STANDAR PENGELOLAAN
NO
|
BUTIR INSTRUMEN
|
BUKTI FISIK
|
SUBTANSI MATERI BUKTI FISIK
|
|||||||||||||||
91
|
Sekolah/Madrasah
telah merumuskan dan menetapkan visi lembaga.
A.
Merumuskan dan
menetapkan visi, mudah dipahami, dan sering disosialisasikan
B.
Merumuskan
dan menetapkan visi, mudah dipahami, dan pernah disosialisasikan
C.
Merumuskan dan
menetapkan visi, mudah dipahami, tetapi tidak disosialisasikan
D.
Merumuskan dan
menetapkan visi, sulit dipahami, dan tidak disosialisasikan
E.
Tidak merumuskan dan
menetapkan visi
|
~ Rumusan Visi sekolah
~ SK Penetapan dari Kep Sek.
~ Pemajangan Visi sekolah
~ Dipajang
pada tempat yang strategis
~ Undangan, daftar
hadir, notulen sosialisasi visi sekolah.
|
Frekuensi sosialisasi Visi sekolah
Sering : minimal 2 kali dalam 1
semester.
|
|||||||||||||||
92
|
Sekolah/Madrasah
telah merumuskan dan menetapkan misi lembaga.
A. Merumuskan dan menetapkan misi, mudah dipahami
dan sering
disosialisasikan
B. Merumuskan
dan menetapkan misi, mudah dipahami dan pernah disosialisasikan
C. Merumuskan dan menetapkan misi, mudah dipahami
tetapi tidak disosialisasikan
D. Merumuskan dan menetapkan misi, sulit dipahami
dan tidak disosialisasikan
E.
Tidak merumuskan dan menetapkan misi
|
P ~ Rumusan Misi sekolah
~ SK Penetapan
~ Pemajangan
Misi sekolah
~ Dipajang pada
tempat yang strategis
~ Undangan, daftar hadir, notulen
sosialisasi misi sekolah
|
Frekuensi sosialisasi Misi sekolah
Sering : minimal 2 kali dalam 1
semester.
|
|||||||||||||||
93
|
Sekolah/Madrasah
telah merumuskan dan menetapkan tujuan lembaga.
A. Merumuskan dan menetapkan tujuan, mudah
dipahami dan sering disosialisasikan
B. Merumuskan dan menetapkan tujuan, mudah
dipahami dan pernah disosialisasikan
C. Merumuskan
dan menetapkan tujuan, mudah dipahami tetapi tidak
disosialisasikan
D. Merumuskan
dan menetapkan tujuan, sulit dipahami dan tidak disosialisasikan
E. Tidak
merumuskan dan menetapkan tujuan
|
~ Rumusan tujuan sekolah
~ SK Penetapan
~ Pemajangan
tujuan sekolah
~ Dipajang
pada tempat yang strategis
~ Undangan,
daftar hadir, notulen sosialisasi tujuan
sekolah
|
Frekuensi sosialisasi tujuan sekolah
Sering : minimal 2 kali dalam 1
semester.
|
|||||||||||||||
94
|
Sekolah/Madrasah
memiliki rencana kerja jangka menengah (empat tahunan) dan rencana
kerja tahunan.
A. Memiliki rencana kerja jangka menengah dan
rencana kerja tahunan dan sudah disosialisasikan
B. Memiliki rencana kerja jangka menengah dan
rencana kerja tahunan dan salah satunya sudah disosialisasikan
C. Memiliki rencana kerja jangka menengah dan
rencana kerja tahunan dan keduanya belum disosialisasikan
D. Memiliki rencana kerja jangka menengah atau
rencana kerja tahunan, baik sudah maupun belum disosialisasikan
E. Tidak memiliki rencana kerja jangka menengah
dan rencana kerja tahunan
|
a. Dokumen RKJM
(4tahun) berdasarkan
EDS
b. Dokmen Rencana Kerja
Tahunan(RKT):
c.
undangan , Daftar hadir,
Notulen sosialisasi RKJM dan RKT sekolah
Berita acara sosialisasi RKJM dan RKT sekolah
|
a.
Sosialisasi RKJM / RKT
b.
RKJM/RKT memuat 8 Standart Nasional pendidikan
|
|||||||||||||||
95
|
Sekolah/Madrasah
memiliki pedoman yang mengatur berbagai aspek pengelolaan secara
tertulis yang mudah dipahami oleh pihak-pihak terkait.
A. Memiliki pedoman yang mengatur 7 atau lebih
aspek pengelolaan
secara tertulis
B. Memiliki pedoman yang mengatur 5 atau 6 aspek pengelolaan secara
tertulis
C. Memiliki pedoman yang mengatur 3 atau 4 aspek pengelolaan secara
tertulis
D. Memiliki
pedoman yang mengatur 1 atau 2 aspek pengelolaan secara
tertulis
E. Tidak memiliki pedoman yang mengatur
pengelolaan secara tertulis
|
Buku pedoman pengelolaan
pendidikan
meliputi :
1. Kurikulum
2.
Kalender pendidikan
3.
Struktur organisasi
4.
Pendayagunaan
pendidik/tendik
5.
Peraturan akademik
6.
Tata tertib sekolah
7. Kode etik
8.
Pedoman
pengelolaan keuangan (BOS)
|
1. KTSP
2. Kalender
pendidikan dari dinas/yayasan
3. Rincian
tugas/uraian
tugas
4. SK Pembagian
tugas
5. Kriteria
persyaratan minimal kehadiran siswa, KKM dan pelaksanaan ulangan, remedial,
aturan kenaikan kelas dan kelulusan,
aturan pemberian reward dan punishmen
6. peraturan sangsi,
catatan pelanggaran bagi warga sekolah
7. kode etik sekolah
yang dipajang di tempat yang strategis
8.
pedoman pengelolaan keuangan
|
|||||||||||||||
96
|
Sekolah/Madrasah
memiliki struktur organisasi dengan kejelasan uraian tugas.
A. Memiliki struktur organisasi yang dipajang di
dinding dan disertai uraian tugas yang jelas
B. Memiliki
struktur organisasi dan disertai uraian tugas yang jelas
C. Memiliki
struktur organisasi dan disertai uraian tugas tetapi tidak jelas
D. Memiliki
struktur organisasi tetapi tidak ada uraian tugas
E. Tidak
memiliki struktur organisasi
|
Struktur
organisasi S/M:
a. Struktur organisasi
sekolah
b. Struktur organisasi
komite
c. Struktur organisasi
perpustakaan
d. Struktur organisasi
pramuka
e. Struktur organisasi
UKS
f.
Struktur organisasi Kopsis
|
Setiap organisasi memiliki struktur yang dilengkapi
dengan uraian tugas
|
|||||||||||||||
97
|
Sekolah/Madrasah
melaksanakan kegiatan sesuai dengan rencana kerja tahunan.
A. Sebanyak 76% — 100% kegiatan sesuai dengan
rencana kerja tahunan
B. Sebanyak
51% — 75% kegiatan sesuai dengan rencana kerja tahunan
C. Sebanyak 26% — 50% kegiatan sesuai dengan
rencana kerja tahunan
D. Sebanyak 1% — 25% kegiatan sesuai dengan
rencana kerja tahunan
E. Tidak melaksanakan kegiatan sesuai dengan
rencana kerja tahunan
|
Dokumen RKT yang sesuai RKJM dan dokumen laporan pelaksanaan kegiatan
|
Persentase
kesesuaian program kegiatan dengan
pelaksanaan kegiatan
|
|||||||||||||||
98
|
Sekolah/Madrasah
melaksanakan kegiatan kesiswaan.
A. Melaksanakan
4 atau lebih jenis kegiatan kesiswaan
B. Melaksanakan
3 jenis kegiatan kesiswaan
C. Melaksanakan
2 jenis kegiatan kesiswaan
D. Melaksanakan
1 jenis kegiatan kesiswaan
E. Tidak
melaksanakan kegiatan kesiswaan
|
1.
Dokumen layanan konseling ( buku BK )
2.
Program
ekstrakurikuler dan kokurikuler
3.
Buku catatan pembinaan prestasi unggulan
4.
Daftar alumni
|
Jumlah jenis kegiatan
kesiswaan
|
|||||||||||||||
99
|
Sekolah/Madrasah
melaksanakan kegiatan pengembangan kurikulum dan pembelajaran
A. Melaksanakan 4 atau lebih kegiatan pengembangan kurikulum dan
pembelajaran
B. Melaksanakan
3 kegiatan pengembangan kurikulum dan pembelajaran
C. Melaksanakan 2 kegiatan pengembangan kurikulum
dan
pembelajaran
D. Melaksanakan 1 kegiatan pengembangan kurikulum
dan
pembelajaran
E. Tidak melaksanakan kegiatan pengembangan
kurikulum dan pembelajaran
|
Dokumen
pelaksanaan pengembangan :
1. Kurikulum Sekolah
2. Kalender Pendidikan/akademik
3. Program pembelajaran
4. Penilaian hasil
belajar
5. Peraturan akademik
|
Macam kegiatan
pengembangan kurikulum dan pembelajaran
|
|||||||||||||||
100
|
Sekolah/Madrasah
melaksanakan pendayagunaan pendidik dan tenaga kependidikan.
A. Melaksanakan 4 atau lebih program pengelolaan pendayagunaan pendidik
dan tenaga kependidikan
B. Melaksanakan 3 program pengelolaan
pendayagunaan pendidik dan tenaga kependidikan
C. Melaksanakan
2 program pengelolaan pendayagunaan pendidik dan tenaga
kependidikan
D. Melaksanakan
1 program pengelolaan pendayagunaan pendidik dan tenaga
kependidikan
E. Tidak
melaksanakan program pengelolaan pendayagunaan pendidik dan tenaga
kependidikan
|
1. SK Pembagian tugas
2. Jadwal
pelajaran
3. Surat
tugas
4. SK
penentuan penghargaan
5. Piagam
penghargaan
6. program
promosi dan penempatan
7. program
mutasi
|
Jumlah pelaksanaan program pengelolaan
pendayagunaan pendidik dan tenaga kependidikan
|
|||||||||||||||
101
|
Sekolah/Madrasah
mengelola sarana dan prasarana pembelajaran.
A. Mengelola
4 atau lebih program sarana dan prasarana
B. Mengelola
3 program sarana dan prasarana
C. Mengelola
2 program sarana dan prasarana
D. Mengelola
1 program sarana dan prasarana
E. Tidak mengelola program sarana dan prasarana
|
1. Dokumen
perencanaan,pemenuhan,pendayagunaan sarpras dan pembelajaran
2. Evaluasi
serta pemeliharaan sarpras
3. Perlengkapan
fasilitas pembelajaran
4. Penyusunan
skala prioritas pengembangan fasilitas pendidikan
5. Pemeliharaan
fasilitas
|
Jumlah
program pengelolaan sarana dan
prasarana pembelajaran
|
|||||||||||||||
102
|
Sekolah/Madrasah
mengelola pembiayaan pendidikan.
A. Memiliki 4 program pengelolaan pembiayaan
pendidikan
B. Memiliki
3 program pengelolaan pembiayaan pendidikan
C. Memiliki
2 program pengelolaan pembiayaan pendidikan
D. Memiliki
1 program pengelolaan pembiayaan pendidikan
E. Tidak memiliki program pengelolaan pembiayaan
pendidikan
|
Dokumen program pengelolaan pembiayaan
pendidikan :
1. Sumber
pemasukan,pengeluaran dan jumlah dana yang dikelola
2. Kewenangan
dan tanggung jawab kepala sekolah/madrasah dalam membelanjakan anggaran
pendidikan sesuai peruntukkannya
3. Pembukuan
semua penerimaan dan pengeluaran
4. Penggunaan
anggaran untuk dilaporkan kepada komite sekolah/madrasah atau lembaga
penyelenggara pendidikan serta institutsi diatasnya
|
Jumlah program pengelolaan pembiayaan pendidikan
|
|||||||||||||||
103
|
Sekolah/Madrasah
menciptakan suasana, iklim, dan lingkungan pembelajaran
yang kondusif.
A. Melaksanakan 4 atau lebih kegiatan menciptakan
suasana, iklim, dan lingkungan pembelajaran yang kondusif
B. Melaksanakan 3 kegiatan menciptakan suasana,
iklim, dan lingkungan pembelajaran yang kondusif
C. Melaksanakan
2 kegiatan menciptakan suasana, iklim, dan lingkungan pembelajaran
yang kondusif
D. Melaksanakan
1 kegiatan menciptakan suasana, iklim, dan lingkungan pembelajaran
yang kondusif
E. Tidak
melaksanakan kegiatan menciptakan suasana, iklim, dan lingkungan
pembelajaran yang kondusif
|
Dokumen pelaksanaan kegiatan sekolah/madrasah untuk menciptakan suasana
iklim,dan lingkungan yang kondusif seperti pelaksanaan tata tertib, kode etik, budaya sekolah 5 S ,6 K,
foto-foto kegiatan dsb
|
Jumlah kegiatan menciptakan suasana ,iklim dan
lingkungan pembelajaran yang kondusif
|
|||||||||||||||
104
|
Sekolah/Madrasah
melibatkan masyarakat dan membangun kemitraan dengan lembaga lain
yang relevan dalam pengelolaan pendidikan.
A. Memiliki 4 atau lebih dokumen tentang
keterlibatan masyarakat pendukung dan membangun kemitraan dengan lembaga lain yang
relevan dalam pengelolaan pendidikan
B. Memiliki 3 dokumen tentang keterlibatan
masyarakat pendukung dan membangun kemitraan dengan lembaga lain yang relevan dalam
pengelolaan pendidikan
C. Memiliki 2 dokumen tentang keterlibatan
masyarakat pendukung dan membangun kemitraan dengan lembaga lain yang relevan dalam
pengelolaan pendidikan
D. Memiliki 1 dokumen tentang keterlibatan
masyarakat pendukung dan membangun kemitraan dengan lembaga lain yang relevan dalam
pengelolaan pendidikan
E. Tidak memiliki dokumen tentang keterlibatan
masyarakat pendukung dan membangun kemitraan dengan lembaga lain yang relevan dalam
pengelolaan pendidikan
|
Dokumen tertulis tentang keterlibatan masyarakat
dan atau lembaga lain yang relevan dalam mendukung pengelolaan pendidikan di
sekolah/ madrasah seperti :
1.
Penyusunan program
kegiatan sekolah/madrasah
2.
Pelaksanaan program
kegiatan
3.
Bantuan tenaga dan
material untuk pengadaan sarpras
4.
MOU dengan lembaga
lain
|
Jumlah dokumen tentang
keterlibatan masyarakat pendukung dan membangun kemitraan dengan lembaga lain
|
|||||||||||||||
105
|
Sekolah/Madrasah
memiliki program pengawasan yang disosialisasikan kepada pendidik dan
tenaga kependidikan.
A. Memiliki
4 atau lebih dokumen program pengawasan
B. Memiliki
3 dokumen program pengawasan
C. Memiliki
2 dokumen program pengawasan
D. Memiliki
1 dokumen program pengawasan
E. Tidak
memiliki dokumen program pengawasan
|
Dokumen program pengawasan: 1. Pemantuan
2. supervisi
3. evaluasi
4. pelaporan
5. tindak
lanjut
6. bukti sosialisasi program
mengacu permendiknas 19 th 2007
|
Jumlah dokumen program
pengawasan
|
|||||||||||||||
106
|
Sekolah/Madrasah
melaksanakan kegiatan evaluasi diri.
A. Melaksanakan evaluasi diri setidak-tidaknya
sekali dalam 1 semester
B. Melaksanakan
evaluasi diri sekali dalam 2 semester
C. Melaksanakan
evaluasi diri sekali dalam 3 semester
D. Melaksanakan
evaluasi diri sekali dalam 4 semester
E. Tidak melaksanakan evaluasi diri
|
1. Dokumen EDS
2. laporan hasil
EDS
|
Frekuensi pelaksanaan EDS
|
|||||||||||||||
107
|
Sekolah/Madrasah
melaksanakan evaluasi kinerja pendidik dan tenaga kependidikan.
A. Melaksanakan 4 program evaluasi kinerja
pendidik dan tenaga kependidikan
B. Melaksanakan 3 program evaluasi kinerja
pendidik dan tenaga kependidikan
C. Melaksanakan 2 program evaluasi kinerja
pendidik dan tenaga kependidikan
D. Melaksanakan 1 program evaluasi kinerja
pendidik dan tenaga kependidikan
E. Tidak
melakukan program evaluasi kinerja pendidik dan tenaga kependidikan
|
Laporan evaluasi
kinerja pendidik dan tenaga kependidikan meliputi:
1.
kesesuaian penugasan dengan keahlian / ijazah
2. keseimbangan
beban kerja
( kesesuaian jumlah jam mengajar )
3. kinerja
pendidik dan tenaga kependidikan dalam pelaksanaan tugas
(cont : Dokumen supervisi dan DP 3 )
4. pencapaian
prestasi pendidik dan tenaga kependidikan (conth : Catatan prestasi dan promosi )
|
Jumlah pelaksanaan program evaluasi kinerja
pendidik dan tenaga kependidikan
|
|||||||||||||||
108
|
Sekolah/Madrasah
mempersiapkan unsur-unsur pelaksanaan akreditasi.
A. Mempersiapkan
4 unsur pelaksanaan akreditasi
B. Mempersiapkan
3 unsur pelaksanaan akreditasi
C. Mempersiapkan
2 unsur pelaksanaan akreditasi
D. Mempersiapkan
1 unsur pelaksanaan akreditasi
E. Tidak
mempersiapkan 1 unsur pun pelaksanaan akreditasi
F.
|
1. Instrumen
akreditasi, petunjuk tekhnis, tekhnik penskoran, instrumen pengumpul data, informasi pendukung
2. SK Tim akreditasi
3. Bukti
pisik non dokumen
4. Sarana
prasarana yang dibutuhkan akreditasi
|
Jumlah aspek/unsur pelaksanaan akreditasi
|
|||||||||||||||
109
|
Kepala Sekolah/Madrasah
melaksanakan tugas pokok dan fungsi (Tupoksi)
kepemimpinan sesuai dengan standar yang telah ditentukan.
A. Melaksanakan
15 — 18 tupoksi kepemimpinan kepala sekolah/madrasah
B. Melaksanakan
11 — 14 tupoksi kepemimpinan kepala sekolah/madrasah
C. Melaksanakan
6 — 10 tupoksi kepemimpinan kepala sekolah/madrasah
D. Melaksanakan
1 — 5 tupoksi kepemimpinan kepala sekolah/madrasah
E. Tidak melaksanakan tupoksi kepemimpinan kepala sekolah/madrasah
|
Agenda kerja kepala sekolah yang berisi tentang
pelaksanaan tupoksi kepala sekolah (18 tupoksi )
Permendiknas no 11 thn 2009 ..atau permendiknas
No 19 thn 2007
|
Jumlah tupoksi kepemimpinan yang dilaksanakan kepala
sekolah
|
|||||||||||||||
110
|
Sekolah/Madrasah
memiliki sistem informasi manajemen untuk mendukung
administrasi pendidikan.
A. Memiliki sistem informasi dan memiliki
fasilitas dan petugas khusus
B. Memiliki sistem informasi dan memiliki
fasilitas tetapi tidak memiliki petugas khusus
C. Memiliki sistem informasi dan memiliki petugas
khusus tetapi tidak memiliki fasilitas
D. Memiliki sistem informasi tetapi tidak memiliki
fasilitas dan/atau petugas khusus
E. Tidak memiliki sistem informasi
|
a. SK Kepala sekolah Tenaga khusus yang mengelola informasi
b. Fasilitas TI (software dan
hardware)
c. Dokumen
sistem informasi manual :
1. Data
kesiswaan
2. Data kepegawaian
3. dsb
|
Kepemilikan fasilitas dan petugas khusus
|
Thanks for reading Bukti Fisik Standar Pengelolaan
No comments:
Post a Comment