BUTIR INSTRUMEN No 36
JUKNIS
Jawaban dibuktikan dengan dokumen kegiatan yang diikuti setidak-tidaknya oleh 75% siswa seperti: pekan bahasa, seni dan budaya, pentas seni, pameran lukisan, teater, latihan tari, latihan musik, keterampilan membuat karya seni, dan lain sebagainya.
INSTRUMEN
36.
|
Siswa memperoleh
pengalaman belajar yang menunjukkan kemampuan untuk melakukan kegiatan seni
dan budaya lokal.
|
A.
|
Dalam satu tahun
terakhir, sekolah/madrasah melaksanakan atau memfasilitasi 4 jenis/kali
kegiatan seni dan budaya lokal
|
B.
|
Dalam satu tahun
terakhir, sekolah/madrasah melaksanakan atau memfasilitasi 3 jenis/kali
kegiatan seni dan budaya lokal
|
C.
|
Dalam satu tahun
terakhir, sekolah/madrasah melaksanakan atau memfasilitasi 2 jenis/kali
kegiatan seni dan budaya lokal
|
D.
|
Dalam satu tahun
terakhir, sekolah/madrasah melaksanakan atau memfasilitasi 1 jenis/kali
kegiatan seni dan budaya lokal
|
E.
|
Dalam satu tahun
terakhir, sekolah/madrasah tidak melaksanakan atau memfasilitasi kegiatan
seni dan budaya lokal
|
DATA
PENDUKUNG
Kegiatan
seni budaya lokal.
No.
|
Jenis kegiatan
|
Jumlah siswa yang mengikuti
|
1.
|
||
2.
|
||
3.
|
||
4.
|
||
5.
|
||
6.
|
||
7.
|
||
8.
|
BUTIR INSTRUMEN No 37
INSTRUMEN
37.
|
Dalam satu tahun
terakhir, siswa memperoleh pengalaman belajar untuk dapat mematuhi
aturan-aturan sosial yang berlaku di lingkungannya.
|
A.
|
Tidak ada siswa
yang melanggar peraturan sekolah (terlambat masuk, membolos, tidak
berseragam, berkelahi, dan lainnya)
|
B.
|
Kurang dari 5%
siswa yang melanggar peraturan sekolah (terlambat masuk, membolos, tidak
berseragam, berkelahi, dan lainnya)
|
C.
|
Antara 6 — 10%
siswa yang melanggar peraturan sekolah (terlambat masuk, membolos, tidak
berseragam, berkelahi, dan lainnya)
|
D.
|
Antara 11 — 15%
siswa yang melanggar peraturan sekolah (terlambat masuk, membolos, tidak
berseragam, berkelahi, dan lainnya)
|
E.
|
Lebih dari 15%
siswa yang melanggar peraturan sekolah (terlambat masuk, membolos, tidak
berseragam, berkelahi, dan lainnya)
|
JUKNIS
Sekolah/Madrasah
memiliki peraturan yang di dalamnya mengatur keterlibatan siswa untuk
menegakkan aturan tata tertib sekolah/ madrasah.
Jawaban
dibuktikan dengan dokumen tata tertib sekolah/madrasah, bukti pelaksanaan
sosialisasi tata tertib, catatan pelanggaran, catatan pemberian sanksi, catatan
penyuluhan narkoba dan lain-lain. Sekolah/Madrasah memiliki peraturan yang di
dalamnya mengatur keterlibatan siswa untuk menegakkan aturan tata tertib
sekolah/ madrasah.
Jawaban
dibuktikan dengan dokumen tata tertib sekolah/madrasah, bukti pelaksanaan
sosialisasi tata tertib, catatan pelanggaran, catatan pemberian sanksi, catatan
penyuluhan narkoba dan lain-lain.
DATA
PENDUKUNG
Kegiatan siswa untuk
mematuhi aturan-aturan sosial yang berlaku dalam
Lingkungannya
No.
|
Jenis Kegiatan
|
Waktu pelaksanaan
|
Jumlah siswa yang mengikuti
|
1.
|
|||
2.
|
|||
3.
|
|||
4.
|
|||
5.
|
|||
6.
|
|||
7.
|
|||
8.
|
BUTIR INSTRUMEN No 38
INSTRUMEN
38.
|
Dalam setahun
terakhir siswa memperoleh pengalaman belajar yang dapat menunjukkan kecintaan
dan kebanggaan terhadap bangsa, negara dan tanah air Indonesia.
|
A.
|
Sekolah/madrasah
mengadakan 4 kali atau lebih kegiatan yang mampu menumbuhkan kecintaan dan
kebanggaan terhadap bangsa, negara, dan tanah air Indonesia
|
B.
|
Sekolah/madrasah
mengadakan 3 kali kegiatan yang mampu menumbuhkan kecintaan dan kebanggaan
terhadap bangsa, negara, dan tanah air Indonesia
|
C.
|
Sekolah/madrasah
mengadakan 2 kali kegiatan yang mampu menumbuhkan kecintaan dan kebanggaan
terhadap bangsa, negara, dan tanah air Indonesia
|
D.
|
Sekolah/madrasah
mengadakan 1 kali kegiatan yang mampu menumbuhkan kecintaan dan kebanggaan
terhadap bangsa, negara, dan tanah air Indonesia
|
E.
|
Sekolah/madrasah
tidak pernah mengadakan kegiatan yang mampu menumbuhkan kecintaan dan
kebanggaan terhadap bangsa, negara, dan tanah air Indonesia
|
JUKNIS
Jawaban
dibuktikan dengan dokumen kegiatan satu tahun terakhir yang melibatkan siswa
secara aktif dalam:
1) diskusi tentang keberagaman budaya berbagai bangsa;
2) peringatan hari-hari besar nasional dan internasional;
3) peringatan hari-hari besar keagamaan;
4) pentas seni budaya berbagai negara;
5) bulan bahasa (nasional dan internasional); dan lain-lain.
DATA PENDUKUNG
Kegiatan belajar
siswa yang menunjukkan kecintaan dan kebanggaan terhadap
bangsa,
negara, dan tanah air Indonesia.
No.
|
Jenis kegiatan
|
Jumlah siswa yang mengikuti
|
1.
|
||
2.
|
||
3.
|
||
4.
|
||
5.
|
||
6.
|
||
7.
|
BUTIR INSTRUMEN No 39
INSTRUMEN
39.
|
Siswa memperoleh
pengalaman belajar yang menunjukkan kebiasaan hidup bersih, sehat, bugar,
aman dan memanfaatkan waktu luang.
|
A.
|
Sekolah/Madrasah
tiap pekan menyelenggarakan kegiatan kebersihan
|
B.
|
Sekolah/Madrasah
setiap bulan menyelenggarakan kegiatan kebersihan
|
C.
|
Sekolah/Madrasah
setiap triwulan menyelenggarakan kegiatan kebersihan
|
D.
|
Sekolah/Madrasah
setiap semester menyelenggarakan kegiatan kebersihan
|
E.
|
Sekolah/Madrasah
tidak pernah menyelenggarakan kegiatan kebersihan
|
JUKNIS
Jawaban
dibuktikan dengan adanya dokumen kegiatan pembiasaan hidup bersih, sehat,
bugar, aman dan memanfaatkan waktu luang seperti:
1) kegiatan bersih seperti 5K;
2) lomba sekolah sehat;
3) pekan olahraga sekolah;
4) polisi siswa;
5)
pembiasaan cuci tangan;
6)
praktik gosok gigi yang benar, dan lain-lain
DATA
PENDUKUNG
Kegiatan belajar
siswa yang menunjukkan kebiasaan hidup bersih, sehat, bugar,
aman,
dan memanfaatkan waktu luang.
No.
|
Jenis kegiatan
|
Jumlah siswa yang mengikuti
|
1.
|
||
2.
|
||
3.
|
||
4.
|
||
5.
|
||
6.
|
||
7.
|
BUTIR INSTRUMEN No 40
INSTRUMEN
40.
|
Siswa memperoleh
pengalaman belajar untuk dapat menjalankan ajaran agama yang dianut sesuai
dengan tahap perkembangan anak.
|
A.
|
Sekolah/madrasah
setiap minggu menyelenggarakan 4 jenis atau lebih kegiatan pembelajaran agama
yang dianut sesuai dengan tahap perkembangan anak
|
B.
|
Sekolah/madrasah
setiap minggu menyelenggarakan 3 jenis kegiatan pembelajaran agama yang
dianut sesuai dengan tahap perkembangan anak
|
C.
|
Sekolah/madrasah
setiap minggu menyelenggarakan 2 jenis kegiatan pembelajaran agama yang
dianut sesuai dengan tahap perkembangan anak
|
D.
|
Sekolah/madrasah
setiap minggu menyelenggarakan 1 jenis kegiatan pembelajaran agama yang
dianut sesuai dengan tahap perkembangan anak
|
E.
|
Sekolah/madrasah
setiap minggu tidak menyelenggarakan kegiatan pembelajaran agama yang dianut
sesuai dengan tahap perkembangan anak
|
JUKNIS
Jawaban
dibuktikan dengan adanya dokumen kegiatan:
1) pembiasaan memberi salam;
2) pembiasaan membaca doa;
3) pembiasaan beribadah sesuai dengan agamanya;
4) penyelenggaraan berbagai kegiatan lain yang bernuansa keagamaan.
DATA
PENDUKUNG
Kegiatan belajar
siswa memperoleh pengalaman menjalankan ajaran agama
yang
dianut sesuai dengan tahap perkembangan anak.
No.
|
Jenis kegiatan
|
Jumlah siswa yang mengikuti
|
1.
|
||
2.
|
||
3.
|
||
4.
|
||
5.
|
||
6.
|
||
7.
|
Thanks for reading Butir Instrumen Akreditasi Nomor 36-40
No comments:
Post a Comment