Butir Instrumen Akreditasi Nomor 36-40 | DEDE AKSESORIS

Sunday, February 11, 2018

Butir Instrumen Akreditasi Nomor 36-40

February 11, 2018
Berkas selanjutnya yaitu Butir Instrumen Akreditasi yang dimulai dari point 36 sampai dengan point 40. Jika bermanfaat untuk anda silahkan untuk mencopy paste redaksi dibawah ini baik untuk sekolah maupun untuk madrasah. BAS-SM akan terus melakukan update terbaru dari berkas berkas akreditasi.






BUTIR INSTRUMEN No 36

JUKNIS

Jawaban dibuktikan dengan dokumen kegiatan yang diikuti setidak-tidaknya oleh 75% siswa seperti: pekan bahasa, seni dan budaya, pentas seni, pameran lukisan, teater, latihan tari, latihan musik, keterampilan membuat karya seni, dan lain sebagainya.


INSTRUMEN
36.

Siswa memperoleh pengalaman belajar yang menunjukkan kemampuan untuk melakukan kegiatan seni dan budaya lokal.
􀀘 A.
Dalam satu tahun terakhir, sekolah/madrasah melaksanakan atau memfasilitasi 4 jenis/kali kegiatan seni dan budaya lokal
􀀘 B.
Dalam satu tahun terakhir, sekolah/madrasah melaksanakan atau memfasilitasi 3 jenis/kali kegiatan seni dan budaya lokal
􀀘 C.
Dalam satu tahun terakhir, sekolah/madrasah melaksanakan atau memfasilitasi 2 jenis/kali kegiatan seni dan budaya lokal
􀀘 D.
Dalam satu tahun terakhir, sekolah/madrasah melaksanakan atau memfasilitasi 1 jenis/kali kegiatan seni dan budaya lokal
􀀘 E.
Dalam satu tahun terakhir, sekolah/madrasah tidak melaksanakan atau memfasilitasi kegiatan seni dan budaya lokal




DATA  PENDUKUNG

Kegiatan seni budaya lokal.

No.
Jenis kegiatan
Jumlah siswa yang mengikuti
1.     


2.     


3.     


4.     


5.     


6.     


7.     


8.     






 BUTIR INSTRUMEN No 37

INSTRUMEN
37.
Dalam satu tahun terakhir, siswa memperoleh pengalaman belajar untuk dapat mematuhi aturan-aturan sosial yang berlaku di lingkungannya.
􀀘 A.
Tidak ada siswa yang melanggar peraturan sekolah (terlambat masuk, membolos, tidak berseragam, berkelahi, dan lainnya)
􀀘 B.
Kurang dari 5% siswa yang melanggar peraturan sekolah (terlambat masuk, membolos, tidak berseragam, berkelahi, dan lainnya)
􀀘 C.
Antara 6 — 10% siswa yang melanggar peraturan sekolah (terlambat masuk, membolos, tidak berseragam, berkelahi, dan lainnya)
􀀘 D.
Antara 11 — 15% siswa yang melanggar peraturan sekolah (terlambat masuk, membolos, tidak berseragam, berkelahi, dan lainnya)
􀀘 E.
Lebih dari 15% siswa yang melanggar peraturan sekolah (terlambat masuk, membolos, tidak berseragam, berkelahi, dan lainnya)

JUKNIS
Sekolah/Madrasah memiliki peraturan yang di dalamnya mengatur keterlibatan siswa untuk menegakkan aturan tata tertib sekolah/ madrasah.
Jawaban dibuktikan dengan dokumen tata tertib sekolah/madrasah, bukti pelaksanaan sosialisasi tata tertib, catatan pelanggaran, catatan pemberian sanksi, catatan penyuluhan narkoba dan lain-lain. Sekolah/Madrasah memiliki peraturan yang di dalamnya mengatur keterlibatan siswa untuk menegakkan aturan tata tertib sekolah/ madrasah.

Jawaban dibuktikan dengan dokumen tata tertib sekolah/madrasah, bukti pelaksanaan sosialisasi tata tertib, catatan pelanggaran, catatan pemberian sanksi, catatan penyuluhan narkoba dan lain-lain.

DATA PENDUKUNG
Kegiatan siswa untuk mematuhi aturan-aturan sosial yang berlaku dalam
Lingkungannya
No.
Jenis Kegiatan
Waktu pelaksanaan
Jumlah siswa yang mengikuti
1.     



2.     



3.     



4.     



5.     



6.     



7.     



8.     






BUTIR INSTRUMEN No 38

INSTRUMEN
38.
Dalam setahun terakhir siswa memperoleh pengalaman belajar yang dapat menunjukkan kecintaan dan kebanggaan terhadap bangsa, negara dan tanah air Indonesia.
􀀘 A.
Sekolah/madrasah mengadakan 4 kali atau lebih kegiatan yang mampu menumbuhkan kecintaan dan kebanggaan terhadap bangsa, negara, dan tanah air Indonesia
􀀘 B.
Sekolah/madrasah mengadakan 3 kali kegiatan yang mampu menumbuhkan kecintaan dan kebanggaan terhadap bangsa, negara, dan tanah air Indonesia
􀀘 C.
Sekolah/madrasah mengadakan 2 kali kegiatan yang mampu menumbuhkan kecintaan dan kebanggaan terhadap bangsa, negara, dan tanah air Indonesia
􀀘 D.
Sekolah/madrasah mengadakan 1 kali kegiatan yang mampu menumbuhkan kecintaan dan kebanggaan terhadap bangsa, negara, dan tanah air Indonesia
􀀘 E.
Sekolah/madrasah tidak pernah mengadakan kegiatan yang mampu menumbuhkan kecintaan dan kebanggaan terhadap bangsa, negara, dan tanah air Indonesia

JUKNIS

Jawaban dibuktikan dengan dokumen kegiatan satu tahun terakhir yang melibatkan siswa secara aktif dalam:
1) diskusi tentang keberagaman budaya berbagai bangsa;
2) peringatan hari-hari besar nasional dan internasional;
3) peringatan hari-hari besar keagamaan;
4) pentas seni budaya berbagai negara;
5) bulan bahasa (nasional dan internasional); dan lain-lain.


DATA PENDUKUNG
Kegiatan belajar siswa yang menunjukkan kecintaan dan kebanggaan terhadap
bangsa, negara, dan tanah air Indonesia.
No.
Jenis kegiatan
Jumlah siswa yang mengikuti
1.     


2.     


3.     


4.     


5.     


6.     


7.     





BUTIR INSTRUMEN No 39

INSTRUMEN
39.
Siswa memperoleh pengalaman belajar yang menunjukkan kebiasaan hidup bersih, sehat, bugar, aman dan memanfaatkan waktu luang.
􀀘 A.
Sekolah/Madrasah tiap pekan menyelenggarakan kegiatan kebersihan
􀀘 B.
Sekolah/Madrasah setiap bulan menyelenggarakan kegiatan kebersihan
􀀘 C.
Sekolah/Madrasah setiap triwulan menyelenggarakan kegiatan kebersihan
􀀘 D.
Sekolah/Madrasah setiap semester menyelenggarakan kegiatan kebersihan
􀀘 E.
Sekolah/Madrasah tidak pernah menyelenggarakan kegiatan kebersihan


JUKNIS

Jawaban dibuktikan dengan adanya dokumen kegiatan pembiasaan hidup bersih, sehat, bugar, aman dan memanfaatkan waktu luang seperti:
1) kegiatan bersih seperti 5K;
2) lomba sekolah sehat;
3) pekan olahraga sekolah;
4) polisi siswa;
5) pembiasaan cuci tangan;
6) praktik gosok gigi yang benar, dan lain-lain

DATA PENDUKUNG

Kegiatan belajar siswa yang menunjukkan kebiasaan hidup bersih, sehat, bugar,
aman, dan memanfaatkan waktu luang.

No.
Jenis kegiatan
Jumlah siswa yang mengikuti
1.     


2.     


3.     


4.     


5.     


6.     


7.     





BUTIR INSTRUMEN No 40

INSTRUMEN
40.
Siswa memperoleh pengalaman belajar untuk dapat menjalankan ajaran agama yang dianut sesuai dengan tahap perkembangan anak.
􀀘 A.
Sekolah/madrasah setiap minggu menyelenggarakan 4 jenis atau lebih kegiatan pembelajaran agama yang dianut sesuai dengan tahap perkembangan anak
􀀘 B.
Sekolah/madrasah setiap minggu menyelenggarakan 3 jenis kegiatan pembelajaran agama yang dianut sesuai dengan tahap perkembangan anak
􀀘 C.
Sekolah/madrasah setiap minggu menyelenggarakan 2 jenis kegiatan pembelajaran agama yang dianut sesuai dengan tahap perkembangan anak
􀀘 D.
Sekolah/madrasah setiap minggu menyelenggarakan 1 jenis kegiatan pembelajaran agama yang dianut sesuai dengan tahap perkembangan anak
􀀘 E.
Sekolah/madrasah setiap minggu tidak menyelenggarakan kegiatan pembelajaran agama yang dianut sesuai dengan tahap perkembangan anak


JUKNIS

Jawaban dibuktikan dengan adanya dokumen kegiatan:
1) pembiasaan memberi salam;
2) pembiasaan membaca doa;
3) pembiasaan beribadah sesuai dengan agamanya;
4) penyelenggaraan berbagai kegiatan lain yang bernuansa keagamaan.

DATA  PENDUKUNG

Kegiatan belajar siswa memperoleh pengalaman menjalankan ajaran agama
yang dianut sesuai dengan tahap perkembangan anak.

No.
Jenis kegiatan
Jumlah siswa yang mengikuti
1.     


2.     


3.     


4.     


5.     


6.     


7.     























Thanks for reading Butir Instrumen Akreditasi Nomor 36-40

Related Posts

Your Comments

No comments:

Copyright © DEDE AKSESORIS. All rights reserved. Template by CB Blogger