Bukti Fisik Standar Penilaian | DEDE AKSESORIS

Tuesday, February 6, 2018

Bukti Fisik Standar Penilaian

February 06, 2018

INSTRUMEN,BUKTI FISIK DAN SUBSTANSI MATERI
AKREDITASI SD / MI


VIII    STANDAR PENILAIAN
JUMLAH BUTIR : 22  (NO BUTIR : 136 s.d.157)    BOBOT KOMPONEN : 10

NO BUTIR


INSTRUMEN
BUKTI FISIK
SUBSTANSI MATERI
136
Guru menginformasikan rancangan dan kriteria penilaian yang ada dalam silabus mata pelajaran kepada siswa pada semester yang berjalan.

A.   Sebanyak 76% — 100% guru menginformasikan rancangan dan kriteria penilaian kepada siswa

B.   Sebanyak 51% — 75% guru menginformasikan rancangan dan kriteria penilaian kepada siswa

C.   Sebanyak 26% — 50% guru menginformasikan rancangan dan kriteria penilaian kepada siswa

D.   Sebanyak 1% — 25% guru menginformasikan rancangan dan kriteria penilaian kepada siswa

E.   Tidak ada guru yang menginformasikan rancangan dan kriteria penilaian kepada siswa

§   Siabus
§   Rancangan   penilaian
§   Bukti sosialisasi rancangan dan kriteria penilaian kepada siswa .

o   Persentase  guru yang melaksanakan sosialisasi
o   Isi rancangan penilaian

137
Teknik penilaian yang ada pada silabus telah sesuai dengan indikator pencapaian kompetensi dasar (KD).

A.   Sebanyak 96% — 100% silabus memuat teknik penilaian yang sesuai dengan indikator pencapaian KD

B.   Sebanyak 91% — 95% silabus memuat teknik penilaian yang sesuai dengan indikator pencapaian KD

C.   Sebanyak 86% — 90% silabus memuat teknik penilaian yang sesuai dengan indikator pencapaian KD


D.   Sebanyak 81% — 85% silabus memuat teknik penilaian yang sesuai dengan indikator pencapaian KD

E.   Kurang dari 81% silabus memuat teknik penilaian yang sesuai dengan indikator pencapaian KD

§   Silabus

o   Persentase  kesesuaian   teknik penilaian antara KD dengan indicator  dalam silabus
138
Guru mengembangkan instrumen  dan pedoman penilaian sesuai dengan bentuk dan teknik penilaian.

A.   Sebanyak 86% — 100% guru mengembangkan instrumen dan pedoman penilaian sesuai dengan bentuk dan teknik penilaian

B.   Rounded Rectangle: Sebanyak 71% — 85% guru mengembangkan instrumen dan pedoman penilaian sesuai dengan bentuk dan teknik penilaian

C.   Sebanyak 56% — 70% guru mengembangkan instrumen dan pedoman penilaian sesuai dengan bentuk dan teknik penilaian

D.   Sebanyak 41% — 55% guru mengembangkan instrumen dan pedoman penilaian sesuai dengan bentuk dan teknik penilaian

E.   Kurang dari 41% guru mengembangkan instrumen dan pedoman penilaian sesuai dengan bentuk dan teknik penilaian


§   Kisi-ksisi
§   Instrumen  penilaian
perangkat tes buatan guru sendiri: Ulhar, UTS,
 satuan pendidikan : UAS, UKK.
§   Pedoman penilaian
















. Persentase guru yang mengembangkan instrument dan pedoman penilaian
139
Guru menggunakan berbagai teknik penilaian.

A.   Sebanyak 86% — 100% guru melakukan penilaian dengan menggunakan 4 atau lebih teknik penilaian
Rounded Rectangle:
 

B.   Sebanyak 71% — 85% guru melakukan penilaian dengan menggunakan 4 atau lebih teknik penilaian
 

C.   Sebanyak 56% — 70% guru melakukan penilaian dengan menggunakan 4 atau lebih teknik penilaian

D.   Sebanyak 41% — 55% guru melakukan penilaian dengan menggunakan 4 atau lebih teknik penilaian

E.   Kurang dari 41% guru melakukan penilaian dengan menggunakan 4 atau lebih teknik penilaian


§   Silabus
§   RPP
§   Tenik penilaian meliputi:
a.      Teknik Tes: Tulis (Isian, Pilihan Ganda, Tes Uraian), Lisan (Daftar Pertanyaan), Praktek dan  Kinerja
       (Identifikasi,     simulasi, produk, prosedur)
b.      Teknik observasi atau pengamatan (Lembar observasi)
c.       Teknik penugasan, individual atau kelompok dapat berbentuk  tugas rumah dan atau proyek
d.      Wawancara (Pedoman Wawancara)


o    
o   Persentase guru yang menggunakan berbagai tehnik penilaian

140
Guru mengolah hasil penilaian untuk mengetahui kemajuan hasil belajar dan kesulitan belajar siswa.

A.   Sebanyak 86% — 100% guru mengolah hasil penilaian untuk mengetahui kemajuan hasil belajar dan kesulitan belajar siswa

B.   Sebanyak 71% — 85% guru mengolah hasil penilaian untuk mengetahui kemajuan hasil belajar dan kesulitan belajar siswa

C.   Sebanyak 56% — 70% guru mengolah hasil penilaian untuk mengetahui kemajuan hasil belajar dan kesulitan belajar siswa

D.   Sebanyak 41% — 55% guru mengolah hasil penilaian untuk
mengetahui kemajuan hasil belajar dan kesulitan belajar siswa     

E.   Kurang dari 41% guru mengolah hasil penilaian untuk mengetahui kemajuan hasil belajar dan kesulitan belajar siswa

Daftar nilai

 Analisis hasil belajar siswa

Analisis butir soal



o   Persentase guru yang mengolah hasil penilaian  
141
Guru mengembalikan hasil pemeriksaan pekerjaan siswa disertai balikan/komentar yang mendidik.


A.   Sebanyak 86% — 100% guru mengembalikan hasil pemeriksaan pekerjaan siswa disertai balikan/komentar yang mendidik


B.   Rounded Rectangle: Sebanyak 71% — 85% guru mengembalikan hasil pemeriksaan pekerjaan siswa disertai balikan/komentar yang mendidik

C.   Sebanyak 56% — 70% guru mengembalikan hasil pemeriksaan pekerjaan siswa disertai balikan/komentar yang mendidik

D.   Sebanyak 41% — 55% guru mengembalikan hasil pemeriksaan pekerjaan siswa disertai balikan/komentar yang mendidik

E.   Kurang dari 41% guru mengembalikan hasil pemeriksaan pekerjaan siswa disertai balikan/komentar yang mendidik


Bukti ulangan / kerja siswa yang disertai balikan / komentar guru
Bukti pengembalian ulangan / kerja siswa yang sudah ditanda tangani orang tua

o   Persentase guru yang mengembalikan ulangan disertai balikan / komentar
142
Guru memanfaatkan hasil penilaian untuk perbaikan pembelajaran

A.   Sebanyak 86% — 100% guru memanfaatkan hasil penilaian untuk perbaikan pembelajaran

B.   Rounded Rectangle: Sebanyak 71% — 85% guru memanfaatkan hasil penilaian untuk perbaikan pembelajaran

C.   Sebanyak 56% — 70% guru memanfaatkan hasil penilaian untuk perbaikan pembelajaran

D.   Sebanyak 41% — 55% guru memanfaatkan hasil penilaian untuk perbaikan pembelajaran

E.   Kurang dari 41% guru memanfaatkan hasil penilaian untuk perbaikan pembelajaran


Analisis hasil evaluasi

 analisis butir soal

Program remedial  dan pengayaan

Revisi RPP


o    Persentase guru yang memanfaatkan hasil penilaian


143
Guru melaporkan hasil penilaian mata pelajaran pada setiap akhir semester kepada kepala sekolah/madrasah dalam bentuk laporan prestasi belajar siswa.

A.   Sebanyak 100% guru melaporkan hasil penilaian prestasi belajar siswa kepada kepala sekolah/madrasah

B.   Sebanyak 95% — 99% guru melaporkan hasil penilaian prestasi belajar siswa kepada kepala sekolah/madrasah

C.   Sebanyak 90% — 94% guru melaporkan hasil penilaian prestasi belajar siswa kepada kepala sekolah/madrasah

D.   Sebanyak 85% — 89% guru melaporkan hasil penilaian prestasi belajar siswa kepada kepala sekolah/madrasah

E.   Kurang dari 85% guru melaporkan hasil penilaian prestasi belajar siswa kepada kepala sekolah/madrasah








Arsip laporan prestasi belajar siswa  setiap akhir semester yang disahkan kepala sekolah
o   Persentase guru yang membuat laporan  prestasi belajar siswa
144
Guru melaporkan hasil penilaian akhlak siswa kepada guru Pendidikan Agama sebagai informasi untuk menentukan nilai akhir semester.

A.   Sebanyak 86% — 100% guru melaporkan hasil penilaian akhlak siswa kepada guru Pendidikan Agama

B.   Sebanyak 71% — 85% guru melaporkan hasil penilaian akhlak siswa kepada guru Pendidikan Agama

C.   Sebanyak 56% — 70% guru melaporkan hasil penilaian akhlak siswa kepada guru Pendidikan Agama

D.   Sebanyak 41% — 55% guru melaporkan hasil penilaian akhlak siswa kepada guru Pendidikan Agama

E.   Kurang dari 41% guru melaporkan hasil penilaian akhlak siswa kepada guru Pendidikan Agama

Arsip laporan hasil penilaian akhlak siswa dari guru kelas kepada guru agama setiap akhir semester

o   Persentase guru yang membuat laporan penilaian akhlak

145
Guru melaporkan hasil penilaian kepribadian siswa kepada guru Pendidikan Kewarganegaraan sebagai informasi untuk menentukan nilai akhir semester.

A.   Sebanyak 86% — 100% guru melaporkan hasil penilaian kepribadian siswa kepada guru Pendidikan Kewarganegaraan

B.   Rounded Rectangle: Sebanyak 71% — 85% guru melaporkan hasil penilaian kepribadian siswa kepada guru Pendidikan Kewarganegaraan

C.   Sebanyak 56% — 70% guru melaporkan hasil penilaian kepribadian siswa kepada guru Pendidikan Kewarganegaraan

D.   Sebanyak 41% — 55% guru melaporkan hasil penilaian kepribadian siswa kepada guru Pendidikan Kewarganegaraan

E.   Kurang dari 41% guru melaporkan hasil penilaian kepribadian siswa kepada guru Pendidikan Kewarganegaraan


Arsip laporan hasil penilaian kepribadian  siswa dari guru Pendidikan Agama dan guru penjaskesor  kepada guru kelas setiap akhir semester

o   Persentase guru yang membuat laporan penilaian kebribadian  siswa

146
Sekolah/madrasah mengkoordinasikan ulangan tengah semester, ulangan akhir semester, dan ulangan kenaikan kelas.

A.   Sekolah/Madrasah mengkoordinasikan ulangan tengah semester, akhir semester, dan kenaikan kelas melalui rapat yang dihadiri oleh guru mata pelajaran, guru kelas, dan kepala sekolah

B.   Sekolah/Madrasah mengkoordinasikan ulangan tengah, akhir semester, dan kenaikan kelas melalui rapat yang dihadiri oleh guru kelas, dan kepala sekolah

C.   Sekolah/Madrasah mengkoordinasikan ulangan tengah, akhir semester, dan kenaikan kelas melalui rapat yang dihadiri oleh sebagian guru dan kepala sekolah

D.   Sekolah/Madrasah mengkoordinasikan ulangan tengah, akhir semester, dan kenaikan kelas tanpa melalui rapat

E.   Sekolah/Madrasah tidak mengkoordinasikan ulangan tengah dan akhir semester
Bukti pelaksanaan koordinasi :
Surat Undangan/ buku pengumuman
Daftar hadir
Berita acara rapat
Hasil rapat
SK Panitia


o   Keterlibatan  banyak unsur sekolah dalam  koordinasi
147

Sekolah /madrasah menentukan kriteria kenaikan kelas melalui rapat.

A.   Menentukan kriteria kenaikan kelas melalui rapat yang dihadiri kepala sekolah, guru kelas, dan guru mata pelajaran

B.   Menentukan kriteria kenaikan kelas melalui rapat yang dihadiri kepala sekolah dan guru kelas tanpa guru mata pelajaran

C.   Menentukan kriteria kenaikan kelas melaui rapat yang dihadiri kepala sekolah dan sebagian guru

D.   Kriteria kenaikan kelas ditentukan oleh kepala sekolah tanpa melalui rapat
 

E.   Tidak ada kriteria kenaikan kelas secara jelas



Dokumen pelaksanaan rapat :

Surat Undangan/ buku pengumuman
Daftar hadir
Berita Acara Rapat
Hasil rapat kenaikan kelas


o   Keterlibatan  warga sekolah dalam  rapat
148
Sekolah /madrasah menentukan nilai akhir kelompok mata pelajaran estetika dan kelompok mata pelajaran pendidikan jasmani, olah raga, dan kesehatan.

A.   Menentukan nilai akhir melalui rapat yang dihadiri oleh kepala sekolah, guru mata pelajaran, dan guru kelas

B.   Menentukan nilai akhir melalui rapat yang dihadiri oleh kepala sekolah dan guru kelas tanpa guru mata pelajaran

C.   Menentukan nilai akhir melalui rapat yang dihadiri oleh kepala sekolah dan sebagian guru
 

D.   Menentukan nilai akhir oleh guru mata pelajaran tanpa melalui rapat
 

E.   Ditetapkan oleh guru

Dokumen pelaksanaan rapat :

Surat Undangan/ buku pengumuman
Daftar hadir
Berita Acara Rapat
Hasil rapat penentuan nilai akhir kelomok mata pelajaran


o   Keterlibatan   warga sekolah dalam  rapat
149
Sekolah/madrasah menentukan nilai akhir kelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia, kewarganegaraan dan kepribadian.
Rounded Rectangle:
 

A.   Menentukan nilai akhir melalui rapat yang dihadiri oleh kepala sekolah, guru mata pelajaran, dan guru kelas

B.   Rounded Rectangle:   Menentukan nilai akhir melalui rapat yang dihadiri oleh kepala sekolah dan guru mata pelajaran

C.    Menentukan nilai akhir melalui rapat yang dihadiri oleh kepala sekolah dan sebagian guru
 

D.    Menentukan nilai akhir oleh guru mata pelajaran tanpa melalui rapat
 

E.   Ditetapkan oleh guru


Dokumen pelaksanaan rapat :

Surat Undangan / buku pengumuman
Daftar hadir
Berita Acara Rapat
Hasil rapat
penentuan nilai akhir kelomok mata pelajaran



o   Keterlibatan   warga sekolah dalam  rapat
150
Sekolah/madrasah melaporkan hasil penilaian setiap akhir semester kepada orang tua/wali siswa dalam bentuk buku laporan pendidikan.

A.   Laporan hasil penilaian setiap akhir semester dengan penjelasan kepala sekolah/madrasah dan wali kelas kepada orang tua/wali siswa dan siswa yang bersangkutan

B.   Laporan hasil penilaian setiap akhir semester dengan penjelasan kepala sekolah/madrasah dan wali kelas kepada orang tua/wali siswa tanpa siswa yang bersangkutan

C.   Laporan hasil penilaian setiap akhir semester tanpa penjelasan umum kepala sekolah/madrasah tetapi langsung dari wali kelas kepada orang tua/wali siswa dan siswa yang bersangkutan

D.   Laporan hasil penilaian setiap akhir semester tanpa penjelasan umum kepala sekolah/madrasah tetapi langsung dari wali kelas kepada orang tua/wali siswa tanpa siswa yang bersangkutan
 

E.   Tidak melaporkan hasil penilaian langsung kepada siswa

Bukti laporan hasil penilaian kepada orang tua :
Surat Undangan
Daftar hadir
Bukti penerimaan rapot
Buku laporan pendidikan.


o   Penyerahan buku laporan pendidikan kepada orang tua/wali siswa disertai penjelasan



151
Sekolah/madrasah melaporkan pencapaian hasil belajar siswa kepada Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota.

A.   Melaporkan pencapaian hasil belajar siswa kurang dari 20 hari setelah akhir semester

B.   Melaporkan pencapaian hasil belajar siswa antara 21 — 40 hari setelah akhir semester

C.   Melaporkan pencapaian hasil belajar siswa antara 41 — 60 hari setelah akhir semester

D.   Melaporkan pencapaian hasil belajar siswa antara 61 — 80 hari setelah akhir semester
 

E.   Melaporkan pencapaian hasil belajar siswa lebih dari 80 hari setelah akhir semester

Bukti laporan pencapaian hasil belajar siswa kepada dinas :
Agenda surat keluar
Buku ekspedisi
Arsip laporan
o    Rentang waktu  laporan

152
Sekolah/madrasah menentukan kelulusan siswa dari satuan pendidikan .

A.   Menentukan kelulusan melalui rapat yang dihadiri guru kelas, guru mata pelajaran, dan kepala sekolah/madrasah


B.   Menentukan kelulusan melalui rapat yang dihadiri guru kelas dan kepala sekolah/madrasah, tanpa guru mata pelajaran

C.   Menentukan kelulusan melalui rapat dihari oleh perwakilan guru dan kepala sekolah/madrasah
 

D.   Menentukan kelulusan tanpa melalui rapat

E.   Tidak menentukan kelulusan dari satuan pendidikan


Dokumen pelaksanaan rapat kelulusan :

Undangan rapat kelulusan
Daftar hadir
Notula rapat kelulusan
SK Kepala Sekolah

o   Keterlibatan  guru kelas , guru mapel dan kepala sekolah yang mengikuti rapat

153
Sekolah/madrasah menentukan nilai rata-rata sebagai kriteria kelulusan UN.
 

A.   Lebih besar dari 6,00
 

B.   Antara 5,01 — 6,00

C.   Antara 4,01 — 5,00

D.   Rounded Rectangle:  

Antara 3,01 — 4,00
Rounded Rectangle:
 

E.   Lebih kecil dari 3,01

Dokumen penentuan nilai rata – rata  kriteria kelulusan UN
SK Kepala sekolah dan lampirannya

Rentang nilai  rata-rata kriteria kelulusan UN

154
Sekolah/madrasah menetukan nilai minimal mata pelajaran sebagai kriteria kelulusan UN.
 

A.   Lebih besar dari 5,00
 

B.   Antara 4,01 — 5,00
Rounded Rectangle:
 

C.   Antara 3,01 — 4,00
 

D.   Antara 2,01 — 3,00
 

E.   Lebih kecil dari 2,01

Dokumen penentuan nilai minimal mata pelajaran sebagai  kriteria kelulusan UN
SK Kepala sekolah dan lampirannya.

Rentang  nilai  minimal mata pelajaran sebagai kriteria kelulusan UN

155
Sekolah/madrasah menerbitkan dan menyerahkan Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional (SKHUN) setiap siswa yang mengikuti Ujian Akhir Nasional (UN).

A.   Kurang dari 7 hari setelah pengumuman hasil ujian
Rounded Rectangle:
 

B.   Antara 8 — 14 hari setelah pengumuman hasil ujian
 

C.   Antara 15 — 21 hari setelah pengumuman hasil ujian
 

D.   Antara 22 — 28 hari setelah pengumuman hasil ujian
 

E.   Lebih dari 28 hari setelah pengumuman hasil ujian

Dokumen penyerahan SKHUN kepada siswa:
Bukti penyerahan
FC SKHUN
Arsip pengumuman kelulusan

o   Rentang waktu penyerahan

156
Sekolah/madrasah menyerahkan ijazah kepada setiap siswa yang telah lulus.

A.   Kurang dari 7 hari setelah blangko ijazah diterima dari Dinas Pendidikan/Kandepag

B.   Antara 8 — 14 hari setelah blangko ijazah diterima dari Dinas Pendidikan/Kandepag

C.   Antara 15 — 21 hari setelah blangko ijazah diterima dari Dinas Pendidikan/Kandepag
 

D.   Antara 22 — 28 hari setelah blangko ijazah diterima dari Dinas Pendidikan/Kandepag

E.   Lebih dari 28 hari setelah blangko ijazah diterima dari Dinas Pendidikan/Kandepag




Dokumen penyerahan Ijasah  kepada siswa:
a.    Berita Acara  penerimaan blangko Ijazah dari Dinas Dikpora
b.    Bukti penyerahan

 


o   Rentang waktu penyerahan

157
Sekolah/madrasah menerima siswa baru dengan menggunakan berbagai pertimbangan.
 

A.   penerimaan siswa baru hanya mempertimbangkan usia

B.   penerimaan siswa baru mempertimbangkan usia dan jarak tempat tinggal
 

C.   penerimaan siswa baru mempertimbangkan usia dan tes masuk
 

D.   penerimaan siswa baru mempertimbangkan unsur usia, jarak tempat tinggal, dan sertifikat tamat TK/RA
 

E.   penerimaan siswa baru tidak mempertimbangkan persyaratan apapun


Dokumen penentuan PPDB  :
a.      Pedoman PPDB dari dinas / sekolah
b.      Keputusan Kepala Sekolah tentang kepanitaan PPDB
c.       Berita acara rapat PPDB
d.      Laporan hasil PPDB

o   Pertimbangan yang digunakan untuk PPDB





Thanks for reading Bukti Fisik Standar Penilaian

Related Posts

Your Comments

No comments:

Copyright © DEDE AKSESORIS. All rights reserved. Template by CB Blogger