Bukti Fisik Standar Pembiayaan | DEDE AKSESORIS

Thursday, January 25, 2018

Bukti Fisik Standar Pembiayaan

January 25, 2018

07. STANDAR  PEMBIAYAAN
NO
BUTIR INSTRUMEN
BUKTI FISIK
SUBTANSI MATERI
111
Sekolah/Madrasah memiliki catatan tahunan berupa dokumen investasisarana dan prasarana secara menyeluruh.

A.   Memiliki catatan tahunan berupa dokumen nilai aset saranadan prasarana secara menyeluruh selama 3 tahun terakhir

B.   Memiliki catatan tahunan berupa dokumen nilai aset saranadan prasarana secara menyeluruh selama 2 tahun terakhir

C.   Memiliki catatan tahunan berupa dokumen nilai aset saranadan prasarana secara menyeluruh selama 1 tahun terakhir

D.   Memiliki catatan tahunan berupa dokumen nilai aset saranadan prasarana secara tidak menyeluruh selama 1 (satu) tahunterakhir

E.   Tidak memiliki catatan tahunan berupa dokumen nilai asetsarana dan prasarana
1.     Dokumen investasi nilai  aset sarana dan prasarana 3 tahun terakhir
2.     Ada standar harga sesuai  Perbup/ Perwal
Catatan setiap tahun

112
Sekolah/Madrasah membelanjakan biaya untuk pengembangan pendidikdan tenaga kependidikan berdasarkan Rencana Kerja dan AnggaranSekolah/Madrasah (RKA-S/M).

A.   Membelanjakan biaya sebanyak 76% — 100% dari anggaranpengembangan pendidik dan tenaga kependidikan dalam RKA-S/M

B.   Membelanjakan biaya sebanyak 51% — 75% dari anggaranpengembangan pendidik dan tenaga kependidikan dalam RKA-S/M

C.   Membelanjakan biaya sebanyak 26% — 50% dari anggaranpengembangan pendidik dan tenaga kependidikan dalam RKA-S/M

D.   Membelanjakan biaya sebanyak 1% — 25% dari anggaranpengembangan pendidik dan tenaga kependidikan dalam RKA-S/M

E.   Tidak membelanjakan biaya untuk pengembangan pendidikdan tenaga kependidikan
1.     RKAS
2.     Bukti Pembelanjaan Pengembangan Pendidik dan tenaga kependidikan
3.     Daftar peserta penerima tahun sebelumnya

Persentase pembelanjaan biaya pengembangan PTK

113
Sekolah/Madrasah memiliki modal kerja sebesar yang tertuang dalamRKA-S/M untuk membiayai seluruh kebutuhan pendidikan

A.   Sekolah/Madrasah dapat merealisasikan 91% — 100% modal kerja

B.   Sekolah/Madrasah dapat merealisasikan 81% — 90% modal kerja

C.   Sekolah/Madrasah dapat merealisasikan 71% — 80% modal kerja

D.   Sekolah/Madrasah dapat merealisasikan kurang dari 70% modal kerja
 

E.   Sekolah/Madrasah tidak dapat merealisasikan modal kerja

1         RKA-S/M
2         Buku Kas keuangan
3         Realisasi RKA-S/M
Persentase realisasi penggunaan biaya modal
114
Sekolah/Madrasah membayar gaji, honor kegiatan-kegiatan sekolah,insentif, dan tunjangan lain pendidik pada tahun berjalan.

A.   Mengeluarkan dana untuk pembayaran gaji, honor kegiatan-kegiatan sekolah, insentif, dan tunjangan lain bagi pendidikpada tahun berjalan

B.   Mengeluarkan dana untuk pembayaran gaji, honor kegiatan-kegiatan sekolah, dan insentif, tetapi tidak mengeluarkantunjangan lain bagi pendidik pada tahun berjalan

C.   Mengeluarkan dana untuk pembayaran gaji dan honorkegiatan-kegiatan sekolah tetapi tidak membayar insentif dantunjangan lain bagi pendidik pada tahun berjalan

D.   Mengeluarkan dana untuk pembayaran gaji tetapi tidakmembayar honor kegiatan-kegiatan sekolah, insentif dantunjangan lain bagi pendidik pada tahun berjalan



E.   Tidak mengeluarkan dana untuk gaji, honor kegiatan-kegiatansekolah, insentif, dan tunjangan lain bagi pendidik pada tahunberjalan sesuai yang direncanakan

1         RKA-S/M
2         Daftar gaji guru
3         Daftar penerimaan gaji pendidik, honor,insentif dan tunjangan lain

Banyak jenis  kesejahteraan pendidik yang dibayarkan pada tahun berjalan
115
Sekolah/Madrasah membayar gaji, honor kegiatan-kegiatan sekolah,insentif, dan tunjangan lain tenaga kependidikan pada tahun berjalan.

A.   Mengeluarkan dana untuk pembayaran gaji, honor kegiatan-kegiatan sekolah, insentif, dan tunjangan lain bagi tenagakependidikan pada tahun berjalan

B.   Mengeluarkan dana untuk pembayaran gaji, honor kegiatan-kegiatan sekolah, dan insentif, tetapi tidak mengeluarkantunjangan lain bagi tenaga kependidikan pada tahun berjalan

C.   Mengeluarkan dana untuk pembayaran gaji dan honorkegiatan-kegiatan sekolah tetapi tidak membayar insentif dantunjangan lain bagi tenaga kependidikan pada tahun berjalan

D.   Mengeluarkan dana untuk pembayaran gaji tetapi tidakmembayar honor kegiatan-kegiatan sekolah, insentif dantunjangan lain bagi tenaga kependidikan pada tahun berjalan

E.   Tidak mengeluarkan dana apa pun bagi tenaga kependidikanpada tahun berjalan
1.       RKA-S/M
2.       Daftar gaji guru
3.       Daftar penerimaan gaji tenaga kependidikan, honor,insentif dan tunjangan lain.
Banyak jenis  kesejahteraan tenaga kependidikan  yang dibayarkan pada tahun berjalan
116
Sekolah/Madrasah membelanjakan biaya untuk menunjang pelaksanaankegiatan pembelajaran untuk satu tahun terakhir.

A.   Membelanjakan biaya sebanyak 76% — 100% dari alokasianggaran penunjang pelaksanaan kegiatan pembelajaran

B.   Membelanjakan biaya sebanyak 51% — 75% dari alokasianggaran penunjang pelaksanaan kegiatan pembelajaran

C.   Membelanjakan biaya sebanyak 26% — 50% dari alokasianggaran penunjang pelaksanaan kegiatan pembelajaran

D.   Membelanjakan biaya sebanyak 1% — 25% dari alokasianggaran penunjang pelaksanaan kegiatan pembelajaran

E.   Tidak membelanjakan alokasi biaya anggaran penunjangpelaksanaan kegiatan pembelajaran

1         RKA-S/M
2         Laporan keuangan
dan nota dan  kuitansi pembelanjaan biaya penunjang kegiatan pembelajaran.
Persentase pembelanjaan dari alokasi anggaran penunjang pelaksanaan kegiatan pembelajaran tahun sebelumnya
117
Sekolah/Madrasah membelanjakan dana untuk kegiatan kesiswaanselama satu tahun terakhir.

A.   Membelanjakan dana sebanyak 76% — 100% dari alokasianggaran kegiatan kesiswaan

B.   Membelanjakan dana sebanyak 51% — 75% dari alokasianggaran kegiatan kesiswaan

C.   Membelanjakan dana sebanyak 26% — 50% dari alokasianggaran kegiatan kesiswaan
 

D.   Membelanjakan dana sebanyak 1% — 25% dari alokasianggaran kegiatan kesiswaan

E.   Tidak membelanjakan alokasi dana anggaran kegiatankesiswaan

1         RKA-S/M
2         Laporan keuangan, nota dan  kuitansi pembelanjaan dana kegiatan kesiswaan
Persentase pembelanjaan dari alokasi dana kegiatan siswa selama satu tahun terakhir
118
Sekolah/Madrasah membelanjakan biaya pengadaan alat tulis untukkegiatan pembelajaran selama satu tahun terakhir.
A.   Membelanjakan biaya sebanyak 76% — 100% dari alokasianggaran pengadaan alat tulis

B.   Membelanjakan biaya sebanyak 51% — 75% dari alokasianggaran pengadaan alat tulis

C.   Membelanjakan biaya sebanyak 26% — 50% dari alokasianggaran pengadaan alat tulis

D.   Membelanjakan biaya sebanyak 1% — 25% dari alokasianggaran pengadaan alat tulis
 

E.   Tidak membelanjakan alokasi biaya pengadaan alat tulis
1.    RKA-S/M
2.    Laporan keuangan, nota dan  kuitansi pembelanjaan alat tulis kegiatan pembelajaran
Persentase pembelanjaan dari alokasi biaya pengadaan alat tulis untuk kegiatan pembelajaran selama satu tahun terakhir
119
Sekolah/Madrasah membelanjakan biaya pengadaan bahan habis pakaiuntuk kegiatan pembelajaran selama satu tahun terakhir.

A.   Rounded Rectangle:  Membelanjakan biaya sebanyak 76% — 100% dari alokasianggaran pengadaan bahan habis pakai
Rounded Rectangle:
 

B.   Membelanjakan biaya sebanyak 51% — 75% dari alokasianggaran pengadaan bahan habis pakai
 

C.   Membelanjakan biaya sebanyak 26% — 50% dari alokasianggaran pengadaan bahan habis pakai
 

D.   Membelanjakan biaya sebanyak 1% — 25% dari alokasianggaran pengadaan bahan habis pakai
 

E.   Tidak membelanjakan biaya pengadaan bahan habis pakaiselama satu tahun terakhir
1.   RKA-S/M
2.   Laporan keuangan,  nota dan  kuitansi pembelanjaan biaya pengadaan bahan habis pakai kegiatan pembelajaran.
Persentase pembelanjaan dari alokasi biaya pengadaan bahan habis pakai selama satu tahun terakhir













120
Sekolah/Madrasah membelanjakan biaya pengadaan alat habis pakaiuntuk kegiatan pembelajaran selama satu tahun terakhir.

A.   Membelanjakan biaya sebanyak 76% — 100% dari alokasianggaran pengadaan alat habis pakai

B.   Membelanjakan biaya sebanyak 51% — 75% dari alokasianggaran pengadaan alat habis pakai

C.   Membelanjakan biaya sebanyak 26% — 50% dari alokasi anggaran pengadaan alat habis pakai

D.   Membelanjakan biaya sebanyak 1% — 25% dari alokasi anggaran pengadaan alat habis pakai

E.   Tidak membelanjakan alokasi biaya pengadaan alat habispakai selama satu tahun terakhir
1.    RKA-S/M
2.    Laporan keuangan, nota dan  kuitansi pembelanjaan biaya pengadaan alat habis pakai kegiatan pembelajaran
Persentase pembelanjaan dari alokasi biaya pengadaan alat habis pakai selama satu tahun terakhir
121
Sekolah/Madrasah membelanjakan biaya pengadaan kegiatan rapatselama satu tahun terakhir.

A.   Membelanjakan biaya sebanyak 76% — 100% dari alokasibiaya pengadaan kegiatan rapat selama satu tahun terakhir

B.   Membelanjakan biaya sebanyak 51% — 75% dari alokasibiaya pengadaan kegiatan rapat selama satu tahun terakhir

C.   Membelanjakan biaya sebanyak 26% — 50% dari alokasibiaya pengadaan kegiatan rapat selama satu tahun terakhir

D.   Membelanjakan biaya sebanyak 1% — 25% dari alokasi biayapengadaan kegiatan rapat selama satu tahun terakhir

E.   Tidak membelanjakan biaya biaya pengadaan kegiatan rapatselama satu tahun terakhir


1         RKA-S/M
2         Laporan keuangan biaya rapat
3         Kuitansi pengeluaran biaya rapat

Persentase pembelanjaan biaya rapat selama satu tahun terakhir
122
Sekolah/Madrasah membelanjakan biaya pengadaan transport danperjalanan dinas selama satu tahun terakhir.

A.   Membelanjakan biaya sebanyak 76% — 100% dari anggaranpengadaan transport dan perjalanan dinas

B.   Membelanjakan biaya sebanyak 51% — 75% dari anggaranpengadaan transport dan perjalanan dinas

C.   Membelanjakan biaya sebanyak 26% — 50% dari anggaranpengadaan transport dan perjalanan dinas
 

D.   Membelanjakan biaya sebanyak 1% — 25% dari anggaranpengadaan transport dan perjalanan dinas
 

E.   Tidak membelanjakan biaya pengadaan transport danperjalanan dinas
1         RKA-S/M
2         Laporan keuangan biaya transport dan perjalanan dinas
3         Bukti fisik penggunaan
Persentase pembelanjaan biaya pengadaan transpot dan perjalanan dinas selama satu tahun terakhir
123
Sekolah/Madrasah membelanjakan biaya penggandaan soal-soalulangan/ujian selama satu tahun terakhir.

A.   Membelanjakan biaya sebanyak 76% — 100% dari alokasianggaran penggandaan soal-soal ulangan/ujian

B.   Membelanjakan biaya sebanyak 51% — 75% dari alokasianggaran penggandaan soal-soal ulangan/ujian

C.   Membelanjakan biaya sebanyak 26% — 50% dari alokasianggaran penggandaan soal-soal ulangan/ujian
 

D.   Membelanjakan biaya sebanyak 1% — 25% dari alokasianggaran penggandaan soal-soal ulangan/ujian
 

E.   Tidak membelanjakan alokasi biaya penggandaan soal-soalulangan/ujian
1         RKA-S/M
2          Laporan keuangan biaya penggandaan soal UAS/ujian
3         Bukti fisik nota dan kuitansi penggandaan soal

Persentase pembelanjaan biaya penggandaan soal selama satu tahun terakhir
124
Sekolah/Madrasah membelanjakan biaya pengadaan daya dan jasaselama satu tahun terakhir.

A.   Membelanjakan biaya sebanyak 76% — 100% dari alokasianggaran pengadaan daya dan jasa

B.   Membelanjakan biaya sebanyak 51% — 75% dari alokasianggaran pengadaan daya dan jasa

C.   Membelanjakan biaya sebanyak 26% — 50% dari alokasianggaran pengadaan daya dan jasa
 

D.   Membelanjakan biaya sebanyak 1% — 25% dari alokasianggaran pengadaan daya dan jasa
 

E.   Tidak membelanjakan alokasi biaya pengadaan daya dan jasa


1.    RKA-S/M
2.     Laporan keuangan biaya pengadaan daya dan jasa
3.    Bukti fisik nota dan kuitansi

Persentase pembelanjaan biaya pengadaan daya dan jasa selama satu tahun terakhir
125
Sekolah/Madrasah membelanjakan anggaran untuk mendukungkegiatan operasi tidak langsung untuk satu tahun terakhir.

A.   Rounded Rectangle:  Membelanjakan biaya sebanyak 76% — 100% dari alokasianggaran untuk mendukung kegiatan operasi tidak langsung
Rounded Rectangle:
 

B.   Membelanjakan biaya sebanyak 51% — 75% dari alokasianggaran untuk mendukung kegiatan operasi tidak langsung

C.   Membelanjakan biaya sebanyak 26% — 50% dari alokasianggaran untuk mendukung kegiatan operasi tidak langsung
 

D.   Membelanjakan biaya sebanyak 1% — 25% dari alokasianggaran untuk mendukung kegiatan operasi tidak langsung

E.   Tidak membelanjakan alokasi biaya untuk mendukungkegiatan operasi tidak langsung
1.     RKA-S/M
2.      Laporan keuangan pembelajaan anggaran kegiatan yang mendukungoperasi tidak langsung
3.     Bukti fisik nota dan kuitansi kegiatan operasi tidak langsung

  1. Persentase pembelanjaan anggaran kegiatan yang mendukung operasi tidak langsung   selama satu tahun terakhir
126
Biaya operasi sekolah digunakan untuk: (1) kesejahteraan warga sekolah/madrasah, (2) pengembangan guru dan tenaga kependidikan, (3) sarana prasarana, (4) pengembangan kurikulum dan kegiatan pembelajaran, dan (5) kegiatan ketatausahaan.

A.   Selama setahun terakhir digunakan untuk 4 — 5 pos

B.   Selama setahun terakhir digunakan untuk 3 pos

C.   Selama setahun terakhir digunakan untuk 2 pos
 

D.   Selama setahun terakhir digunakan hanya untuk 1 pos

E.   Selama setahun terakhir belum digunakan

1         RKA-S/M
2         Laporan pengguanaan biaya operasi  sekolah
3         Bukti kuitansi pengguanaan biaya operasi  sekolah (untuk 5 pos kegiatan)

Banyak pos kegiatan yang dibiayai
127
Sekolah/Madrasah memungut biaya pendidikan.
 

A.   Seluruh siswa tidak dipungut biaya pendidikan
 

B.    Sebanyak 1% — 25% siswa dipungut biaya pendidikan
 

C.    Sebanyak 26% — 50% siswa dipungut biaya pendidikan
 

D.   Sebanyak 51% — 75% siswa dipungut biaya pendidikan

E.   Sebanyak 76% — 100% siswa dipungut biaya pendidikan

1.     Undangan
2.     daftar hadir,
3.     Notulen rapat,
4.     SK kepala sekolah tentang pungutan sekolah

Presentase siswa dipungut biaya pendidikan
128
Siswa dikenakan biaya pendaftaran ulang setiap awal tahun pelajaran.

A.   Tidak ada seorangpun siswa dikenakan biaya pendaftaranulang pada setiap awal tahun pelajaran

B.    Sebanyak 1% — 25% siswa dikenakan biaya pendaftaranulang pada setiap awal tahun pelajaran

C.   Sebanyak 26% — 50% siswa dikenakan biaya pendaftaranulang pada setiap awal tahun pelajaran
 

D.   Sebanyak 51% — 75% siswa dikenakan biaya pendaftaranulang pada setiap awal tahun pelajaran
 

E.   Sebanyak 76% — 100% siswa dikenakan biaya pendaftaranulang pada setiap awal tahun pelajaran
1.     Undangan
2.     daftar hadir,
3.     Notulen rapat,
4.     SK Kepala Sekolah  tentang biaya daftar ulang
5.     surat edaran tentang ada tidaknya biaya ulang

Persentase siswa yang dipungut biaya daftar ulang
129
Sekolah/Madrasah melaksanakan subsidi silang untuk membantu siswa kurang mampu

A.   Melaksanakan subsidi silang untuk membantu 90% siswakurang mampu
 

B.   Melaksanakan subsidi silang untuk membantu 80 — 89%siswa kurang mampu
 

C.   Melaksanakan subsidi silang untuk membantu 70 — 79%siswa kurang mampu
 

D.   Melaksanakan subsidi silang untuk membantu kurang dari70% siswa kurang mampu
 

E.   Tidak melaksanakan subsidi silang untuk membantu siswakurang mampu

1.     SK Kepala Sekolah  tentang penerima bantuan atau pengura ngan/ pembebasan  biaya pendidikan
2.     Daftar penerima bea siswa

Persentase siswa penerima dari daftar yang tertuang dalam SK kepala sekolah
130
Sekolah/Madrasah melakukan pungutan biaya personal lain di sampinguang sekolah/madrasah.

A.   Tidak melakukan pungutan biaya personal lain di sampinguang sekolah/madrasah

B.   Melakukan 1 jenis pungutan biaya personal lain di sampinguang sekolah/madrasah

C.   Melakukan 2 jenis pungutan biaya personal lain di sampinguang sekolah/madrasah
 

D.   Melakukan 3 jenis pungutan biaya personal lain di sampinguang sekolah/madrasah

E.   Melakukan 4 jenis atau lebih pungutan biaya personal lain disamping uang sekolah/madrasah


SK Kepala Sekolah tentang pungutan biaya personalmeliputi : biaya ujian, praktikum, perpisahan dan studitour.

Banyaknya jenis pungutan biaya personal





131
Pengambilan keputusan sekolah/madrasah untuk menarik atau tidak menarik dana dari masyarakat dilakukan dengan melibatkan unsur: (1) penyelenggara pendidikan/ yayasan, (2) kepala sekolah/madrasah, (3) komite sekolah/madrasah, (4) perwakilan guru, dan (5) perwakilan tenaga kependidikan.

A.   Pengambilan keputusan dilakukan dengan melibatkan 4 unsuryang terkait atau lebih

B.   Pengambilan keputusan dilakukan dengan melibatkan 3 unsur yang terkait

C.   Pengambilan keputusan dilakukan dengan melibatkan 2 unsur yang terkait
 

D.   Pengambilan keputusan dilakukan dengan melibatkan hanya 1unsur yang terkait

E.   Pengambilan keputusan dilakukan berdasarkansekolah/madrasah lainnya


Dokumen rapat
1.    Undangan rapat
2.    Daftar hadir
3.    Notulen rapat





Banyaknya unsur yang terliabat dalam pengambilan keputusan
132
Pengelolaan dana dilakukan secara sistematis, transparan, efisien, danakuntabel.


A.   Dilakukan secara sistematis, transparan, efisien, danakuntabel

B.   Dilakukan secara sistematis, transparan, dan efisien, tetapitidak akuntabel

C.   Dilakukan secara sistematis dan transparan tetapi tidak efisiendan akuntabel
 

D.   Dilakukan secara sistematis tetapi tidak transparan, efisien,dan akuntabel
 

E.   Tidak sistematis, transparan, efisien, dan akuntabel

1.      Laporan keuangan.
2.      Buku kas umum dan buku kas pembantu

Pengelolaan dana secara sistematis, transparan, efisien dan akuntabel
dipajangkan

133
Sekolah/Madrasah memiliki pedoman pengelolaan keuangan sebagaidasar dalam penyusunan RKA-S/M.

A.   Memiliki pedoman pengelolaan keuangan selama 4 tahunterakhir secara berturut-turut

B.   Memiliki pedoman pengelolaan keuangan selama 3 tahunterakhir secara berturut-turut

C.   Memiliki pedoman pengelolaan keuangan selama 2 tahunterakhir secara berturut-turut
 

D.   Memiliki pedoman pengelolaan keuangan selama 1 tahunterakhir

E.   Tidak memiliki pedoman pengelolaan keuangan


Dokumen Pedoman pengelolaan keuangan
BOSNAS, BOSDA, dan buku pedoman keuangan lainnya
Ksepemilikan pedoman pengelolaan keuangan 1-4 tahun terakir.
134
Sekolah/Madrasah memiliki pembukuan biaya operasional.

A.   Memiliki pembukuan biaya operasi secara menyeluruh selama3 tahun terakhir secara berturut-turut

B.   Memiliki pembukuan biaya operasi secara menyeluruh selama2 tahun terakhir secara berturut-turut

C.   Memiliki pembukuan biaya operasi secara menyeluruh selama1 tahun terakhir
 

D.   Memiliki pembukuan biaya operasi secara tidak menyeluruhselama 1 tahun terakhir
 

E.   Tidak memiliki pembukuan biaya operasional

1.     RKAS yang memuat pembukuan biaya operasional secara rinci selama 3 tahun
2.     Buku Kas dan buku Pembantu lainnya
3.     Laporan pertanggungjawaban yang sesuai pedoman.
Kepemilikan pembukuan biaya operasi secara menyeluruh
135
Sekolah/Madrasah membuat laporan pertanggungjawaban pengelolaankeuangan dan menyampaikannya kepada pemerintah atau yayasan.

A.   Membuat laporan pertanggungjawaban pengelolaan keuangandan menyampaikannya kepada pemerintah atau yayasanselama 4 tahun terakhir

B.   Membuat laporan pertanggungjawaban pengelolaan keuangandan menyampaikannya kepada pemerintah atau yayasanselama 3 tahun terakhir

C.   Membuat laporan pertanggungjawaban pengelolaan keuangandan menyampaikannya kepada pemerintah atau yayasanselama 2 tahun terakhir
 

D.   Membuat laporan pertanggungjawaban pengelolaan keuangandan menyampaikannya kepada pemerintah atau yayasanselama 1 tahun terakhir
 

E.   Tidak membuat laporan pertanggungjawaban pengelolaankeuangan
1.      Dokumen laporan pertanggungjawaban pengelolaan keuangan
2.      Bukti penyampaian laporan kepada pemerintah atau yayasan tiap-tiap  tahun
Penyampaian laporan pertanggungjawaban keuangan 4 tahun terakir




Thanks for reading Bukti Fisik Standar Pembiayaan

Related Posts

Your Comments

No comments:

Copyright © DEDE AKSESORIS. All rights reserved. Template by CB Blogger