INSTRUMEN AKREDITASI
STANDAR
PENILAIAN
136.
|
Guru
menginformasikan rancangan dan kriteria penilaian yang adadalamsilabus mata
pelajaran kepada siswa pada semester yang berjalan.
|
||
5
|
A.
|
Sebanyak
91%-100% guru menginformasikan rancangan
dan
kriteria penilaian kepada siswa
|
|
R
|
B.
|
Sebanyak
81%-90% guru menginformasikan rancangan dan
kriteria
penilaian kepada siswa
|
|
5
|
C.
|
Sebanyak
71%-80% guru menginformasikan rancangan dan
kriteria
penilaian kepada siswa
|
|
5
|
D.
|
Sebanyak
61%-70% guru menginformasikan rancangan dan
kriteria
penilaian kepada siswa
|
|
5
|
E.
|
Kurang
dari 61% guru yang menginformasikan rancangan dankriteria penilaian kepada
siswa
|
138.
|
Guru
mengembangkan instrumen dan pedoman penilaian sesuai denganbentuk dan teknik
penilaian.
|
||
5
|
A.
|
Sebanyak
86%-100% guru mengembangkan instrumen dan
pedoman
penilaian sesuai dengan bentuk dan teknikpenilaian
|
|
R
|
B.
|
Sebanyak
71%-85% guru mengembangkan instrumen danpedoman penilaian sesuai dengan
bentuk dan teknikpenilaian
|
|
5
|
C.
|
Sebanyak
56%-70% guru mengembangkan instrumen danpedoman penilaian sesuai dengan
bentuk dan teknikpenilaian
|
|
5
|
D.
|
Sebanyak
41%-55% guru mengembangkan instrumen danpedoman penilaian sesuai dengan
bentuk dan teknikpenilaian
|
|
5
|
E.
|
Kurang
dari 41% guru mengembangkan instrumen danpedoman penilaian sesuai dengan
bentuk dan teknik penilaian
|
139.
|
Guru
menggunakan berbagai teknik penilaian
|
||
5
|
A.
|
Sebanyak
86%-100% guru melakukan penilaian denganmenggunakan 4 atau lebih teknik
penilaian
|
|
R
|
B.
|
Sebanyak
71%-85% guru melakukan penilaian denganmenggunakan 4 atau lebih teknik
penilaian
|
|
5
|
C.
|
Sebanyak
56%-70% guru melakukan penilaian denganmenggunakan 4 atau lebih teknik
penilaian
|
|
5
|
D.
|
Sebanyak
41%-55% guru melakukan penilaian denganmenggunakan 4 atau lebih teknik
penilaian
|
|
5
|
E.
|
Kurang
dari 41% guru melakukan penilaian denganmenggunakan 4 atau lebih teknik
penilaian
|
140.
|
Guru mengolah/menganalisis
hasil penilaian untuk mengetahui kemajuanhasil belajar dan kesulitan belajar
siswa
|
||
5
|
A.
|
Sebanyak
86%-100% guru mengolah/menganalisis hasilpenilaian untuk mengetahui kemajuan
hasil belajar dankesulitan belajar siswa
|
|
R
|
B.
|
Sebanyak
71%-85% guru mengolah/menganalisis hasilpenilaian untuk mengetahui kemajuan
hasil belajar dankesulitan belajar siswa
|
|
5
|
C.
|
Sebanyak
56%-70% guru mengolah/menganalisis hasilpenilaian untuk mengetahui kemajuan
hasil belajar dankesulitan belajar siswa
|
|
5
|
D.
|
Sebanyak
41%-55% guru mengolah/menganalisis hasilpenilaian untuk mengetahui kemajuan
hasil belajar dankesulitan belajar siswa
|
|
5
|
E.
|
Kurang
dari 41% guru mengolah/menganalisis hasil penilaianuntuk mengetahui kemajuan
hasil belajar dan kesulitan belajarsiswa
|
141.
|
Guru
mengembalikan hasil pemeriksaan pekerjaan siswa disertaibalikan/ komentar
yang mendidik.
|
||
5
|
A.
|
Sebanyak
86%-100% guru mengembalikan hasilpemeriksaan pekerjaan siswa disertai
balikan/komentaryang mendidik
|
|
5
|
B.
|
Sebanyak
71%-85% guru mengembalikan hasilpemeriksaan pekerjaan siswa disertai
balikan/komentaryang mendidik
|
|
R
|
C.
|
Sebanyak
56%-70% guru mengembalikan hasilpemeriksaan pekerjaan siswa disertai
balikan/komentaryang mendidik
|
|
5
|
D.
|
Sebanyak
41%-55% guru mengembalikan hasilpemeriksaan pekerjaan siswa disertai
balikan/komentaryang mendidik
|
|
5
|
E.
|
Kurang
dari 41% guru mengembalikan hasil pemeriksaanpekerjaan siswa disertai
balikan/komentar yang mendidik
|
-
142.
|
Guru
memanfaatkan hasil penilaian untuk perbaikan pembelajaran.
|
||
5
|
A.
|
Sebanyak
86%-100% guru memanfaatkan hasil penilaianuntuk perbaikan pembelajaran
|
|
5
|
B.
|
Sebanyak
71%-85% guru memanfaatkan hasil penilaianuntuk perbaikan pembelajaran
|
|
5
|
C.
|
Sebanyak
56%-70% guru memanfaatkan hasil penilaianuntuk perbaikan pembelajaran
|
|
R
|
D.
|
Sebanyak
41%-55% guru memanfaatkan hasil penilaianuntuk perbaikan pembelajaran
|
|
5
|
E.
|
Kurang
dari 41% guru memanfaatkan hasil penilaian untukperbaikan pembelajaran
|
143.
|
Guru
melaporkan hasil penilaian mata pelajaran pada setiap akhirsemester kepada
kepala sekolah/madrasah dalam bentuk laporanprestasi belajar siswa.
|
||
5
|
A.
|
Sebanyak
100% guru melaporkan hasil penilaian prestasibelajar siswa kepada kepala
sekolah/madrasah
|
|
5
|
B.
|
Sebanyak
95%-99% guru melaporkan hasil penilaianprestasi belajar siswa kepada kepala
sekolah/madrasah
|
|
5
|
C.
|
Sebanyak
90%-94% guru melaporkan hasil penilaianprestasi belajar siswa kepada kepala
sekolah/madrasah
|
|
R
|
D.
|
Sebanyak
85%-89% guru melaporkan hasil penilaianprestasi belajar siswa kepada kepala
sekolah/madrasah
|
|
5
|
E.
|
Kurang
dari 85% guru melaporkan hasil penilaian prestos belajar siswa kepada kepala
sekolah/madrasah
|
144.
|
Guru
mengkomunikasikan hasil penilaian akhlak siswa kepada guruPendidikan Agama
sebagai informasi untuk menentukan nilai akhirsemester.
|
||
R
|
A.
|
Sebanyak
86%-100% guru melaporkan hasil penilaianakhlak siswa kepada guru Pendidikan
Agama
|
|
5
|
B.
|
Sebanyak
71%-85% guru melaporkan hasil penilaian akhlaksiswa kepada guru Pendidikan
Agama
|
|
5
|
C.
|
Sebanyak
56%-70% guru melaporkan hasil penilaian akhlaksiswa kepada guru Pendidikan
Agama
|
|
5
|
D.
|
Sebanyak
41%-55% guru melaporkan hasil penilaian akhlaksiswa kepada guru Pendidikan
Agama
|
|
5
|
E.
|
Kurang
dari 41% guru melaporkan hasil penilaian akhlaksiswakepada guru Pendidikan
Agama
|
145.
|
Guru
mengkomunikasikan hasil penilaian kepribadian siswa kepada guruPendidikan
Kewarganegaraan sebagai informasi untuk menentukannilai akhir semester.
|
||
5
|
A.
|
Sebanyak
86%-100% guru melaporkan hasil penilaiankepribadian siswa kepada guru
Pendidikan Kewarganegaraan
|
|
R
|
B.
|
Sebanyak
71%-85% guru melaporkan hasil penilaiankepribadian siswa kepada guru
Pendidikan Kewarganegaraan
|
|
5
|
C.
|
Sebanyak
56%-70% guru melaporkan hasil penilaiankepribadian siswa kepada guru
Pendidikan Kewarganegaraan
|
|
5
|
D.
|
Sebanyak
41%-55% guru melaporkan hasil penilaiankepribadian siswa kepada guru
Pendidikan Kewarganegaraan
|
|
5
|
E.
|
Kurang
dari 41% guru melaporkan hasil penilaian kepribadiansiswa kepad guru
Pendidikan Kewarganegaraan
|
146.
|
Sekolah/Madrasah
mengkoordinasikan ulangan tengah semester, ulanganakhir semester, dan ulangan
kenaikan kelas.
|
||
R
|
A.
|
Sekolah/Madrasah
mengkoordinasikan ulangan tengahsemester, akhir semester, dan kenaikan kelas
melalui rapatyang dihadiri oleh guru mata pelajaran, guru kelas, dankepala
sekolah
|
|
5
|
B.
|
Sekolah/Madrasah
mengkoordinasikan ulangan tengahsemester, akhir semester, dan kenaikan kelas
melalui rapatyang dihadiri oleh guru kelas, dan kepala sekolah
|
|
5
|
C.
|
Sekolah/Madrasah
mengkoordinasikan ulangan tengahsemester, akhir semester, dan kenaikan kelas
melalui rapatyang dihadiri oleh sebagian guru dan kepala sekolah
|
|
5
|
D.
|
Sekolah/Madrasah
mengkoordinasikan ulangan tengahsemester, akhir semester, dan kenaikan kelas
tanpa melaluirapat
|
|
5
|
E.
|
Sekolah/Madrasah
tidak mengkoordinasikan ulangan tengahsemester dan akhir semester
|
147.
|
Sekolah/Madrasah
menentukan kriteria kenaikan kelas melalui rapat.
|
||
5
|
A.
|
Menentukan
kriteria kenaikan kelas melalui rapat yangdihadiri kepala sekolah, guru
kelas, dan guru mata pelajaran
|
|
R
|
B.
|
Menentukan
kriteria kenaikan kelas melalui rapat yangdihadiri kepala sekolah dan guru
kelas tanpa guru matapelajaran
|
|
5
|
C.
|
Menentukan
kriteria kenaikan kelas melaui rapat yangdihadiri kepala sekolah dan sebagian
guru
|
|
5
|
D.
|
Kriteria
kenaikan kelas ditentukan oleh kepala sekolah tanpa
melalui
rapat
|
|
5
|
E.
|
Tidak
ada kriteria kenaikan kelas secara jelas
|
148.
|
Sekolah/madrasah
menentukan nilai akhir kelompok mata pelajaranestetika dan kelompok mata
pelajaran pendidikan jasmani, olahraga,dan kesehatan.
|
||
5
|
A.
|
Menentukan
nilai akhir melalui rapat yang dihadiri olehkepala sekolah, guru mata
pelajaran, dan guru kelas
|
|
5
|
B.
|
Menentukan
nilai akhir melalui rapat yang dihadiri olehkepala sekolah dan guru kelas
tanpa guru mata pelajaran
|
|
5
|
C.
|
Menentukan
nilai akhir melalui rapat yang dihadiri olehkepala sekolah dan sebagian guru
|
|
R
|
D.
|
Menentukan
nilai akhir oleh guru mata pelajaran tanpamelalui rapat
|
|
5
|
E.
|
Ditetapkan
oleh guru
|
149.
|
Sekolah/Madrasah
menentukan nilai akhir kelompok mata pelajaranagama dan akhlak mulia, kewarganegaraan
dan kepribadian
|
||
5
|
A.
|
Menentukan
nilai akhir melalui rapat yang dihadiri olehkepala sekolah, guru mata
pelajaran, dan guru kelas
|
|
5
|
B.
|
Menentukan
nilai akhir melalui rapat yang dihadiri olehkepala sekolah dan guru mata
pelajaran
|
|
5
|
C.
|
Menentukan
nilai akhir melalui rapat yang dihadiri olehkepala sekolah dan sebagian guru
|
|
R
|
D.
|
Menentukan
nilai akhir oleh guru mata pelajaran tanpamelalui rapat
|
|
5
|
E.
|
Ditetapkan
oleh guru
|
|
150.
|
Sekolah/Madrasah
melaporkan hasil penilaian setiap akhir semesterkepada orang tua/wali siswa
dalam bentuk buku laporan pendidikan.
|
||
R
|
A.
|
Laporan
hasil penilaian setiap akhir semester denganpenjelasan kepala
sekolah/madrasah dan wali kelas kepadaorang tua/wali siswa dan siswa yang
bersangkutan
|
|
5
|
B.
|
Laporan
hasil penilaian setiap akhir semester denganpenjelasan kepala
sekolah/madrasah dan wali kelas kepadaorang tua/wali siswa tanpa siswa yang
bersangkutan
|
|
5
|
C.
|
Laporan
hasil penilaian setiap akhir semester tanpapenjelasan umum kepala
sekolah/madrasah tetapi langsungdari wali kelas kepada orang tua/wali siswa
dan siswa yangbersangkutan
|
|
5
|
D.
|
Laporan
hasil penilaian setiap akhir semester tanpapenjelasan umum kepala
sekolah/madrasah tetapi langsungdari wali kelas kepada orang tua/wali siswa
tanpa siswa yangbersangkutan
|
|
5
|
E.
|
Tidak
melaporkan hasil penilaian langsung kepada siswa
|
151.
|
Sekolah/Madrasah
melaporkan pencapaian hasil belajar siswa kepadaDinas Pendidikan/kankemenag
Kabupaten/Kota.
|
||
R
|
A.
|
Melaporkan
pencapaian hasil belajar siswa kurang dari 20hari setelah akhir semeste
|
|
5
|
B.
|
Melaporkan
pencapaian hasil belajar siswa antara 21-40 harisetelah akhir semester
|
|
5
|
C.
|
Melaporkan
pencapaian hasil belajar siswa antara 41-60 harisetelah akhir semester
|
|
5
|
D.
|
Melaporkan
pencapaian hasil belajar siswa antara 61-80 harisetelah akhir semester
|
|
5
|
E.
|
Melaporkan
pencapaian hasil belajar siswa lebih dari 80 harisetelah akhir semester
|
152.
|
Sekolah/Madrasah
menentukan kelulusan siswa dari satuan pendidikan.
|
||
5
|
A.
|
Menentukan
kelulusan melalui rapat yang dihadiri guru kelas, guru mata pelajaran, dan
kepala sekolah/madrasah
|
|
5
|
B.
|
Menentukan
kelulusan melalui rapat yang dihadiri guru kelas dan kepala sekolah/madrasah,
tanpa guru mata pelajaran
|
|
R
|
C.
|
Menentukan
kelulusan melalui rapat dihari oleh perwakilan guru dan kepala
sekolah/madrasah
|
|
5
|
D.
|
Menentukan
kelulusan tanpa melalui rapat
|
|
5
|
E.
|
Tidak
menentukan kelulusan dari satuan pendidikan
|
153.
|
Sekolah/Madrasah
menentukan nilai rata-rata sebagai kriteria kelulusanUjian Nasional (UN).
|
||
5
|
A.
|
Lebih besar
dari 6,00
|
|
5
|
B.
|
Antara
5,01-6,00
|
|
R
|
C.
|
Antara
4,01-5,00
|
|
5
|
D.
|
Antara
3,01-4,00
|
|
5
|
E.
|
Lebih
kecil dari 3,01
|
154.
|
Sekolah/Madrasah
menerbitkan dan menyerahkan surat Keterangan Hasil Ujian Nasional (SKHUN)
setiap siswa yang mengikuti Ujian Nasional (UN).
|
||
5
|
A.
|
Lebih
besar dari 5,00
|
|
5
|
B.
|
Antara
4,01-5,00
|
|
R
|
C.
|
Antara
3,01-4,00
|
|
5
|
D.
|
Antara
2,01-3,00
|
|
5
|
E.
|
Lebih
kecil dari 2,01
|
155.
|
Sekolah/Madrasah
menerbitkan dan menyerahkan surat Keterangan Hasil Ujian Nasional (SKHUN)
setiap siswa yang mengikuti Ujian Nasional (UN).
|
||
5
|
A.
|
Kurang
dari 7 hari setelah pengumuman hasil ujian
|
|
R
|
B.
|
Antara
8-14 hari setelah pengumuman hasil ujian
|
|
5
|
C.
|
Antara
15-21 hari setelah pengumuman hasil ujian
|
|
5
|
D.
|
Antara
22-28 hari setelah pengumuman hasil ujian
|
|
5
|
E.
|
Lebih
dari 28 hari setelah pengumuman hasil ujian
|
156.
|
Sekolah/Madrasah
menyerahkan ijazah kepada setiap siswa yangtelah lulus sesuai dengan
ketentuan yang ditetapkan.
|
||
R
|
A.
|
Kurang
dari 7 hari setelah blangko ijazah diterima dari DinasPendidikan/Kankemenag
|
|
5
|
B.
|
Antara
8-14 hari setelah blangko ijazah diterima dari DinasPendidikan/Kankemenag
|
|
5
|
C.
|
Antara
15-21 hari setelah blangko ijazah diterima dari DinasPendidikan/Kankemenag
|
|
5
|
D.
|
Antara
22-28 hari setelah blangko ijazah diterima dari DinasPendidikan/Kandepag
|
|
5
|
E.
|
Lebih
dari 28 hari setelah blangko ijazah diterima dari DinasPendidikan/Kandepag
|
157.
|
Sekolah/Madrasah
menerima siswa baru dengan menggunakan berbagai pertimbangan.
|
||
R
|
A.
|
Penerimaan
siswa baru hanya mempertimbangkan usia
|
|
5
|
B.
|
Penerimaan
siswa baru mempertimbangkan usia dan jarak tempat tinggal
|
|
5
|
C.
|
Penerimaan
siswa baru mempertimbangkan usia dan tes masuk
|
|
5
|
D.
|
Penerimaan
siswa baru mempertimbangkan unsur usia,
jarak tempat tinggal, dan sertifikat tamat TK/RA
|
|
5
|
E.
|
Penerimaan
siswa baru tidak mempertimbangkan persyaratan apa pun
|
Thanks for reading Instrumen Akreditasi Standar Penilaian
No comments:
Post a Comment