Bukti Fisik 94 poin b RKT (Rencana Kerja Tahunan) | DEDE AKSESORIS

Saturday, February 3, 2018

Bukti Fisik 94 poin b RKT (Rencana Kerja Tahunan)

February 03, 2018
Setelah kita melihat pon a di bukti fisik nomor 94 kini saatnya kita melanjutkan ke bukti fisik poin b nya. disini saya akan memaparkan sedikit tentang contoh Rencana Kerja Tahunan yang telah saya susun di sekolah tempat saya bekerja, kini saatnya saya berbagi kepada anda yang membutuhkan. semoga sedikit bermanfaat guna sebagai pelengkap akreditasi. Untuk yang menginginkan file dalam bentuk Microsoft Word dapat anda unduh dibawah postingan ini. tanpa basa basi, langsung saja kita simak Rencana Kerja Tahunan :


BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah
Peningkatan kualitas sumber daya menusia merupakan prasyarat mutlak untuk mencapai tujuan pembangunan. Salah satu wahana untuk meningkatkan kualitas SDM tersebut adalah pendidikan sehingga kualitas pendidikan harus senantiasa ditingkatkan termasuk peningkatan kualitas pendidikan di SD Negeri 2 Kalaparea Kecamatan Nagrak Kabupaten Sukabumi.
Sejalan dengan tuntutan dan kebutuhan masyarakat terhadap pendidikan anaknya, sekolah ini memerlukan peningkatan dan pengembangan dalam berbagai aspek, misalnya dalam hal kesiswaan, kurikulum dan kegiatan pembelajaran, pendidik dan tenaga kependidikan serta pengembangannya, sarana dan prasaran, keuangan dan pembiayaan, budaya dan lingkungan sekolah, peran serta masyarakat dan kemitraan, dalam pendidikan, serta lain-lain.Berdasarkan kondisi tersebut, maka perlu kiranya dilakukan upaya penyusunan Rencana Kerja Tahunan Sekolah (RKTS) agar sekolah memiliki rambu-rambu yang bisa dijadikan landasan dalam pengelolaan program, implementasi, memonitoring dan evaluasi yang baik, terstruktur dan terukur.
Rencana Kerja Tahunan SD Negeri 2 Kalaparea tahun 2014/2015 ini disusun bardasarkan :
1.    Hasilmonitoring dan evaluasi pelaksanaan RKAS tahun 2013/2014
2.    Pelaksanaanrencana program dan kegiatan RKS tahun 2014/2015
3.    Disesuaikandengan Permendiknas No. 19 tahun 2007 tentang Rencan Kerja Tahunan Sekolah (RKTS) yang dinyatakan dalam Rencana Kegiatan Anggaran Sekolah (RKAS). Berkaitan dengan uraian di atas, maka RKTS ini memuat pendahuluan, profil, harapan program kerja tahunan sekolah, rencana anggaran sekolah, dan  penutup.
B. Tujuan Penyusunan RKTS
Pada dasarnya tujuan penyusunan RKTS ini adalah :
1.    Membantu sekolah dalam membelanjakan anggaran secara bijaksana untuk meningkatkan kualitas pendidikan dalam satu tahun.
2.    Membantu sekolah dalam merespon tuntutan partisipasi masyarakat, dan
3.    Membantu sekolah dalam meningkatkan ketrbukaan dan akuntabilitas.
c. Manfaat RKTS
Manfaat RKTS ini dapat diuraikan sebagai berikut :
1.        Sebagai acuan bagi sekolah untuk mencapai terget-target peningkatan kualitan pendidikan yang akan dicapai dalam jangka pendek.
2.        Dapat digunakan sebagai panduan bagi sekolah dalam memanfaatkan subssdi baik subsidi dari pemerintah maupun dari nanpemerintah.
3.        Sebagai sumber inspirasi bagi seluruh warga sekolah dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan pembelajaran, dan
4.        Sebagai tolak ukur bagi keberhasilan implementasi berbagai program peningkatan mutu pendidikan di sekolah.
D.           Landasan Hukum
1.        Undang-undang No.20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 4 (pengelolaan dan pendidikan berdasar pada prinsip keadilan, efesiensi, transparansi dan akuntabilitas publik).
2.        Peraturan Pemerintah No.19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan pasal 53 (Setiap satuan pendidikan dikelola atas dasar rencana kerja tahunan yang merupakan penjabaran rinci dari rencana verja jangka menengah satuan pendidikan yang meliputi masa  4 tahun.

3.        Permendiknas No. 19 Tahun 2007 tentang Stándar Pengelolaan Pendidikan dinyatakan bahwa sekolah/madrasah membuat (1) Rencana Kerja Jangka Menengah yang menggambarkan tujuan yang akan ingin dicapai dalam kurun waktu 4 tahun yang berkaitan dengan mutu lulusan yang ingin dicapai dan perbaikan komponen yang mendukung peningkatan mutu lulusan dan (2) Rencana Kerja Tahunan yang dinyatakan dalam Rencana Kegiatan dan anggaran sekolah/ Madrasah (RKAS) dilaksanakaan berdasarkan Rencana Kerja jangka menengah.



BAB II
PROGRAM KERJA TAHUNAN SEKOLAH (RKTS)

Dalam menyusun program kerja tahunan sekolah ini meliputi dua kegitan, yaitu
1.        Merumuskan program sekolah yang dilakukan melalui empat langkah :
a.         Menetapkansasaran
b.         Merumuskanprogram dan menetapkan penanggung jawab program
c.         Menentukanindikator keberhasilan, dan   
d.        Menentukankegiatan, dan
2.        Menyusunjadwal kegiatan.
Berdasakan uraian di atas maka di bawah ini akan diuraikan tentang :
1.    Program Kerja Tahunan Sekolah (RKTS) SD Negeri 2 Kalaparea Tahun Pelajaran 2014/2015 yang terdiri dari sasaran, program, indikator, kegiatan dan penanggung jawab.
Jadwal Kegiatan Rencana Kerja Tahunan Sekolah Tahun Pelajaran 2014/2015

BAB III
RENCANA ANGGARAN SEKOLAH

Dalam menyusun Rencana Anggaran Sekolah Telah dilakukan kegiatan-kegiatan yaitu  :
1.        MenyusunRencanaBiaya
2.        Menghitungrencanabiaya dan pendanaan
3.        MenyesuaikanRencanaBiayadengansumberPendanaan dan
4.        MenyusunRencanaKegiatan dan AnggaranSekolah (RKAS)

Berkaitandenganhaldiatas, makadalamRencanaAnggaranSekolahiniakandiuraikan :
1.        Rencanabiaya dan SumberPendanaan SD Negeri 2 Kalapareatahunpelajaran2014/2015
2.        RencanaKegiatan dan AnggaranSekolahTahun2014/2015

BAB IV
PENUTUP

Rencana Kerja Tahunan Sekolah (RKTS) SD Negeri 2 Kalaparea Kabupaten Sukabumi ini merupakan dokumen perencanaan jangka pendek yang disusun berdasarkan dokumen perencanaan jangka menengah 4 tahun untuk meningkatkan mutu pendidikan di sekolah. Rencana Kerja Tahunan Sekolah ini memuat semua program/ kegiatan yang akan dilaksanakan pada tahun 2014/2015, baik yang bersifat strategis maupun yang bersifat rutin.
Dari hasil monitoring dan evaluasi pelaksanaan program/kegiatan tahun 2013/2014 dan hasil kesepakatan para pemangku kepentingan di SD Negeri 2 Kalaparea, maka perencanaan program/kegiatan strategis yang akan dikembangkan pada tahun 2014/2015 adalah :
1.      Kesiswaan
2.      Kurikulum dan Kegiatan Pembelajaran
3.      Sarana dan Prasarana
4.      Keuangan dan Pembiayaan
5.      Pendidik dan Tenaga Kependidikan
6.      Budaya dan Lingkungan
7.      Peran Serta Masyarakat dan Kemitraan.
Dengan adanya RKTS ini sekolah akan lebih mudah melaksanakan pengelolaan program/kegiatan,Implementasi, Monitoring, dan Evaluasi yang baik,terstruktur dan terukur dalam upaya peningkatan mutu pendidikan di SD Negeri 2 Kalaparea. Namun demikian, keberhasilan pelaksanaan Rencana Kerja Tahunan ini tergantung dari partisipasi semua takeholder di SD Negeri 2 Kalaparea.

Download File dibawah ini :

Thanks for reading Bukti Fisik 94 poin b RKT (Rencana Kerja Tahunan)

Related Posts

Your Comments

No comments:

Copyright © DEDE AKSESORIS. All rights reserved. Template by CB Blogger