Bukti Fisik 94 poin a RKJM (Rencana Kerja Jangka Menengah) | DEDE AKSESORIS

Saturday, February 3, 2018

Bukti Fisik 94 poin a RKJM (Rencana Kerja Jangka Menengah)

February 03, 2018
RENCANA KERJA JANGKA MENENGAH 
(RKJM)
SD NEGERI 2 KALAPAREA
TAHUN 2014/2015  s/d  2017/2018





A.    ANALISIS LINGKUNGAN STRATEGIS

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional merupakan pencerahan dalam dunia pendidikan di Indonesia. Berbagai paradigma baru menyangkut guru, proses pembelajaran dan elemen-elemen penting dalam pendidikan dimuat dalam undang-undang tersebut. Dalam Pasal 3 Undang-undang No. 20 Tahun 2003 itu dijelaskan bahwa Pendidikan Nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warganegara yang demokratis serta bertanggung jawab.
Untuk mewujudkan tujuan yang kompleks tersebut, Pemerintah menetapkan standar nasional pendidikan yang tertuang dalam Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Dalam peraturan pemerintah ini dijelaskan bahwa Standar Nasional Pendidikan meliputi: 1) standar isi, 2) standar kompetensi lulusan, 3) standar proses 4) standar pendidik dan tenaga kependidikan, 5) standar sarana dan prasarana, 6) standar pengelolaan, 7) standar pembiayaan, dan 8) standar penilaian pendidikan. Melalui Standar Nasinal Pendidikan, sekolah dapat “berkaca diri” sejauh mana setiap standar pendidikan dicapainya.

SD Negeri 2 Kalaparea, Kecamatan Nagrak, Kabupaten Sukabumi terletak di Desa Girijaya  bagian timur ± 17 km sebelah timur Kabupaten Sukabumi yang didirikan pada tahun 1961 di atas tanah seluas ± 3.150 m2 dengan jumlah 7 ruang kelas, 1 ruang kepala sekolah, 1 ruang guru, 1 ruang UKS, 1 ruang sholat, 1 ruang perpustakaan dan 1 ruang pudang. Kondisi geografis yang demikian merupakan “tantangan” bagi warga sekolah untuk mengantisipasi berbagai pengaruh negatif yang datang dari luar sekolah.
Warga masyarakat, termasuk orang tua siswa mayoritas berprofesi sebagai Petani dan dari segi keadaan ekonomi masyarakat, warga masyarakat Girijaya jika dikategorikan termasuk kelas menengah ke bawah. SD Negeri 2 Kalapareabukan merupakan satu-satunya Sekolah Dasar Negeri di desa Girijaya.  Hal ini memacu SD Negeri 2 Kalapareauntuk senantiasa meningkatkan kualitas pendidikannya agar mampu bersaing. Sebagai contoh,  pada penerimaan siswa baru Tahun Pelajaran 2010/2011SD Negeri 2 Kalapareamemperoleh cukup banyak siswa baru yaitu 81 siswa.
Dukungan pemerintah, baik pusat maupun daerah, terhadap penyelenggaraan pendidikan di SD Negeri 2 Kalapareacukup baik. Pemerintah pusat melalui dana dekonstrasi Propinsi Jawa Barat cukup banyak membantu penyelenggaraan pendidikan. Pada tahun 2011/2012, jenis bantuan yang telah diterima oleh SD Negeri 2 Kalapareaadalah Bantuan Dana Alokasi Khusus (DAK)  dan pembangunan gedung perpustakaan. Pemerintah Daerah Kabupaten Sukabumi pun terus memberikan dukungan positif, yang ditandai dengan pemberian bantuan kepada sekolah. Sebagai contoh, setiap tahunnya Dinas Pendidikan Propinsi Jawa Barat selalu mengalokasikan dana bantuan guru honorer bagi guru yang honorer. Begitu juga dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Sukabumi.  Pemerintah Daerah berkomitmen  dengan menjadikan pendidikan sebagai prioritas utama pembangunan di Kabupaten Sukabumi dengan komitmen tersebut, SD Negeri 2 Kalapareadiharapkan dapat terus memacu mutu pendidikan untuk meraih cita-cita.
C.   VISI SEKOLAH

Terciptanya sekolah yang kondusif, inovatif, aman dan nyaman, unggul dalam prestasi tertib dalam administrasi dengan mengedepankan akhlakul karimah yang dilandasi iman dan taqwa.
Ø  Tujuan
-          Dapat mengamalkan ajaran agama hasil proses pembelajaran dan pembiasaan
-          Meraih prestasi akademik maupun non akademik Tingkat Kabupaten
-          Menguasai dasar-dasar ilmu pemgetahuan dan teknologi sebagai bekal untuk Melanjutkan kesekolah yang lebih tinggi.
-          Menjadi sekolah pelopor dan penggerak dilingkungan masyarakat sekitar
-          Menjadi sekolah yang diminati.

D.   MISI SEKOLAH
1.      Melakukan kegiatan dan pemikiran terus menerus terhadap perencanaan dan program yang sudah dilaksanakan
2.      Terciptanya hubungan yang harmonis antara warga sekolah dan masyarakat serta lingkungan sekolah.
3.      Menginventarisir potensi-potensi yang ada untuk mengembangkan prestasi dan sumber daya manusia.
4.      Menyerap kemajuan informasi dan teknologi dalam rangka meningkatkan profesional guru.
5.      Melibatkan peran serta seluruh warga sekolah dan orang tua serta masyarakat dalam rangka mensukseskan program sekolah.
6.      Terbitnya perilaku warga sekolah yang berakhlakul karimah.

E.   TUJUAN SEKOLAH DALAM 4 (EMPAT) TAHUN KE DEPAN

Pada tahun pelajaran 2014/2015 sampai dengan 2017/2018 diharapkan :

-          Dapat mengamalkan ajaran agama hasil proses pembelajaran dan pembiasaan
-          Meraih prestasi akademik maupun non akademik Tingkat Kecamatan
-          Menguasai dasar-dasar ilmu pemgetahuan dan tehnologi sebagai bekal untuk Melanjutkan kesekolah yang lebih tinggi.
-          Menjadi sekolah pelopor dan penggerak dilingkungan masyarakat sekitar
-          Menjadi sekolah yang diminati.


F.   PROGRAM STRATEGIS

1.  Pengembangan pemetaan Kompetensi Dasar
2.  Pengembangan silabus
3.  Pengembangan silabus penilaian
4.  Pengembangan RPP
5.  Pengembangan inovasi pembelajaran
6.  Pengembangan layanan bimbingan pembelajaran
7.  Pengembangan pendekatan CTL dalam pembelajaran
8.  Pengembangan pencapaian standar kompetensi lulusan secara continue dan terpadu
9.  Pengembangan minat dan bakat menyusun karya tulis
10. Pengembangan penguasaan operasi multimedia
11. Pengembangan kegiatan keagamaan
12. Pengembangan kegiatan apresiasi seni
13. Pengembangan prestasi olah raga
14. Pengembangan sarana, prasarana,dan media pendidikan.
15. Pengembangan upaya peningkatan SDM tenaga kependidikan.
16. Pengembangan sistem penilaian yang terukur dengan pendekatan CTL
17. Pengembangan pengelolaan sumber dana pendidikan


G.   STRATEGI PELAKSANAAN / PENCAPAIAN

1.       Pengembangan Standar isi (kurikulum) :
          Menjalin kerjasama dan mengoptimalisasikan warga sekolah dalam penyusunan pemetaan standar kompetensi, kompetensi dasar, penyusunan silabus, sistem penilaian, membuat RPP, membuat model-model penilaian melalui KKG, workshop, dan IHT untuk memenuhi dokumen kurikulum sekolah.
2.       Pengembangan inovasi pembelajaran :
          Mengadakan pelatihan-pelatihan pengembangan model-model pembelajaran.
3.       Pengembangan multi media
4.       Pengembangan kompetensi lulusan :
          Menjalin kerjasama antar tenaga pendidik sekolah dan antar lembaga pendidikan yang lebih maju untuk peningkatan pengetahuan dan pengalaman.
5.       Pengembangan prestasi akademik :
          Menciptakan peningkatan kinerja guru, perpustakaan, laboratorium dan sarana pendukung melalui pengadaan kelompok bimbingan terpadu.
6.       Pengembangan sikap kritis dan kewirausahaan :
          Mengadakan kegiatan pelatihan ketrampilan penunjang belajar dan penguasaan ketrmapilan bekal kemandirian melalui bimbingan terpadu dan kontinyu melalui pelatihan bekerjasama dengan lembaga yang memiliki kompetensi pada kecakapan yang diprogramkan.
7.       Pengembangan prestasi non akademik :
          Mengadakan pembinaan pada siswa yang berpotensi pada bidang seni dan olahraga melalui pelatihan yang teratur dan sistematis.
8.       Pengembangan kegiatan keagamaan :
          Bekerjasama dengan lembaga pendidikan Al Qur’an secara teratur, kerjasama dalam kegiatan keagamaan.
9.       Pengembangan sarana :
          Mengadakan peningkatan mutu dan jumlah sarana media pembelajaran yang masih mengalami kekurangan melalui pengadaan maupun bekerjasama dengan lembaga terkait.
10. Pengembangan tenaga kependidikan :
          Menjalin kerjasama dengan lembaga pengembang SDM pendidikan melalui pelakanaan workshop, pelatihan dan penataran.
11. Pengembangan penilaian :
          Mengadakan pelatihan sistem penilaian dan mengadakan departemen penilaian dan evaluasi.
12. Pengembangan pengelolaan dana pendidikan :
          Menjalin kerjasama dengan lembaga terkait guna penggalian sumber dana dari lembaga pemerintah, swasta dan masyarakat.

Jika menginginkan file lengkap nya unduh langsung di Google Drive dengan link dibawah ini :
Cover RKJM
Lembar Pengesahan RKJM
Bab I dan 2 RKJM
Bab III RKJM
Bab IV RKJM


Thanks for reading Bukti Fisik 94 poin a RKJM (Rencana Kerja Jangka Menengah)

Related Posts

Your Comments

No comments:

Copyright © DEDE AKSESORIS. All rights reserved. Template by CB Blogger