BUTIR INSTRUMEN No 31
JUKNIS
Jawaban dibuktikan dengan dokumen pemanfaatan berbagai fasilitas sumber belajar yang diikuti setidak-tidaknya oleh 75% siswa
INSTRUMEN
31.
|
Siswa memperoleh
pengalaman belajar yang menunjukkan rasa keingintahuan yang tinggi dan
menyadari potensinya.
|
A.
|
Sekolah/Madrasah
memfasilitasi kegiatan siswa dengan memanfaatkan dan memfungsikan sumber
belajar meliputi bahan ajar, buku teks, perpustakaan, laboratorium, dan
internet
|
B.
|
Sekolah/Madrasah
memfasilitasi kegiatan siswa dengan memanfaatkan dan memfungsikan sumber
belajar meliputi bahan ajar, buku teks, perpustakaan, dan laboratorium
|
C.
|
Sekolah/Madrasah
memfasilitasi kegiatan siswa dengan memanfaatkan dan memfungsikan sumber
belajar meliputi bahan ajar, buku teks, dan perpustakaan
|
D.
|
Sekolah/Madrasah
memfasilitasi kegiatan siswa dengan memanfaatkan dan memfungsikan sumber
belajar meliputi bahan ajar dan buku teks
|
E.
|
Sekolah/Madrasah
tidak pernah memfasilitasi kegiatan siswa dengan sumber belajar
|
.
DATA PENDUKUNG
Kegiatan belajar
siswa yang berkaitan dengan pengalaman menunjukkan rasa
keingintahuan
yang tinggi dan menyadari potensinya.
No.
|
Jenis kegiatan
|
Jumlah siswa yang mengikuti
|
1.
|
||
2.
|
||
3.
|
||
4.
|
||
5.
|
||
6.
|
BUTIR INSTRUMEN No 32
INSTRUMEN
32.
|
Siswa memperoleh
pengalaman belajar yang menunjukkan kemampuan mengenali gejala alam dan
sosial.
|
A.
|
Sebanyak 76% —
100% RPP mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dan Ilmu Pengetahuan
Sosial (IPS) memuat kegiatan pembelajaran yang menunjukkan kemampuan
mengenali gejala alam dan sosial
|
B.
|
Sebanyak 51% — 75%
RPP mata pelajaran IPA dan IPS memuat kegiatan pembelajaran yang menunjukkan
kemampuan mengenali gejala alam dan sosial
|
C.
|
Sebanyak 26% — 50%
RPP mata pelajaran IPA dan IPS memuat kegiatan pembelajaran yang menunjukkan
kemampuan mengenali gejala alam dan sosial
|
D.
|
Sebanyak 1% — 25%
RPP mata pelajaran IPA dan IPS memuat kegiatan pembelajaran yang menunjukkan
kemampuan mengenali gejala alam dan sosial
|
E.
|
Tidak ada RPP mata
pelajaran IPA dan IPS yang memuat kegiatan pembelajaran yang menunjukkan
kemampuan mengenali gejala alam dan sosia
|
JUKNIS
Jawaban
dibuktikan dengan dokumen: (1) RPP mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
dan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) yang memuat kegiatan pembelajaran yang
menunjukkan kemampuan mengenali gejala alam dan sosial, dan (2) kumpulan hasil
diskusi siswa, kumpulan kliping, laporan kegiatan hasil analisis tentang
terjadinya gempa bumi, banjir, gejala sosial, pengangguran, dan lain-lain.
DATA
PENDUKUNG
Kegiatan
untuk memperoleh pengalaman belajar yang dapat menganalisis gejala alam dan
sosial di lingkungan sekitar.
No.
|
Jenis kegiatan
|
Jumlah siswa yang mengikuti
|
1.
|
||
2.
|
||
3.
|
||
4.
|
||
5.
|
||
6.
|
BUTIR INSTRUMEN No 33
INSTRUMEN
33.
|
Siswa memperoleh
pengalaman belajar menggunakan informasi tentang lingkungan sekitar secara
logis, kritis, dan kreatif melalui pemanfaatan sumber belajar berupa; (1)
bahan ajar, (2) buku teks, (3) perpustakaan, (4) laboratorium, dan (5)
internet.
|
A.
|
Sekolah/Madrasah
memfasilitasi kegiatan siswa dengan memanfaatkan dan memfungsikan 5 sumber
belajar
|
B.
|
Sekolah/Madrasah
memfasilitasi kegiatan siswa dengan memanfaatkan dan memfungsikan 4 sumber
belajar
|
C.
|
Sekolah/Madrasah
memfasilitasi kegiatan siswa dengan memanfaatkan dan memfungsikan 3 sumber
belajar
|
D.
|
Sekolah/Madrasah
memfasilitasi kegiatan siswa dengan memanfaatkan dan memfungsikan 2 sumber
belajar
|
E.
|
Sekolah/Madrasah
memfasilitasi kegiatan siswa dengan memanfaatkan dan memfungsikan hanya 1
sumber belajar
|
JUKNIS
Jawaban
dibuktikan dengan dokumen kegiatan yang diikuti setidak-tidaknya oleh 75% siswa
seperti: mengunjungi perpustakaan, mengakses internet, sumber-sumber belajar
lapangan (misalnya museum, kebun raya, cagar budaya, dan lain-lain).
DATA PENDUKUNG
Penggunaan
berbagai fasilitas oleh siswa.
No
|
Jenis Fasilitas
|
Ketersediaan
|
Jumlah siswa
Yg terlibat
|
|
Ada
|
Tidak Ada
|
|||
1.
|
Bahan
ajar
|
|||
2.
|
Buku
teks
|
|||
3.
|
Perpustakaan
|
|||
4.
|
Laboratorium
|
|||
5.
|
Internet
|
Keterangan: * Isilah tanda ceklis () pada
kolom jawaban “Ketersediaan”
BUTIR INSTRUMEN No 34
INSTRUMEN
34.
|
Siswa memperoleh
pengalaman belajar yang menunjukkan kegemaran membaca dan menulis.
|
A.
|
Sebanyak 76% —
100% RPP mata pelajaran memuat kegiatan pembelajaran membaca dan menulis
|
B.
|
Sebanyak 51% — 75%
RPP mata pelajaran memuat kegiatan pembelajaran membaca dan menulis
|
C.
|
Sebanyak 26% — 50%
RPP mata pelajaran memuat kegiatan pembelajaran membaca dan menulis
|
D.
|
Sebanyak 1% — 25%
RPP mata pelajaran memuat kegiatan pembelajaran membaca dan menulis
|
E.
|
Tidak ada RPP mata
pelajaran yang memuat kegiatan pembelajaran membaca dan menulis
|
JUKNIS
Jawaban
dibuktikan dengan dokumen RPP yang mencantumkan pelaksanaan kegiatan
pembelajaran membaca dan menulis.
DATA PENDUKUNG
Kegiatan
belajar siswa yang berkaitan dengan kegemaran membaca dan menulis.
No.
|
Jenis kegiatan
|
Jumlah siswa yang mengikuti
|
1.
|
||
2.
|
||
3.
|
||
4.
|
||
5.
|
||
6.
|
||
7.
|
||
8.
|
BUTIR INSTRUMEN No 35
INSTRUMEN
35.
|
Siswa memperoleh
pengalaman belajar yang menunjukkan kecintaan dan kepedulian terhadap
lingkungan sosial dan fisik.
|
A.
|
Sebanyak 76% —
100% RPP semua mata pelajaran dikaitkan dengan kecintaan dan kepedulian
terhadap lingkungan
|
B.
|
Sebanyak 51% — 75%
RPP semua mata pelajaran dikaitkan dengan kecintaan dan kepedulian terhadap
lingkungan
|
C.
|
Sebanyak 26% — 50%
RPP semua mata pelajaran dikaitkan dengan kecintaan dan kepedulian terhadap
lingkungan
|
D.
|
Sebanyak 1% — 25%
RPP semua mata pelajaran dikaitkan dengan kecintaan dan kepedulian terhadap
lingkungan
|
E.
|
Tidak ada RPP mata
pelajaran yang dikaitkan dengan kecintaan dan kepedulian terhadap lingkungan
|
JUKNIS
Jawaban
dibuktikan dengan dokumen RPP yang mengaitkan materi pembelajaran dengan
kecintaan dan kepedulian terhadap lingkungan sosial dan fisik.
DATA
PENDUKUNG
Kegiatan belajar
siswa yang berkaitan dengan kecintaan dan kepedulian terhadap
lingkungan
No.
|
Jenis kegiatan
|
Jumlah siswa yang mengikuti
|
1.
|
||
2.
|
||
3.
|
||
4.
|
||
5.
|
||
6.
|
||
7.
|
||
8.
|
Thanks for reading Butir Instrumen Akreditasi Nomor 31-35
No comments:
Post a Comment