BUTIR INSTRUMEN No 41
JUKNIS
Jawaban dibuktikan dengan adanya dokumen kegiatan yang diikuti setidak-tidaknya oleh 90% siswa seperti: peringatan hari-hari besar nasional dan internasional, peringatan hari besar keagamaan, pentas seni budaya berbagai negara, bulan bahasa, dan lain-lain.
INSTRUMEN
41.
|
Siswa memperoleh
pengalaman belajar untuk menghargai keberagaman agama, bangsa, suku, ras, dan
golongan sosial ekonomi.
|
A.
|
Dalam satu tahun
terakhir, sekolah/madrasah menyelenggarakan 4 kali atau lebih kegiatan
pembelajaran untuk menghargai keberagaman agama, bangsa, suku, ras, dan
golongan sosial ekonomi
|
B.
|
Dalam satu tahun
terakhir, sekolah/madrasah menyelenggarakan 3 kali kegiatan pembelajaran
untuk menghargai keberagaman agama, bangsa, suku, ras, dan golongan sosial
ekonomi
|
C.
|
Dalam satu tahun
terakhir, sekolah/madrasah menyelenggarakan 2 kali kegiatan pembelajaran
untuk menghargai keberagaman agama, bangsa, suku, ras, dan golongan sosial
ekonomi
|
D.
|
Dalam satu tahun
terakhir, sekolah/madrasah menyelenggarakan 1 kali kegiatan pembelajaran
untuk menghargai keberagaman agama, bangsa, suku, ras, dan golongan sosial
ekonomi
|
E.
|
Dalam satu tahun
terakhir, sekolah/madrasah tidak menyelenggarakan kegiatan pembelajaran untuk
menghargai keberagaman agama, bangsa, suku, ras, dan golongan sosial ekonomi
|
DATA PENDUKUNG
Kegiatan belajar
siswa memperoleh pengalaman menghargai keberagaman
agama,
budaya, suku, ras, dan golongan sosial ekonomi di lingkungan sekitar.
No.
|
Jenis kegiatan
|
Jumlah siswa yang mengikuti
|
1.
|
||
2.
|
||
3.
|
||
4.
|
||
5.
|
||
6.
|
||
7.
|
BUTIR INSTRUMEN No 42
INSTRUMEN
42.
|
Siswa memperoleh
pengalaman belajar bekerjasama dalam kelompok, tolong-menolong dan menjaga
diri sendiri dalam lingkungan keluarga dan teman sebaya.
|
A.
|
Sebanyak 76% —
100% RPP semua mata pelajaran menggunakan metode belajar secara kelompok (cooperatif
learning)
|
B.
|
Sebanyak 51% — 75%
RPP semua mata pelajaran menggunakan metode belajar secara kelompok (cooperatif
learning)
|
C.
|
Sebanyak 26% — 50%
RPP semua mata pelajaran menggunakan metode belajar secara kelompok (cooperatif
learning)
|
D.
|
Sebanyak 1% — 25%
RPP semua mata pelajaran menggunakan metode belajar secara kelompok (cooperatif
learning)
|
E.
|
Tidak ada RPP mata
pelajaran yang menggunakan metode belajar secara kelompok (cooperatif
learning)
|
JUKNIS
Jawaban
dibuktikan dengan dokumen RPP yang memuat metode cooperative learning
DATA
PENDUKUNG
Kegiatan belajar
siswa memperoleh pengalaman bekerjasama dalam kelompok,
Tolong-menolong dan
menjaga diri sendiri dalam lingkungan keluarga dan teman sebaya
No.
|
Jenis kegiatan
|
Jumlah siswa yang mengikuti
|
1.
|
||
2.
|
||
3.
|
||
4.
|
||
5.
|
||
6.
|
||
7.
|
BUTIR INSTRUMEN No 43
INSTRUMEN
43.
|
Siswa memperoleh
pengalaman belajar yang menunjukkan kemampuan memecahkan masalah sederhana
dalam kehidupan sehari-hari.
|
A.
|
Sebanyak 76% —
100% RPP semua mata pelajaran menggunakan metode pemecahan masalah (problem
solving/problem based learning)
|
B.
|
Sebanyak 51% — 75%
RPP semua mata pelajaran menggunakan metode pemecahan masalah (problem
solving/problem based learning)
|
C.
|
Sebanyak 26% — 50%
RPP semua mata pelajaran menggunakan metode pemecahan masalah (problem
solving/problem based learning)
|
D.
|
Sebanyak 1% — 25%
RPP semua mata pelajaran menggunakan metode pemecahan masalah (problem
solving/problem based learning)
|
E.
|
Tidak ada RPP mata
pelajaran yang menggunakan metode pemecahan masalah (problem
solving/problem based learning)
|
JUKNIS
Jawaban
dibuktikan dengan dokumen RPP yang memuat metode problem solving/problem
based learning.
DATA
PENDUKUNG
Kegiatan
belajar siswa yang berkaitan dengan pemecahan masalah-masalah sederhana dalam
kehidupan sehari-hari.
No.
|
Jenis kegiatan
|
Jumlah siswa yang mengikuti
|
1.
|
||
2.
|
||
3.
|
||
4.
|
||
5.
|
||
6.
|
||
7.
|
BUTIR INSTRUMEN No 44
INSTRUMEN
44.
|
Siswa memperoleh
pengalaman belajar dalam berkomunikasi baik lisan maupun tulisan.
|
A.
|
Tersedianya
kumpulan karya tulis siswa baik dari penugasan maupun lomba, laporan hasil
kunjungan karya wisata/studi lapangan, majalah dinding, dan buletin siswa
internal sekolah/madrasah, serta diskusi dan presentasi
|
B.
|
Tersedianya
kumpulan karya tulis siswa baik dari penugasan maupun lomba, laporan hasil
kunjungan karya wisata/studi lapangan, dan majalah dinding, serta diskusi dan
presentasi
|
C.
|
Tersedianya
kumpulan karya tulis siswa baik dari penugasan maupun lomba, dan laporan
hasil kunjungan karya wisata/studi lapangan, serta diskusi dan presentasi
|
D.
|
Tersedianya
kumpulan karya tulis siswa baik dari penugasan maupun lomba, serta diskusi dan
presentasi
|
E.
|
Tidak tersedia
kumpulan karya tulis siswa, diskusi, dan presentasi
|
JUKNIS
Jawaban
dibuktikan dengan adanya dokumen kegiatan yang diikuti setidak-tidaknya oleh
90% siswa seperti: penugasan latihan keterampilan menulis siswa, hasil
portofolio siswa, buletin internal karya siswa, majalah dinding yang terisi
dengan rubrik tulisan terbaru, hasil karya siswa yang memperoleh
penghargaan/pujian, latihan drama, daftar para juara lomba pidato serta
penulisan karya tulis, laporan kunjungan ke industri, laporan studi kunjungan
lapangan seperti ke museum dan lain-lain.
DATA
PENDUKUNG
Kegiatan
belajar siswa yang berkaitan dengan berkomunikasi baik lisan maupun tulisan
No.
|
Jenis kegiatan
|
Jumlah siswa yang mengikuti
|
1.
|
||
2.
|
||
3.
|
||
4.
|
||
5.
|
||
6.
|
||
7.
|
BUTIR INSTRUMEN No 45
INSTRUMEN
45.
|
Siswa memperoleh
pengalaman belajar yang menunjukkan keterampilan menyimak, berbicara,
membaca, menulis, dan berhitung.
|
A.
|
Sekolah/Madrasah
menghasilkan 4 karya siswa atau lebih
|
B.
|
Sekolah /Madrasah
menghasilkan 3 karya siswa
|
C.
|
Sekolah /Madrasah
menghasilkan 2 karya siswa
|
D.
|
Sekolah /Madrasah
menghasilkan 1 karya siswa
|
E.
|
Sekolah /Madrasah
tidak menghasilkan karya siswa
|
JUKNIS
Jawaban
dibuktikan dengan dokumen hasil karya siswa yang memperoleh penghargaan
seperti: lomba keterampilan menyimak, berbicara, membaca, menulis dan
berhitung.
DATA
PENDUKUNG
Kegiatan
terkait dengan kemampuan memperoleh keterampilan menyimak, berbicara, membaca,
menulis, dan berhitung.
No
|
Nama Kegiatan
|
Ketersediaan
Dokumen
|
Jumlah siswa
|
|
Ada
|
Tidak Ada
|
Yg mengikuti
|
||
1.
|
||||
2.
|
||||
3.
|
||||
4.
|
||||
5.
|
Keterangan: * Isilah tanda ceklis () pada
kolom jawaban “Ketersediaan dokumen”
Thanks for reading Butir Instrumen Akreditasi Nomor 41-45
No comments:
Post a Comment