapan KKM tiap-tiap mata pelajaran dan hasil KKM yang ditetapkan


DATA  PENDUKUNG
KKM mata pelajaran.

No.
Mata pelajaran
Nilai KKM (1-100)
1


2


3


4


5


6


7


8


9




BUTIR INSTRUMEN No 17

INSTRUMEN

17.
Sekolah/Madrasah menentukan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dengan memperhatikan unsur: (1) karakteristik siswa, (2) karakteristik mata pelajaran, dan (3) kondisi satuan pendidikan.
􀀘 A.
Menentukan KKM dengan memperhatikan 3 unsur melalui rapat dewan guru
􀀘 B.
Menentukan KKM dengan memperhatikan 2 unsur melalui rapat dewan guru
􀀘 C.
Menentukan KKM dengan memperhatikan 1 unsur melalui rapat dewan guru
􀀘 D.
Menentukan KKM tanpa memperhatikan 3 unsur melalui rapat dewan guru
􀀘 E.
Menentukan KKM tanpa memperhatikan 3 unsur dan tidak melalui rapat dewan guru


JUKNIS

Karakteristik siswa antara lain dimaknai dengan tingkat perkembangan siswa baik psikologis, sosial, maupun latar belakang lingkungannya.
Karakteristik mata pelajaran dimaknai dengan tingkat kesulitan SK/KD tiap-tiap mata pelajaran.
Kondisi sekolah/madrasah dimaknai dengan kelengkapan sarana dan prasarana serta mutu guru.
Jawaban dibuktikan dengan dokumen proses penentuan KKM tiap mata pelajara


DATA PENDUKUNG

Aspek yang diperhatikan dalam penentuan KKM.
No.
Aspek yang diperhatikan
Ya
Tidak
1
Karakteristik siswa


2
Karakteristik mata pelajaran


3
Kondisi sekolah/madrasah


*) isilah dengan memberi tanda (√) pada kolom “ya” atau “tidak



BUTIR INSTRUMEN No 18

INSTRUMEN

18.
Sekolah/Madrasah menjadwalkan awal tahun pelajaran, minggu efektif, pembelajaran efektif, dan hari libur pada kalender akademik yang dimiliki.
􀀘 A.
Menyusun kalender akademik sekolah secara rinci dan jelas
􀀘 B.
Menyusun kalender akademik sekolah secara rinci
􀀘 C.
Menyusun kalender akademik sekolah secara kurang rinci
􀀘 D.
Menyusun kalender akademik sekolah secara tidak rinci
􀀘 E.
Tidak memiliki kalender akademik


JUKNIS

Minimal ada 4 jadwal kegiatan pada kalender akademik antara lain:
1) awal tahun pelajaran;
2) minggu efektif belajar;
3) waktu pembelajaran efektif; dan
4) hari libur.

Kalender akademik sekolah/madrasah disusun berdasarkan standar isi dengan memperhatikan ketentuan dari pemerintah/pemerintah daerah.
Kata ”rinci” yang dimaksud adalah penjelasan tentang kapan waktu ulangan, kegiatan ekstrakurikuler siswa, pembagian rapor, rapat dengan komite sekolah, dan sejenisnya.
Jawaban dibuktikan dengan mengecek kalender pendidikan sekolah/madrasah.


DATA PENDUKUNG
Komponen kalender akademik sekolah/madrasah

No.
Komponen
Ketersediaan
Ada
tidak
1
Jadwal awal tahun pelajaran


2
Minggu efektif


3
Pembelajaran efektif


4
Hari libur


Keterangan: * Isilah tanda ceklis (􀀹) pada kolom jawaban “Ketersediaan”





BUTIR INSTRUMEN No 19

INSTRUMEN
19.
Setiap mata pelajaran memiliki RPP yang dijabarkan dari silabus.
􀀘 A.
Sebanyak sepuluh mata pelajaran atau lebih memiliki RPP yang dijabarkan dari silabus
􀀘 B.
Sebanyak 7 — 9 mata pelajaran memiliki RPP yang dijabarkan dari silabus
􀀘 C.
Sebanyak 4 — 6 mata pelajaran memiliki RPP yang dijabarkan dari silabus
􀀘 D.
Sebanyak 1 — 3 mata pelajaran memiliki RPP yang dijabarkan dari silabus
􀀘 E.
Tidak ada mata pelajaran yang memiliki RPP yang dijabarkan dari silabus



19.
 Setiap mata pelajaran memiliki Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dengan mengintegrasikan pendidikan karakter yang dijabarkan dari silabus.
A.
  Sebanyak 8 atau lebih mata pelajaran memiliki RPP denganmengintegrasikan pendidikan karakter yang dijabarkan dari silabus
B.
 Sebanyak 6-7 mata pelajaran memiliki RPP dengan mengintegrasikan pendidikan karakter yang dijabarkan dari silabus
C.
 Sebanyak 4-5 mata pelajaran memiliki RPP dengan mengintegrasikan pendidikan karakter yang dijabarkan dari silabus
D.
 Sebanyak 2-3 mata pelajaran memiliki RPP dengan mengintegrasikan pendidikan karakter yang dijabarkan dari silabus
E.
 Sebanyak 1 atau tidak ada mata pelajaran memiliki RPP dengan mengintegrasikan pendidikan karakter yang dijabarkan dari silabus






JUKNIS
RPP dengan mengintegrasikan pendidikan karakter yang dikembangkan
guru memuat
 1) identitas mata pelajaran;
2) standar kompetensi (SK);
3) kompetensi dasar (KD) dari silabus yang akan dicapai;
4) indikator pencapaian kompetensi;
5) tujuan pembelajaran;
6) materi ajar;
7) alokasi waktu yang diperlukan;
8) metode pembelajaran;
9) kegiatan pembelajaran;
10) penilaian hasil belajar; dan
11) sumber belajar.
Jawaban dibuktikan dengan RPP buatan guru yang dijabarkan dari silabus.

DATA PENDUKUNG

Mata pelajaran yang memiliki RPP dengan lengkap.
No.
Mata pelajaran
Kelas   *)
I
II
III
IV
V
VI
1







2







3







4







5







6







7







8







9







10







11







12







Keterangan: * Isilah dengan tanda ceklis (√) pada kolom kelas.




BUTIR INSTRUMEN No 20

INSTRUMEN
20.
RPP disusun dengan memperhatikan 6 prinsip penyusunan.
􀀘 A.
Sebanyak 76% — 100% RPP sudah memperhatikan 6 prinsip penyusunan
􀀘 B.
Sebanyak 51% — 75% RPP sudah memperhatikan 6 prinsip penyusunan
􀀘 C.
Sebanyak 26% — 50% RPP sudah memperhatikan 6 prinsip penyusunan
􀀘 D.
Sebanyak 1% — 25% RPP sudah memperhatikan 6 prinsip penyusunan
􀀘 E.
Tidak ada RPP yang memperhatikan prinsip 6 prinsip penyusunan


JUKNIS

Prinsip-prinsip penyusunan RPP yaitu:
1) memperhatikan perbedaan individu siswa;
2) mendorong partisipasi aktif siswa;
3) mengembangkan budaya membaca dan menulis;
4) memberikan umpan balik dan tindak lanjut; dan
5) keterkaitan dan keterpaduan antara SK, KD, materi, kegiatan pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi, penilaian, dan sumber belajar.
6) menerapkan teknologi informasi dan komunikasi.

Jawaban dibuktikan dengan mengecek RPP dan tanda tangan/paraf kepala sekolah/ madrasah

DATA PENDUKUNG

Mata pelajaran yang RPP-nya telah memenuhi 6 prinsip penyusunan RPP.

Thanks for reading Butir Instrumen Akreditasi Nomor 16 sampai 20

Related Posts

Your Comments

No comments:

Copyright © DEDE AKSESORIS. All rights reserved. Template by CB Blogger