Butir Instrumen Akreditasi Nomor 41-45 | DEDE AKSESORIS

Sunday, February 11, 2018

Butir Instrumen Akreditasi Nomor 41-45

February 11, 2018
Berkas selanjutnya yaitu Butir Instrumen Akreditasi yang dimulai dari point 41 sampai dengan point 45. Jika bermanfaat untuk anda silahkan untuk mencopy paste redaksi dibawah ini baik untuk sekolah maupun untuk madrasah. BAS-SM akan terus melakukan update terbaru dari berkas berkas akreditasi.







BUTIR INSTRUMEN No 41


JUKNIS


Jawaban dibuktikan dengan adanya dokumen kegiatan yang diikuti setidak-tidaknya oleh 90% siswa seperti: peringatan hari-hari besar nasional dan internasional, peringatan hari besar keagamaan, pentas seni budaya berbagai negara, bulan bahasa, dan lain-lain.

INSTRUMEN
41.
Siswa memperoleh pengalaman belajar untuk menghargai keberagaman agama, bangsa, suku, ras, dan golongan sosial ekonomi.
􀀘 A.
Dalam satu tahun terakhir, sekolah/madrasah menyelenggarakan 4 kali atau lebih kegiatan pembelajaran untuk menghargai keberagaman agama, bangsa, suku, ras, dan golongan sosial ekonomi
􀀘 B.
Dalam satu tahun terakhir, sekolah/madrasah menyelenggarakan 3 kali kegiatan pembelajaran untuk menghargai keberagaman agama, bangsa, suku, ras, dan golongan sosial ekonomi
􀀘 C.
Dalam satu tahun terakhir, sekolah/madrasah menyelenggarakan 2 kali kegiatan pembelajaran untuk menghargai keberagaman agama, bangsa, suku, ras, dan golongan sosial ekonomi
􀀘 D.
Dalam satu tahun terakhir, sekolah/madrasah menyelenggarakan 1 kali kegiatan pembelajaran untuk menghargai keberagaman agama, bangsa, suku, ras, dan golongan sosial ekonomi
􀀘 E.
Dalam satu tahun terakhir, sekolah/madrasah tidak menyelenggarakan kegiatan pembelajaran untuk menghargai keberagaman agama, bangsa, suku, ras, dan golongan sosial ekonomi




DATA  PENDUKUNG
Kegiatan belajar siswa memperoleh pengalaman menghargai keberagaman
agama, budaya, suku, ras, dan golongan sosial ekonomi di lingkungan sekitar.

No.
Jenis kegiatan
Jumlah siswa yang mengikuti
1.     


2.     


3.     


4.     


5.     


6.     


7.     







BUTIR INSTRUMEN No 42

INSTRUMEN
42.
Siswa memperoleh pengalaman belajar bekerjasama dalam kelompok, tolong-menolong dan menjaga diri sendiri dalam lingkungan keluarga dan teman sebaya.
􀀘 A.
Sebanyak 76% — 100% RPP semua mata pelajaran menggunakan metode belajar secara kelompok (cooperatif learning)
􀀘 B.
Sebanyak 51% — 75% RPP semua mata pelajaran menggunakan metode belajar secara kelompok (cooperatif learning)
􀀘 C.
Sebanyak 26% — 50% RPP semua mata pelajaran menggunakan metode belajar secara kelompok (cooperatif learning)
􀀘 D.
Sebanyak 1% — 25% RPP semua mata pelajaran menggunakan metode belajar secara kelompok (cooperatif learning)
􀀘 E.
Tidak ada RPP mata pelajaran yang menggunakan metode belajar secara kelompok (cooperatif learning)


JUKNIS

Jawaban dibuktikan dengan dokumen RPP yang memuat metode cooperative learning



DATA  PENDUKUNG

Kegiatan belajar siswa memperoleh pengalaman bekerjasama dalam kelompok,
Tolong-menolong dan menjaga diri sendiri dalam lingkungan keluarga dan teman sebaya

No.
Jenis kegiatan
Jumlah siswa yang mengikuti
1.     


2.     


3.     


4.     


5.     


6.     


7.     







BUTIR INSTRUMEN No 43

INSTRUMEN
43.
Siswa memperoleh pengalaman belajar yang menunjukkan kemampuan memecahkan masalah sederhana dalam kehidupan sehari-hari.
􀀘 A.
Sebanyak 76% — 100% RPP semua mata pelajaran menggunakan metode pemecahan masalah (problem solving/problem based learning)
􀀘 B.
Sebanyak 51% — 75% RPP semua mata pelajaran menggunakan metode pemecahan masalah (problem solving/problem based learning)
􀀘 C.
Sebanyak 26% — 50% RPP semua mata pelajaran menggunakan metode pemecahan masalah (problem solving/problem based learning)
􀀘 D.
Sebanyak 1% — 25% RPP semua mata pelajaran menggunakan metode pemecahan masalah (problem solving/problem based learning)
􀀘 E.
Tidak ada RPP mata pelajaran yang menggunakan metode pemecahan masalah (problem solving/problem based learning)


JUKNIS

Jawaban dibuktikan dengan dokumen RPP yang memuat metode problem solving/problem based learning.

DATA  PENDUKUNG
Kegiatan belajar siswa yang berkaitan dengan pemecahan masalah-masalah sederhana dalam kehidupan sehari-hari.

No.
Jenis kegiatan
Jumlah siswa yang mengikuti
1.     


2.     


3.     


4.     


5.     


6.     


7.     








BUTIR INSTRUMEN No 44



INSTRUMEN
44.
Siswa memperoleh pengalaman belajar dalam berkomunikasi baik lisan maupun tulisan.
􀀘 A.
Tersedianya kumpulan karya tulis siswa baik dari penugasan maupun lomba, laporan hasil kunjungan karya wisata/studi lapangan, majalah dinding, dan buletin siswa internal sekolah/madrasah, serta diskusi dan presentasi
􀀘 B.
Tersedianya kumpulan karya tulis siswa baik dari penugasan maupun lomba, laporan hasil kunjungan karya wisata/studi lapangan, dan majalah dinding, serta diskusi dan presentasi
􀀘 C.
Tersedianya kumpulan karya tulis siswa baik dari penugasan maupun lomba, dan laporan hasil kunjungan karya wisata/studi lapangan, serta diskusi dan presentasi
􀀘 D.
Tersedianya kumpulan karya tulis siswa baik dari penugasan maupun lomba, serta diskusi dan presentasi
􀀘 E.
Tidak tersedia kumpulan karya tulis siswa, diskusi, dan presentasi

JUKNIS
Jawaban dibuktikan dengan adanya dokumen kegiatan yang diikuti setidak-tidaknya oleh 90% siswa seperti: penugasan latihan keterampilan menulis siswa, hasil portofolio siswa, buletin internal karya siswa, majalah dinding yang terisi dengan rubrik tulisan terbaru, hasil karya siswa yang memperoleh penghargaan/pujian, latihan drama, daftar para juara lomba pidato serta penulisan karya tulis, laporan kunjungan ke industri, laporan studi kunjungan lapangan seperti ke museum dan lain-lain.



DATA  PENDUKUNG

Kegiatan belajar siswa yang berkaitan dengan berkomunikasi baik lisan maupun tulisan

No.
Jenis kegiatan
Jumlah siswa yang mengikuti
1.     


2.     


3.     


4.     


5.     


6.     


7.     






BUTIR INSTRUMEN No 45

INSTRUMEN
45.
Siswa memperoleh pengalaman belajar yang menunjukkan keterampilan menyimak, berbicara, membaca, menulis, dan berhitung.
􀀘 A.
Sekolah/Madrasah menghasilkan 4 karya siswa atau lebih
􀀘 B.
Sekolah /Madrasah menghasilkan 3 karya siswa
􀀘 C.
Sekolah /Madrasah menghasilkan 2 karya siswa
􀀘 D.
Sekolah /Madrasah menghasilkan 1 karya siswa
􀀘 E.
Sekolah /Madrasah tidak menghasilkan karya siswa

JUKNIS
Jawaban dibuktikan dengan dokumen hasil karya siswa yang memperoleh penghargaan seperti: lomba keterampilan menyimak, berbicara, membaca, menulis dan berhitung.

DATA PENDUKUNG

Kegiatan terkait dengan kemampuan memperoleh keterampilan menyimak, berbicara, membaca, menulis, dan berhitung.

No
Nama Kegiatan
Ketersediaan Dokumen
Jumlah siswa
Ada
Tidak Ada
Yg mengikuti
1.     




2.     




3.     




4.     




5.     





Keterangan: * Isilah tanda ceklis (􀀹) pada kolom jawaban “Ketersediaan dokumen”



Thanks for reading Butir Instrumen Akreditasi Nomor 41-45

Related Posts

Your Comments

No comments:

Copyright © DEDE AKSESORIS. All rights reserved. Template by CB Blogger