NO
|
BUTIR
INSTRUMEN
|
BUKTI FISIK
|
SUBTANSI
MATERI
|
||||||||||||
111
|
Sekolah/Madrasah memiliki catatan tahunan berupa dokumen
investasisarana dan prasarana secara menyeluruh.
A. Memiliki catatan tahunan
berupa dokumen nilai aset saranadan prasarana secara menyeluruh selama 3
tahun terakhir
B. Memiliki catatan tahunan
berupa dokumen nilai aset saranadan prasarana secara menyeluruh selama 2
tahun terakhir
C. Memiliki catatan tahunan
berupa dokumen nilai aset saranadan prasarana secara menyeluruh selama 1
tahun terakhir
D. Memiliki catatan tahunan
berupa dokumen nilai aset saranadan prasarana secara tidak menyeluruh selama
1 (satu) tahunterakhir
E. Tidak memiliki catatan
tahunan berupa dokumen nilai asetsarana dan prasarana
|
1.
Dokumen investasi nilai aset sarana dan prasarana 3 tahun
terakhir
2.
Ada standar harga sesuai Perbup/
Perwal
|
Catatan setiap tahun
|
||||||||||||
112
|
Sekolah/Madrasah membelanjakan biaya untuk pengembangan pendidikdan
tenaga kependidikan berdasarkan Rencana Kerja dan AnggaranSekolah/Madrasah
(RKA-S/M).
A. Membelanjakan biaya
sebanyak 76% — 100% dari anggaranpengembangan pendidik dan tenaga
kependidikan dalam RKA-S/M
B. Membelanjakan biaya
sebanyak 51% — 75% dari anggaranpengembangan pendidik dan tenaga kependidikan
dalam RKA-S/M
C. Membelanjakan biaya
sebanyak 26% — 50% dari anggaranpengembangan pendidik dan tenaga kependidikan
dalam RKA-S/M
D. Membelanjakan biaya
sebanyak 1% — 25% dari anggaranpengembangan pendidik dan tenaga kependidikan
dalam RKA-S/M
E. Tidak membelanjakan
biaya untuk pengembangan pendidikdan tenaga kependidikan
|
1.
RKAS
2.
Bukti Pembelanjaan Pengembangan Pendidik dan tenaga kependidikan
3.
Daftar peserta penerima tahun sebelumnya
|
Persentase pembelanjaan biaya pengembangan PTK
|
||||||||||||
113
|
Sekolah/Madrasah memiliki modal kerja sebesar yang tertuang
dalamRKA-S/M untuk membiayai seluruh kebutuhan pendidikan
A. Sekolah/Madrasah dapat
merealisasikan 91% — 100% modal kerja
B. Sekolah/Madrasah dapat
merealisasikan 81% — 90% modal kerja
C. Sekolah/Madrasah dapat
merealisasikan 71% — 80% modal kerja
D. Sekolah/Madrasah dapat
merealisasikan kurang dari 70% modal kerja
E. Sekolah/Madrasah tidak dapat merealisasikan
modal kerja
|
1
RKA-S/M
2
Buku Kas keuangan
3
Realisasi RKA-S/M
|
Persentase realisasi penggunaan biaya modal
|
||||||||||||
114
|
Sekolah/Madrasah membayar gaji, honor kegiatan-kegiatan
sekolah,insentif, dan tunjangan lain pendidik pada tahun berjalan.
A. Mengeluarkan dana untuk
pembayaran gaji, honor kegiatan-kegiatan sekolah, insentif, dan tunjangan lain bagi pendidikpada tahun
berjalan
B. Mengeluarkan dana untuk
pembayaran gaji, honor kegiatan-kegiatan sekolah, dan insentif, tetapi tidak mengeluarkantunjangan lain bagi
pendidik pada tahun berjalan
C. Mengeluarkan dana untuk
pembayaran gaji dan honorkegiatan-kegiatan sekolah tetapi tidak membayar
insentif dantunjangan lain bagi pendidik pada tahun berjalan
D. Mengeluarkan dana untuk
pembayaran gaji tetapi tidakmembayar honor kegiatan-kegiatan sekolah, insentif
dantunjangan lain bagi pendidik pada tahun berjalan
E. Tidak mengeluarkan dana
untuk gaji, honor kegiatan-kegiatansekolah, insentif, dan tunjangan lain bagi
pendidik pada tahunberjalan sesuai yang direncanakan
|
1
RKA-S/M
2
Daftar gaji guru
3
Daftar penerimaan gaji pendidik, honor,insentif dan tunjangan lain
|
Banyak jenis kesejahteraan
pendidik yang dibayarkan pada tahun berjalan
|
||||||||||||
115
|
Sekolah/Madrasah membayar gaji, honor kegiatan-kegiatan
sekolah,insentif, dan tunjangan lain tenaga kependidikan pada tahun berjalan.
A. Mengeluarkan dana untuk pembayaran gaji, honor
kegiatan-kegiatan sekolah,
insentif, dan tunjangan lain bagi tenagakependidikan pada tahun berjalan
B. Mengeluarkan
dana untuk pembayaran gaji, honor kegiatan-kegiatan
sekolah, dan insentif, tetapi tidak mengeluarkantunjangan lain bagi
tenaga kependidikan pada tahun berjalan
C. Mengeluarkan dana untuk
pembayaran gaji dan honorkegiatan-kegiatan sekolah tetapi tidak membayar
insentif dantunjangan lain bagi tenaga kependidikan pada tahun berjalan
D. Mengeluarkan dana untuk
pembayaran gaji tetapi tidakmembayar honor kegiatan-kegiatan sekolah,
insentif dantunjangan lain bagi tenaga kependidikan pada tahun berjalan
E. Tidak mengeluarkan dana
apa pun bagi tenaga kependidikanpada tahun berjalan
|
1.
RKA-S/M
2.
Daftar gaji guru
3.
Daftar penerimaan gaji tenaga kependidikan, honor,insentif dan tunjangan
lain.
|
Banyak jenis kesejahteraan tenaga
kependidikan yang dibayarkan pada
tahun berjalan
|
||||||||||||
116
|
Sekolah/Madrasah membelanjakan biaya untuk menunjang
pelaksanaankegiatan pembelajaran untuk satu tahun terakhir.
A. Membelanjakan biaya
sebanyak 76% — 100% dari alokasianggaran penunjang pelaksanaan kegiatan
pembelajaran
B. Membelanjakan biaya
sebanyak 51% — 75% dari alokasianggaran penunjang pelaksanaan kegiatan
pembelajaran
C. Membelanjakan biaya
sebanyak 26% — 50% dari alokasianggaran penunjang pelaksanaan kegiatan
pembelajaran
D. Membelanjakan biaya
sebanyak 1% — 25% dari alokasianggaran penunjang pelaksanaan kegiatan
pembelajaran
E. Tidak membelanjakan
alokasi biaya anggaran penunjangpelaksanaan kegiatan pembelajaran
|
1
RKA-S/M
2
Laporan
keuangan
dan nota dan
kuitansi pembelanjaan biaya penunjang kegiatan pembelajaran.
|
Persentase pembelanjaan dari alokasi anggaran penunjang pelaksanaan
kegiatan pembelajaran tahun
sebelumnya
|
||||||||||||
117
|
Sekolah/Madrasah membelanjakan dana untuk kegiatan kesiswaanselama
satu tahun terakhir.
A. Membelanjakan dana
sebanyak 76% — 100% dari alokasianggaran kegiatan kesiswaan
B. Membelanjakan dana
sebanyak 51% — 75% dari alokasianggaran kegiatan kesiswaan
C. Membelanjakan dana
sebanyak 26% — 50% dari alokasianggaran kegiatan kesiswaan
D. Membelanjakan dana sebanyak 1% — 25% dari
alokasianggaran kegiatan kesiswaan
E. Tidak
membelanjakan alokasi dana anggaran kegiatankesiswaan
|
1
RKA-S/M
2
Laporan
keuangan, nota dan kuitansi pembelanjaan dana kegiatan
kesiswaan
|
Persentase pembelanjaan dari alokasi dana kegiatan siswa selama satu
tahun terakhir
|
||||||||||||
118
|
Sekolah/Madrasah membelanjakan biaya pengadaan alat tulis
untukkegiatan pembelajaran selama satu tahun terakhir.
A. Membelanjakan biaya
sebanyak 76% — 100% dari alokasianggaran pengadaan alat tulis
B. Membelanjakan biaya
sebanyak 51% — 75% dari alokasianggaran pengadaan alat tulis
C. Membelanjakan biaya
sebanyak 26% — 50% dari alokasianggaran pengadaan alat tulis
D. Membelanjakan biaya
sebanyak 1% — 25% dari alokasianggaran pengadaan alat tulis
E. Tidak membelanjakan alokasi biaya pengadaan
alat tulis
|
1.
RKA-S/M
2.
Laporan
keuangan, nota dan kuitansi pembelanjaan alat tulis kegiatan
pembelajaran
|
Persentase pembelanjaan dari alokasi biaya pengadaan alat tulis untuk
kegiatan pembelajaran selama satu tahun terakhir
|
||||||||||||
119
|
Sekolah/Madrasah membelanjakan biaya pengadaan bahan habis
pakaiuntuk kegiatan pembelajaran selama satu tahun terakhir.
A. Membelanjakan biaya sebanyak 76% — 100% dari alokasianggaran
pengadaan bahan habis pakai
B. Membelanjakan biaya sebanyak 51% — 75% dari
alokasianggaran pengadaan bahan habis pakai
C. Membelanjakan biaya sebanyak 26% — 50% dari
alokasianggaran pengadaan bahan habis pakai
D. Membelanjakan biaya sebanyak 1% — 25% dari
alokasianggaran pengadaan bahan habis pakai
E. Tidak membelanjakan biaya pengadaan bahan habis
pakaiselama satu tahun terakhir
|
1.
RKA-S/M
2.
Laporan
keuangan, nota dan
kuitansi pembelanjaan biaya pengadaan bahan habis pakai kegiatan
pembelajaran.
|
Persentase pembelanjaan dari alokasi biaya pengadaan bahan habis pakai selama satu tahun
terakhir
|
||||||||||||
120
|
Sekolah/Madrasah membelanjakan biaya pengadaan alat habis pakaiuntuk
kegiatan pembelajaran selama satu tahun terakhir.
A. Membelanjakan
biaya sebanyak 76% — 100% dari alokasianggaran pengadaan alat habis pakai
B. Membelanjakan biaya
sebanyak 51% — 75% dari alokasianggaran pengadaan alat habis pakai
C. Membelanjakan biaya
sebanyak 26% — 50% dari alokasi anggaran pengadaan alat habis pakai
D. Membelanjakan biaya
sebanyak 1% — 25% dari alokasi anggaran pengadaan alat habis pakai
E. Tidak membelanjakan
alokasi biaya pengadaan alat habispakai selama satu tahun terakhir
|
1.
RKA-S/M
2.
Laporan
keuangan, nota dan kuitansi pembelanjaan biaya pengadaan alat
habis pakai kegiatan pembelajaran
|
Persentase pembelanjaan dari alokasi biaya pengadaan alat habis pakai selama satu tahun
terakhir
|
||||||||||||
121
|
Sekolah/Madrasah membelanjakan biaya pengadaan kegiatan rapatselama
satu tahun terakhir.
A. Membelanjakan biaya
sebanyak 76% — 100% dari alokasibiaya pengadaan kegiatan rapat selama satu
tahun terakhir
B. Membelanjakan biaya
sebanyak 51% — 75% dari alokasibiaya pengadaan kegiatan rapat selama satu
tahun terakhir
C. Membelanjakan biaya
sebanyak 26% — 50% dari alokasibiaya pengadaan kegiatan rapat selama satu
tahun terakhir
D. Membelanjakan biaya
sebanyak 1% — 25% dari alokasi biayapengadaan kegiatan rapat selama satu
tahun terakhir
E. Tidak membelanjakan
biaya biaya pengadaan kegiatan rapatselama satu tahun terakhir
|
1
RKA-S/M
2
Laporan keuangan biaya rapat
3
Kuitansi pengeluaran biaya rapat
|
Persentase pembelanjaan biaya
rapat selama satu tahun terakhir
|
||||||||||||
122
|
Sekolah/Madrasah membelanjakan biaya pengadaan transport
danperjalanan dinas selama satu tahun terakhir.
A. Membelanjakan biaya
sebanyak 76% — 100% dari anggaranpengadaan transport dan perjalanan dinas
B. Membelanjakan biaya
sebanyak 51% — 75% dari anggaranpengadaan transport dan perjalanan dinas
C. Membelanjakan biaya
sebanyak 26% — 50% dari anggaranpengadaan transport dan perjalanan dinas
D. Membelanjakan biaya sebanyak 1% — 25% dari
anggaranpengadaan transport dan perjalanan dinas
E. Tidak membelanjakan biaya pengadaan transport
danperjalanan dinas
|
1
RKA-S/M
2
Laporan
keuangan biaya transport dan perjalanan dinas
3
Bukti fisik penggunaan
|
Persentase pembelanjaan biaya
pengadaan transpot dan perjalanan dinas selama satu tahun
terakhir
|
||||||||||||
123
|
Sekolah/Madrasah membelanjakan biaya penggandaan
soal-soalulangan/ujian selama satu tahun terakhir.
A. Membelanjakan biaya
sebanyak 76% — 100% dari alokasianggaran penggandaan soal-soal ulangan/ujian
B. Membelanjakan biaya
sebanyak 51% — 75% dari alokasianggaran penggandaan soal-soal ulangan/ujian
C. Membelanjakan biaya
sebanyak 26% — 50% dari alokasianggaran penggandaan soal-soal ulangan/ujian
D. Membelanjakan biaya sebanyak 1% — 25% dari
alokasianggaran penggandaan soal-soal ulangan/ujian
E. Tidak membelanjakan alokasi biaya penggandaan
soal-soalulangan/ujian
|
1
RKA-S/M
2
Laporan keuangan biaya penggandaan soal UAS/ujian
3
Bukti fisik nota dan kuitansi penggandaan soal
|
Persentase pembelanjaan biaya
penggandaan soal selama satu tahun terakhir
|
||||||||||||
124
|
Sekolah/Madrasah membelanjakan biaya pengadaan daya dan jasaselama
satu tahun terakhir.
A. Membelanjakan biaya
sebanyak 76% — 100% dari alokasianggaran pengadaan daya dan jasa
B. Membelanjakan biaya
sebanyak 51% — 75% dari alokasianggaran pengadaan daya dan jasa
C. Membelanjakan biaya
sebanyak 26% — 50% dari alokasianggaran pengadaan daya dan jasa
D. Membelanjakan biaya sebanyak 1% — 25% dari
alokasianggaran pengadaan daya dan jasa
E. Tidak membelanjakan alokasi biaya pengadaan
daya dan jasa
|
1.
RKA-S/M
2.
Laporan keuangan biaya pengadaan daya dan jasa
3.
Bukti fisik nota dan kuitansi
|
Persentase pembelanjaan biaya
pengadaan daya dan jasa selama satu tahun terakhir
|
||||||||||||
125
|
Sekolah/Madrasah membelanjakan anggaran untuk mendukungkegiatan
operasi tidak langsung untuk satu tahun terakhir.
A. Membelanjakan biaya sebanyak 76% — 100% dari alokasianggaran untuk
mendukung kegiatan operasi tidak langsung
B. Membelanjakan biaya sebanyak 51% — 75% dari
alokasianggaran untuk mendukung kegiatan operasi tidak langsung
C. Membelanjakan biaya
sebanyak 26% — 50% dari alokasianggaran untuk mendukung kegiatan operasi
tidak langsung
D. Membelanjakan biaya sebanyak 1% — 25% dari
alokasianggaran untuk mendukung kegiatan operasi tidak langsung
E. Tidak
membelanjakan alokasi biaya untuk mendukungkegiatan operasi tidak langsung
|
1.
RKA-S/M
2.
Laporan keuangan pembelajaan anggaran kegiatan yang
mendukungoperasi tidak langsung
3.
Bukti fisik nota dan kuitansi kegiatan operasi tidak langsung
|
|
||||||||||||
126
|
Biaya operasi sekolah digunakan untuk: (1)
kesejahteraan warga sekolah/madrasah, (2) pengembangan guru dan tenaga
kependidikan, (3) sarana prasarana, (4) pengembangan kurikulum dan kegiatan
pembelajaran, dan (5) kegiatan ketatausahaan.
A. Selama setahun terakhir
digunakan untuk 4 — 5 pos
B. Selama setahun terakhir
digunakan untuk 3 pos
C. Selama setahun terakhir
digunakan untuk 2 pos
D. Selama setahun terakhir digunakan hanya untuk 1
pos
E. Selama setahun terakhir
belum digunakan
|
1
RKA-S/M
2
Laporan pengguanaan biaya operasi sekolah
3
Bukti kuitansi pengguanaan biaya operasi
sekolah (untuk 5 pos kegiatan)
|
Banyak pos kegiatan yang dibiayai
|
||||||||||||
127
|
Sekolah/Madrasah memungut biaya pendidikan.
A. Seluruh siswa tidak dipungut biaya pendidikan
B. Sebanyak
1% — 25% siswa dipungut biaya pendidikan
C. Sebanyak
26% — 50% siswa dipungut biaya pendidikan
D. Sebanyak 51% — 75% siswa dipungut biaya
pendidikan
E. Sebanyak 76% — 100%
siswa dipungut biaya pendidikan
|
1.
Undangan
2.
daftar hadir,
3.
Notulen rapat,
4.
SK
kepala sekolah tentang pungutan sekolah
|
Presentase siswa dipungut biaya pendidikan
|
||||||||||||
128
|
Siswa dikenakan biaya pendaftaran ulang setiap awal tahun pelajaran.
A. Tidak ada seorangpun
siswa dikenakan biaya pendaftaranulang pada setiap awal tahun pelajaran
B. Sebanyak 1% — 25% siswa dikenakan biaya
pendaftaranulang pada setiap awal tahun pelajaran
C. Sebanyak 26% — 50% siswa
dikenakan biaya pendaftaranulang pada setiap awal tahun pelajaran
D. Sebanyak 51% — 75% siswa dikenakan biaya
pendaftaranulang pada setiap awal tahun pelajaran
E. Sebanyak 76% — 100% siswa dikenakan biaya
pendaftaranulang pada setiap awal tahun pelajaran
|
1.
Undangan
2.
daftar
hadir,
3.
Notulen
rapat,
4.
SK Kepala Sekolah tentang biaya daftar ulang
5.
surat edaran tentang ada tidaknya biaya ulang
|
Persentase siswa yang dipungut biaya daftar
ulang
|
||||||||||||
129
|
Sekolah/Madrasah melaksanakan subsidi silang
untuk membantu siswa kurang mampu
A. Melaksanakan subsidi
silang untuk membantu 90% siswakurang mampu
B. Melaksanakan subsidi silang untuk membantu 80 —
89%siswa kurang mampu
C. Melaksanakan subsidi silang untuk membantu 70 —
79%siswa kurang mampu
D. Melaksanakan subsidi silang untuk membantu
kurang dari70% siswa kurang mampu
E. Tidak melaksanakan subsidi silang untuk
membantu siswakurang mampu
|
1.
SK Kepala Sekolah tentang penerima bantuan atau pengura ngan/ pembebasan biaya pendidikan
2.
Daftar penerima bea siswa
|
Persentase siswa penerima dari daftar yang
tertuang dalam SK kepala sekolah
|
||||||||||||
130
|
Sekolah/Madrasah melakukan pungutan biaya personal lain di
sampinguang sekolah/madrasah.
A. Tidak melakukan pungutan
biaya personal lain di sampinguang sekolah/madrasah
B. Melakukan 1 jenis pungutan biaya personal lain
di sampinguang sekolah/madrasah
C. Melakukan 2 jenis pungutan biaya personal lain
di sampinguang sekolah/madrasah
D. Melakukan 3 jenis pungutan biaya personal lain
di sampinguang sekolah/madrasah
E. Melakukan 4 jenis atau
lebih pungutan biaya personal lain disamping uang sekolah/madrasah
|
SK Kepala Sekolah tentang pungutan biaya personalmeliputi : biaya ujian,
praktikum, perpisahan dan studitour.
|
Banyaknya jenis pungutan biaya personal
|
||||||||||||
131
|
Pengambilan keputusan sekolah/madrasah untuk
menarik atau tidak menarik dana dari masyarakat dilakukan dengan melibatkan
unsur: (1) penyelenggara pendidikan/ yayasan, (2) kepala sekolah/madrasah,
(3) komite sekolah/madrasah, (4) perwakilan guru, dan (5) perwakilan tenaga
kependidikan.
A. Pengambilan keputusan
dilakukan dengan melibatkan 4 unsuryang terkait atau lebih
B. Pengambilan keputusan
dilakukan dengan melibatkan 3 unsur yang terkait
C. Pengambilan keputusan
dilakukan dengan melibatkan 2 unsur yang terkait
D. Pengambilan keputusan dilakukan dengan
melibatkan hanya 1unsur yang terkait
E. Pengambilan
keputusan dilakukan berdasarkansekolah/madrasah lainnya
|
Dokumen rapat
1. Undangan rapat
2. Daftar hadir
3. Notulen rapat
|
Banyaknya unsur yang terliabat dalam pengambilan
keputusan
|
||||||||||||
132
|
Pengelolaan dana dilakukan secara sistematis, transparan, efisien,
danakuntabel.
A. Dilakukan secara
sistematis, transparan, efisien, danakuntabel
B. Dilakukan secara
sistematis, transparan, dan efisien, tetapitidak akuntabel
C. Dilakukan secara
sistematis dan transparan tetapi tidak efisiendan akuntabel
D. Dilakukan secara sistematis tetapi tidak
transparan, efisien,dan akuntabel
E. Tidak sistematis, transparan, efisien, dan
akuntabel
|
1. Laporan
keuangan.
2. Buku kas
umum dan buku kas pembantu
|
Pengelolaan dana secara sistematis, transparan, efisien dan akuntabel
dipajangkan
|
||||||||||||
133
|
Sekolah/Madrasah memiliki pedoman pengelolaan keuangan sebagaidasar
dalam penyusunan RKA-S/M.
A. Memiliki pedoman
pengelolaan keuangan selama 4 tahunterakhir secara berturut-turut
B. Memiliki pedoman
pengelolaan keuangan selama 3 tahunterakhir secara berturut-turut
C. Memiliki pedoman
pengelolaan keuangan selama 2 tahunterakhir secara berturut-turut
D. Memiliki pedoman pengelolaan keuangan selama 1
tahunterakhir
E. Tidak memiliki pedoman
pengelolaan keuangan
|
Dokumen Pedoman pengelolaan keuangan
BOSNAS, BOSDA, dan buku pedoman
keuangan lainnya
|
Ksepemilikan pedoman pengelolaan keuangan 1-4 tahun
terakir.
|
||||||||||||
134
|
Sekolah/Madrasah memiliki pembukuan biaya operasional.
A. Memiliki pembukuan biaya
operasi secara menyeluruh selama3 tahun terakhir secara berturut-turut
B. Memiliki pembukuan biaya
operasi secara menyeluruh selama2 tahun terakhir secara berturut-turut
C. Memiliki pembukuan biaya
operasi secara menyeluruh selama1 tahun terakhir
D. Memiliki pembukuan biaya operasi secara tidak
menyeluruhselama 1 tahun terakhir
E. Tidak memiliki pembukuan biaya operasional
|
1. RKAS yang
memuat pembukuan biaya operasional secara rinci selama 3 tahun
2.
Buku Kas dan buku Pembantu lainnya
3.
Laporan pertanggungjawaban yang sesuai pedoman.
|
Kepemilikan pembukuan biaya
operasi secara menyeluruh
|
||||||||||||
135
|
Sekolah/Madrasah membuat laporan pertanggungjawaban
pengelolaankeuangan dan menyampaikannya kepada pemerintah atau yayasan.
A. Membuat laporan
pertanggungjawaban pengelolaan keuangandan menyampaikannya kepada pemerintah
atau yayasanselama 4 tahun terakhir
B. Membuat laporan
pertanggungjawaban pengelolaan keuangandan menyampaikannya kepada pemerintah
atau yayasanselama 3 tahun terakhir
C. Membuat laporan
pertanggungjawaban pengelolaan keuangandan menyampaikannya kepada pemerintah
atau yayasanselama 2 tahun terakhir
D. Membuat laporan pertanggungjawaban pengelolaan
keuangandan menyampaikannya kepada pemerintah atau yayasanselama 1 tahun
terakhir
E. Tidak membuat laporan pertanggungjawaban
pengelolaankeuangan
|
1. Dokumen
laporan pertanggungjawaban pengelolaan keuangan
2. Bukti
penyampaian laporan kepada pemerintah atau yayasan tiap-tiap tahun
|
Penyampaian laporan pertanggungjawaban keuangan 4 tahun
terakir
|
Thanks for reading Bukti Fisik Standar Pembiayaan
No comments:
Post a Comment